Pengertian, Fungsi dan Cara Update Dapodikdasmen Terbaru

Dapodikdasmen
Dapodikdasmen

Setiap sekolah kini diharapkan untuk mengerti pengertian, fungsi dan cara update aplikasi dapodikdasmen terbaru yang merupakan anjuran kemendikbud.

Data Pokok Pendidikan Dasar Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan atau dikenal dengan dapodikdasmen. Ini merupakan sistem penjaringan berbasis aplikasi yang untuk memudahkan pengelompokan data.

Dimana nantinya semua sekolah di Indonesia akan menerapkan sistem data digital dengan tujuan memberikan akses dan layanan lebih mudah.

Selain itu, pemerintah juga bisa melihat perkembangan dan kontrol yang tepat dan akurat.

Pentingnya Aplikasi Dapodikdasmen

Pentingnya Aplikasi Dapodikdasmen
Pentingnya Aplikasi Dapodikdasmen

Kebanyakan sekolah pinggiran sering mengeluhkan kesulitan akses dapodikdasmen, memang ini hanya bisa diakses dari komputer atau smartphone.

Pasalnya sistem berbasis aplikasi tersebut mengharuskan semua sekolah memiliki data digital, sehingga bisa mendapatkan entitas data pokok sekolah yang baik, meliputi sarana dan prasarana.

Kenapa sekolah harus memiliki aplikasi dapodikdasmen?

Hal ini sesuai dengan instruksi Menteri Pendidikan Nasional No.2 Tahun 2011 dan diperkuat dengan Surat Edaran Menteri, tentang adanya aplikasi pendataan dalam lingkungan kemendikbud.

Dimana nantinya akan mempermudah dalam pembuatan Nomor Induk Siswa Nasional (NISN), adanya Bantuan Operasional Sekolah (BOS), Ujian Nasional, Bantuan Siswa Miskin (BSM), program tunjangan guru serta banyak program baru lainnya.

Diharapkan dengan sekolah mengikuti pendataan tersebut bisa mendapatkan program terbaru dengan lebih cepat.

Fungsi Dari Dapodikdasmen

Dapodik kini menjadi acuan utama Kemendikbud untuk menetapkan aturan terbaru, bahkan banyak program baru yang hanya dijabarkan dari dapodik.

Kini dapodik multifungsi, bukan hanya memberikan data namun bisa menjadi peran vital dari setiap sekolahan, itulah kenapa dapodik wajib dimiliki setiap sekolahan, baik dari lini terendah hingga tertinggi.

Kemendikbud sendiri mulai mengembangkan kebijakan dan program dengan dapodik, itulah kenapa fungsi dapodikdasmen semakin menyeluruh dan tergolong vital untuk sekolah.

Berikut ini beberapa fungsi penting dari dapodik.

  1. Alokasi dan monitoring dana BOS untuk sekolahan yang menyesuaikan dengan jumlah siswa.
  2. Alokasi dan monitoring penerimaan tunjangan untuk guru, bagi yang sudah memenuhi persyaratan.
  3. Alokasi dan  monitoring sarana prasarana, khususnya bagi sekolahan dengan fasilitas minim atau kurang memadai.
  4. Perbaikan dan pengajuan data kelembagaan sekolah terbaru.
  5. Pengajuan, Verifikasi dan Validasi (VerVal) data untuk Nomor Unik Pendidik dan Tenaga Kependidikan (NUPTK).
  6. Pengajuan, Verifikasi dan Validasi (VerVal) data Peserta Didik dan Nomor Induk Siswa Nasional (NISN).
  7. Pengajuan, Verifikasi dan Validasi (VerVal) data Satuan Pendidikan dan Nomor Pokok Sekolah Nasional (NPSN).
  8. Monitoring, Pemetaan dan Pemerataan Kesejahteraan guru.
  9. Monitoring dan Evaluasi setiap kebijakan dan program yang sudah berlangsung dari Kemendikbud.
  10. Memudahkan dan Mempercepat pelaporan setiap kegiatan sekolah atau usulan sekolah untuk Kemendikbud.
  11. Monitoring dan Pencegahan terjadinya penyimpangan dan mengurangi resiko terjadinya pelanggaran (tidak mengulang kesalahan serupa).

