Siswa Wajib Tahu Fungsi dan Cara Cek NISN Siswa Terbaru

NISN siswa
NISN siswa

NISN siswa merupakan nomor identitas siswa secara nasional. Setiap siswa wajib memilikinya. Orang tua dan siswa juga bisa melakukan pengecekan secara mandiri.

NISN siswa wajib diketahui oleh siswa dan pihak sekolah harus memberitahukannya kepada siswa. Hal ini dikarenakan NISN merupakan nomor induk siswa skala nasional.

Siswa yang sudah mendapatkan NISN berarti sudah terdaftar secara nasional di kementerian pendidikan sebagai pelajar.

Kewajiban sekolah adalah mendaftarkan semua siswanya agar mendapatkan NISN, karena NISN ini sangat penting bagi siswa. Jika siswa sudah mendapatkan NISN, siswa juga bisa mengeceknya secara mandiri.

Pentingnya Fungsi NISN Bagi Siswa

Pentingnya Fungsi NISN Bagi Siswa

NISN adalah nomor induk atau nomor identitas dengan skala nasional. Setiap pelajar wajib mempunyai NISN yang berlaku seumur hidup. Maksudnya NISN ini hanya diberikan sekali dan berlaku untuk selamanya.

Yang wajib untuk membuatkan NISN adalah pihak sekolah melalui aplikasi yang sudah disediakan oleh pemerintah.

Fungsi dari NISN ini sangat penting bagi siswa terutama untuk tingkat akhir seperti kelas 6, 9, dan 12. NISN ini digunakan sebagai nomor identifikasi pada saat ujian nasional berbasis komputer.

Nomor induk siswa sekolah berskala nasional atau yang sering disebut NISN ini juga digunakan untuk pengisian dapodik atau data periodik.

Sekarang ini, pengisian dapodik dilakukan secara online dan sudah langsung terhubung ke server. Hal tersebut tentunya sangat membantu pemerintah dalam memantau perkembangan sekolah.

Fungsi lainnya dari NISN adalah sebagai salah satu syarat untuk mendaftar ke perguruan tinggi negeri melalui UTBK dan SBMPTN.

Untuk dapat mengikuti ujian tertulis untuk masuk perguruan tinggi ini setiap peserta wajib mempunyai NISN.

Bagaimana jika siswa belum mendapatkan NISN?

Kewajiban pihak sekolah untuk mendaftarkan siswanya agar mendapatkan nomor induk nasional. Hal tersebut dikarenakan untuk memudahkan ketika melakukan pencarian riwayat pendidikan dari siswa sebelumnya.  Sehingga, melalui NISN pihak sekolah bisa mendapatkan informasi data siswa secara lengkap.

Cara Cek NISN Siswa Secara Mandiri dan Online

Cara Cek NISN Siswa Secara Mandiri dan Online

Siswa dan para orang tua bisa melakukan pengecekan secara online dan mandiri. Pengecekan ini dilakukan untuk memastikan bahwa siswa sudah terdaftar dan data yang dimasukkan sudah benar.

Untuk melakukan cek bisa dilakukan dengan 2 cara yaitu dengan menggunakan nama dan NISN tersebut.

Berikut ini adalah cara cek NISN jika sudah tahu nomor NISN nya :

  1. Pertama, Anda perlu membuka situs dari kemendikbud yang memuat mengenai NISN. Anda bisa mengunjunginya disini.
  2. Selanjutnya, Anda diminta untuk memasukkan nomor NISN dan nama ibu kandung. Adanya kebutuhan data berupa nama ibu kandung, maka yang bisa mengecek NISN adalah siswa bersangkutan dan orang tuanya.
  3. Kemudian, masukkan captcha yang tertulis pada kolom.

Pastikan Anda mengisinya dengan tepat. Jika terdapat kesalahan pengisian maka secara otomatis Anda harus mengulangi untuk mengisinya lagi.

Kode captcha ini digunakan sebagai pengaman.

  1. Langkah selanjutnya, pilih tombol cari dan tunggu beberapa saat. Pada bagian kanan layar akan muncul data sesuai dengan NISN yang Anda masukkan.

Bagaimana jika Anda belum tahu NISN nya?

Cek NISN berdasarkan nama

  1. Untuk cek NISN dengan nama langkah pertama yang harus dilakukan adalah mengunjungi situs kemendikbud disini.
  2. Selanjutnya, Anda akan dibawa menuju halaman cek NISN yang terdapat kolom isian pada bagian kirinya.

Pada bagian kanan terdapat informasi mengenai NISN dan fungsi dari NISN tersebut.

  1. Langkah selanjutnya, isikan nama siswa yang akan dicek NISN nya. Pastikan ejaan nama siswa sudah benar dan tidak ada salah ketik.
  2. Kemudian, masukkan tempat lahir siswa. Tempat lahir ini sesuai dengan kata kelahiran ataupun ijazah terakhir.
  3. Berikutnya, masukkan tanggal lahir siswa. Format tanggal lahir siswa adalah tahun, kemudian bulan lahir, dan terakhir tanggal. Semuanya dipisahkan dengan strip (-)
  4. Selanjutnya, masukkan nama ibu kandung dari siswa. Nama ibu kandung ini harus dieja dengan benar sesuai dengan yang didaftarkan dalam KTP.
  5. Setelah itu, Anda juga perlu untuk memasukkan captcha yang sudah tertera. Masukkan dengan lengkap dan benar.
  6. Terakhir, pilih tombol cari dan tunggu beberapa saat.

Mudah bukan, cara cari nomor induk siswa sekolah secara online dan mandiri ini?

Anda bisa melakukan pengecekan melalui laptop ataupun dengan menggunakan smartphone. Yang terpenting pastikan semua data yang dimasukkan sudah benar.

Orang tua bisa membantu mengecek data untuk memastikan jika anaknya sudah terdaftar sebagai siswa nasional. Juga bisa melakukan pengecekan dan cetak NISN secara mandiri. NISN ini harus disimpan dengan baik, jika lupa NISN bisa menanyakan ke pihak sekolah atau cek secara mandiri.

NISN siswa harus dimiliki oleh setiap siswa dan yang berkewajiban mendaftarkan adalah pihak sekolah. Para siswa dan orang tua bisa mengecek melalui online berdasarkan nama dan tempat lahir.