Pelajari Cara Unggah Data Peserta USBN di BioUNSDMI

BioUNSDMI
BioUNSDMI

BioUNSDMI adalah aplikasi web yang digunakan untuk mengunggah data siswa kelas 6 SD yang akan mengikuti USBN. Pelajari langkah mudah untuk mengoperasikannya.

Ujian Sekolah Berstandar Nasional atau USBN menjadi salah satu syarat kelulusan siswa kelas 6 SD. Selain mempersiapkan siswa secara akademik dan mental, sekolah juga perlu melengkapi dan menyetorkan berbagai data administratif.

Sekolah wajib mengunggah data siswa yang akan mengikuti ujian melalui aplikasi web biounsdmi.

Bagi Anda guru kelas 6 SD dan operator sekolah, tentu Anda perlu bekerjasama sebagai tim dalam menyiapkan data ini.

Jangan sampai karena kesalahan teknis, justru siswa yang nantinya akan dirugikan.

Untuk itu simak baik-baik prosedur berikut ini agar pengunggahan data siswa di Bio UN dapat sukses.

Persiapkan Master Data melalui PDUN

Persiapkan Master Data melalui PDUN USBN
Persiapkan Master Data melalui PDUN

Sebelum Anda mengunggah data, tentu saja Anda harus memiliki master file yang berisi identitas diri calon peserta USBN. Jika sekolah Anda telah menyelesaikan kewajiban administratif pada manajemen dapodik, maka Anda bisa langsung meluncur terlebih dahulu ke portal PDUN Kemendikbud.

Pada dasarnya, PDUN menghimpun seluruh data calon peserta ujian seluruh nasional. Data ini sendiri dihasilkan dari data dapodik yang diinput oleh masing-masing sekolah.

Namun, Anda tetap wajib untuk mengambil data dari PDUN karena data yang nantinya diunggah di Bio UN haruslah sesuai format pdun sd.

Simak langkah-langkahnya sebagai berikut.

1. Login pada Aplikasi PDUN

Anda disarankan untuk menggunakan Chrome atau UC Browser untuk mengakses laman PDUN di pdun.data.kemdikbud.go.id.

Pada bagian Manajemen PDUN Anda perlu memasukkan username dan password dapodik untuk dapat login. Alternatif lainnya yaitu memasukkan kode registrasi dapodik sekolah Anda.

2. Cek Kebenaran Data

Setelah masuk ke menu utama, klik pada bagian Calon Peserta UN untuk dapat menampilkan data keseluruhan siswa kelas 6.

Silakan Anda cek validasi data ini dengan mengacu pada akte kelahiran siswa. Jika terdapat kekeliruan, lakukan perbaikan di dapodik dan verval pd kemudian sinkronkan ulang.

Setelah semua data sesuai, Anda perlu memberi tanda centang pada bagian Pengaturan Nomor Kursi. Ini untuk memudahkan pengelolaan tempat duduk ketika ujian nanti diselenggarakan.

3. Isikan Nomor Urut Rombel

Anda akan diarahkan pada laman Pengaturan Nama Rombel, dan ada tabel yang tersaji terdiri dari tingkat, jenis rombel, nama, dan nomor urut rombel. Sesuaikan isian pada tabel tersebut.

Sebagai contoh, kelas 6A maka nomor urut rombelnya adalah 01, dan kelas 6B nomor urut rombelnya adalah 02, dan seterusnya.

4. Unduh File

Setelah Anda selesai melakukan penyesuaian dan semua datanya sudah lengkap, maka Anda klik pada bagian Unduh File Calon Peserta UN. Akan tertampil kotak untuk memastikan kembali data siswa sudah lengkap dan valid sebelum diserahkan ke panitia UN di dinas kabupaten/kota.

Anda klik Ya pada bagian bawah kotak.

5. Cek Hasil Unduhan

Setelah Anda selesai mengunduh file, lakukan pengecekan ulang. Pastikan bahwa filenya tidak berukuran 0 kb karena artinya file tersebut kosong. Selain itu, file Anda haruslah terbit dengan format NPSN_NamaSekolah.dz.

Jika ada kesalahan ataupun keanehan dalam format maupun ukuran file, Anda bisa melakukan pengunduhan ulang.

Unggah Data Calon Peserta Ujian Melalui BioUNSDMI

Unggah Data Calon Peserta Ujian Melalui BioUNSDMI
Unggah Data Calon Peserta Ujian Melalui BioUNSDMI

Setelah Anda memiliki file dz dari pdun, kini Anda bisa mengunggah data tersebut ke portal BioUNSDMI.

Sebenarnya Anda bisa saja menyerahkannya langsung ke dinas pendidikan. Akan tetapi, sebelumnya Anda tetap perlu melakukan transfer file ke aplikasi web. Hal ini penting dari segi efisiensi dan juga keamanan.

Untuk langkah pengunggahan data, berikut langkah-langkahnya.

1. Login pada Aplikasi Web

Ketikkan biosdmi.kemdikbud.go.id pada address bar browser Anda.

Cara login bio un sd dengan memasukkan nama user, kata sandi, dan kode pengaman, lalu klik Login.

2. Lengkapi Data Master Sekolah

Pada bagian kiri laman utama, Anda klik pada bagian Data Master, lalu Anda pilih Sekolah.

Selanjutnya akan tertampil data identitas sekolah Anda. Sebelum melakukan pengunggahan data peserta, Anda perlu terlebih dahulu melengkapi data sekolah Anda.

Klik Edit pada kolom, dan lengkapi semua data yang masih kosong. Informasi yang perlu Anda isikan antara lain kode sekolah, akreditasi, dan kontak kepala sekolah. Jika semua bagian yang kosong sudah dilengkapi, silakan Anda klik Simpan.

BACA JUGA : Cara Login dan Sinkronisasi pada Situs Manajemen PAUD

3. Unggah File

Selanjutnya, arahkan kursor pada bagian Menu Utama dan klik Upload dari Dapodik/Emis. Lihat pada bagian atas uploader lalu klik Tambah.

Setelah itu, pilih file dz yang sebelumnya telah Anda unduh dari laman PDUN.

Pastikan sekali lagi format file tersebut sudah sesuai dan tidak ada penambahan angka di belakang file. Kemudian klik Upload.

Jika Anda berhasil mengunggah data maka akan muncul kotak info yang menyebutkan data telah tersimpan.

Anda bisa mengecek kembali data tersebut dengan klik bagian Siswa di Data Master, dan seluruh data peserta akan tertampil.

Demikian langkah mudah yang perlu Anda ketahui sebelum melakukan pengunggahan data calon peserta ujian di portal biounsdmi.

Meskipun di tahun 2020 USBN tidak diselenggarakan karena pandemi, namun Anda perlu bersiap untuk tahun ajaran berikutnya. Semoga informasi ini dapat membantu!