Panduan Registrasi DJP Online Billing untuk Bayar Pajak

DJP Online Billing
DJP Online Billing

Mulai Januari 2020, proses membuat kode billing hanya bisa di situs DJP online billing. Simak panduannya berikut ini.

Sejak Januari 2020 lalu, pelayanan situs billing DJP melalui SSE1 dan SSE3 untuk pembayaran pajak sudah berhenti beroperasi.

Artinya, untuk Anda yang ingin membuat kode billing, Anda sudah tidak bisa menggunakan situs tersebut. Ditjen Pajak membuat sebuah sistem yang terintegrasi untuk pembuatan kode billing, yakni melalui situs DJP online billing.

DJP Online 2020 mulai berlaku pada 1 Januari 2020 lalu. Dengan menggunakan situs tersebut, pembuatan e-Billing dan e-Filling menjadi semakin mudah melalui satu sistem yang terintegrasi. Oleh karena itu, segera lakukan registrasi untuk kemudahan dalam mengurus pajak.

Perihal DJP Online Billing

Perihal DJP Online Billing

Membayar pajak merupakan hal wajib bagi setiap warga negara. Untuk memudahkan Anda dalam menunaikan kewajiban tersebut, pemerintah terus berinovasi membuat sistem yang mudah dan sederhana. Tahun ini, sistem DJP Online Pajak 2020 mulai diberlakukan untuk memudahkan Anda.

Direktorat Jenderal Pajak Online adalah sebuah inovasi yang dilakukan oleh Kementerian Ekonomi. DJP online billing merupakan sebuah situs yang di dalamnya memuat berbagai aplikasi perpajakan.

Melalui situs yang terintegrasi ini, wajib pajak bisa membuat SPT Online serta membayar bajak secara online.

Sebelum DJP online billing resmi dirilis, pemerintah sudah memiliki MPGN2 atau Modul Penerimaan Negara Generasi 2 atau yang sering disingkan dengan MPNG2. Namun, MPGN2 masih memiliki alamat situs yang terpisah.

Pada tahun 2020 ini, fitur aplikasi berubah ke mode web yang semakin memudahkan Anda untuk mengurus kewajiban membayar pajak. Berikut adalah beberapa tahapan untuk melakukan registrasi DJP Online.

Panduan Registrasi DJP Online Billing

Panduan Registrasi DJP Online Billing

Sebelum menikmati berbagai fasilitas DJP Online, tentu Anda perlu membuat akun terlebih dahulu. Tahapannya bisa dilakukan dengan cara mengaktifkan e-FIN atau electronic Filing Identification Number. E-FIN tersebut dapat diperoleh dengan cara langsung datang ke kantor pajak.

Untuk itu, pada ulasan ini, panduan registrasi DJP online billing akan dimulai dengan mengaktifkan e-FIN. Beberapa hal yang perlu Anda lakukan untuk mengaktifkan e-FIN adalah sebagai berikut.

1. Mengaktifkan e-FIN

Untuk mengaktifkan e-FIN, Anda bisa datang ke kantor pajak terdekat dengan membawa beberapa dokumen, seperti fotokopi KTP dan NPWP. Kemudian, di loket pembuatan e-FIN, Anda bisa mengisi form pembuatan e-FIN.

Setelah form selesai, e-FIN Anda akan aktif dan selanjutnya akan dipakai untuk mendaftar akun DJP Online.

2. Mendaftarkan Diri di Website DJP Online

Setelah mendapatkan e-FIN, Anda bisa mengunjungi situs web registrasi DJP Online SSE. Masukkan nomor yang ada dalam kartu NPWP tanpa dibubuhi titik atau tanda hubung.

Selanjutnya, Anda bisa mengisikan e-FIN Anda. Terakhir, ketikkan kode keamanan sesuai dengan yang tertera di dalam web.

Setelah selesai, kemudian masuklah ke akun Anda, lalu lengkapi data diri lainnya, yakni email, nomor telepon aktif, dan kode keamanan.

Selanjutnya, Anda perlu membuat password yang nantinya dipakai untuk masuk ke DJP Online Billing. Terakhir, setelah membuat password, langsung klik simpan.

Jika pendaftaran sukses, Anda akan mendapatkan email dari DJP Online. Langsung masuk ke tautan email tersebut untuk mengaktifkan akun Anda. Pendaftaran pun berhasil.

3. Nikmati Berbagai Layanan di DJP Online

Usai pembuatan akun selesai dilakukan, Anda bisa langsung menuju ke website DJP Online untuk menikmati seluruh layanan yang tersedia. Di web tersebut, Anda bisa melaporkan SPT Tahunan atau membayar pajak.

Cara Lapor SPT Tahunan dan Bayar Pajak Melalui DJP Online

Usai mempunyai akun, proses mengurus pajak akan semakin mudah dan terintegrasi. Pelaporan SPT Tahunan dan Pembayaran pajak bisa dilakukan dengan mudah melalui website ini. Simak saja penjelasan berikut.

1. Cara Lapor SPT Tahunan atau E-Filling

Pertama-tama, kunjungi laman DJP Online Pajak. Login akun Anda menggunakan NPWP dan Password yang sudah didaftarkan. Jangan lupa ketikkan kode keamanan seperti yang tertera dalam web tersebut.

Selesai login, langsung buka menu “Buat SPT”. Isilah kolom yang disediakan oleh sistem sesuai dengan data diri Anda.

Kemudian, isi data SPT sesuai dengan SPT yang sudah Anda terima. Tahap terakhir, silakan isi kode verifikasi dan langsung klik “Kirim SPT”.

2. Cara Bayar Pajak (e-Billing)

Masih di situs yang sama, silahkan login terlebih dahulu menggunakan NPWP dan Password Anda. Selanjutnya, silahkan pilih e-Billing System.

Langsung klik menu “Isi SSE”. Beberapa data form akan terisi secara otomatis. Anda hanya perlu mengisi bagian yang kosong. Setelah semuanya terisi, klik simpan.

Selanjutnya, pada menu “Kode Billing” langsung saja klik print Kode Billing. Setelah mendapatkan Kode Billing, Anda bisa langsung membayar pajak melalui bank, ATM, atau kantor pos.

Bisa juga menggunakan m-Banking.DJP Online Billing semakin memberikan kemudahan bagi Anda untuk membayar pajak. Jadi, jangan malas untuk menunaikan kewajiban membayar pajak, ya. Semoga bermanfaat!