Cara Update Aplikasi Ke Versi 4.0.0

Cara Update Aplikasi Ke Versi 4.0.0
Cara Update Aplikasi Ke Versi 4.0.0

Kebanyakan sekolah sudah memiliki aplikasi tersebut, namun kini Kemendikbud memberikan aplikasi dapodikdasmen terbaru dan sebaiknya segera di update. Caranya mudah dan bisa langsung diterapkan secara langsung seperti berikut :

  • Uninstal aplikasi dapodik versi 3.0.3.

Aplikasi yang baru tidak bisa bisa diinstal tanpa menghilangkan aplikasi yang lama, buka pengaturan dan lakukan uninstall pada aplikasi dapodik versi 3.0.3 secara menyeluruh. Setelah itu, hapus aplikasi secara permanen.

  • Unduh aplikasi terbaru dapodik versi 4.0.0.

Aplikasi terbaru dapodik tidak bisa didapatkan secara bebas, hanya ada di laman resmi dapo dikdas kemdikbud. Ada banyak aplikasi disana, sebaiknya pilih dengan hati-hati dan cari aplikasi terbaru versi 4.0.0.

  • Instal aplikasi dapodik versi 4.0.0.

Lakukan install seperti aplikasi sebelumnya, pastikan memiliki penyimpanan yang cukup dan lakukan tanpa membuka aplikasi lainnya (agar lebih cepat). Selain itu, pastikan tidak sedang mengunggah data atau pengelolaan data lainnya.

  • Lakukan generate prefil terlebih dahulu.

Aplikasi terbaru dapodik versi 4.0.0 perlu di gerenate terlebih dahulu, jangan khawatir ikuti saja petunjuknya, ini hanya bagian dari program saja.

  • Buka aplikasi dapodik versi desktop.

Setelah melakukan generate, untuk melihat apakah aplikasi sudah bisa digunakan, maka buka aplikasi dapodik versi desktop. Ini akan lebih mudah menemukan kesalahan dan layar jadi lebih lebar.

Disarankan untuk akses dengan dapodik, gunakan saja laptop atau komputer, jangan smartphone yang rawan pembobolan.

  • Lakukan registrasi pada prefill yang baru.

Ketika sudah bisa digunakan dengan normal, lakukan registrasi pada prefill yang baru, Anda sudah menutup atau menghilangkan prefill yang lama. Ini akan lebih cepat karena sudah input data di awal, jika belum maka harus memasukkan data dari awal terlebih dahulu.

  • Login dengan user dan password sebelumnya, cek beranda dapodik dan pastikan sudah masuk di aplikasi dapodik versi 4.0.0
  • Lakukan pembaharuan pada beberapa form yang kosong.

Perubahan Aplikasi Dapodikdasmen Versi 4.0.0

Ada beberapa perubahan aplikasi dapodikdasmen yang baru, memang ini tidak terlalu banyak namun beberapa kolom akan kosong dan minta diisi. Sebaiknya jeli dengan petunjuk dan tanda merah yang muncul nantinya.

Perubahan yang jelas terlihat adalah perubahan riwayat sertifikasi, kini jadi mengalami pelebaran 14 digit.

Tambahan kolom NPWP Sekolah di dalam Form sekolah, ini wajib diisi. Tambahan kolom hobby dan cita cita pada peserta didik (diisi siswa). Tambahan kolom isian No Peserta UN SMP, NO SKHUN SMP dan No Seri Ijazah, nantinya akan diisi siswa yang dibantu guru.

Masih banyak perubahan lainnya, biasanya akan terlihat tanda merah dan tidak bisa berpindah halaman selanjutnya sebelum melakukan pengisian. Aplikasi dapodikdasmen ini diharapkan bisa memberikan kemudahan sekolah dan Kemendikbud untuk berkomunikasi sekaligus melakukan evaluasi pada setiap kebijakan yang sudah ditetapkan sebelumnya.