Panduan Cek Info GTK Periode Januari Hingga Juni 2020

Info GTK
Info GTK

Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Pendidik memiliki website resmi untuk mencari semua info GTK. Sudahkah Anda tahu bagaimana menggunakannya?

Website info GTK penting dipahami bagi para guru yang sudah tersertifikasi. Di sini, para guru bisa mengecek Surat Keputusan Tunjangan Profesi Pendidikan atau SKTP. Anda sebagai guru bisa melihat kevalidan data apakah tunjangan profesinya cair atau tidak.

Web info.gtk.kemendikbud.go.id 2020 dikelola sendiri oleh Direktoral Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan. Oleh karena itu, semua info yang tercantum dalam web tersebut adalah valid. Akan tetapi, jika Anda tidak menemukan data Anda dalam web tersebut, mungkin saja data Anda masih dalam proses.

Seperti yang kita ketahui bersama, web GTK tersebut mengambil data dari Dapodik tiap-tiap sekolah. Data dari Dapodik (operator sekolah) ini diperbarui secara berkala.

Jika data Anda belum muncul atau mengalami kesalahan, Anda bisa mengurusnya melalui dapodik sekolah.Hal penting yang Harus Diperhatikan saat Mengakses Info GTK

Menurut ketentuan yang berlaku, guru yang telah bersertifikasi wajib memiliki jam mengajar paling sedikit 24 jam tiap minggunya. Guru bersertifikasi juga bisa melakukan tugas tambahan yang termasuk dalam aplikasi dapodik.

Tugas tambahan yang masuk hitungan aplikasi dapodik adalah sebagai kepala sekolah, wali kelas, guru pembina ekstrakurikuler, kepala laboratorium, atau kepala perpustakaan.

Apabila Anda tidak memenuhi syarat mengajar minimal 24 jam, SKTP pun tidak akan terbit. Secara penilaian, data Anda masih belum valid karena jumlah jam mengajar belum sesuai ketentuan.

Lalu, jika persoalan lain muncul, misalnya ada keterangan info GTK belum valid, Anda bisa langsung melakukan konfirmasi melalui dapodik sekolah. Cepat tanggap akan kesalahan yang terjadi bisa membantu Anda untuk segera mendapatkan hak Anda, yakni SKTP.

Panduan Mudah Cek Info GTK untuk Periode Januari hingga Juni 2020

Setelah mengetahui beberapa hal penting seputar info GTK, selanjutnya kita bisa langsung ke langkah mengakses web GTK tersebut. Berikut adalah beberapa tahapannya.

1. Kunjungi Web Resmi Info GTK

Untuk mendapatkan informasi yang benar, Anda bisa menuju ke halaman https://info.gtk.kemdikbud.go.id/. Pada sisi kiri di halaman utama, akan ada halaman login yang harus Anda isi.

2. Masukkan Akun dan Password PTK yang ada Pada Dapodik

Untuk bisa mengakses informasi dan SKTP, Anda harus tahu akun PTK serta password PTK. Isi dengan benar lalu tuliskan kode Capta dan klik bagian login.

3. Jika Login Gagal, Anda bisa Login Melalui Dapodikdasmen

Jika cara login yang pertama di atas gagal, Anda masih bisa mencoba cara login yang kedua, yakni melalui Dapodikdasmen. Anda akan dibawa ke halaman login lain yang mengharuskan Anda mengisi email dan password.

4. Masukkan email dan password PTK

Pada halaman login tersebut, langsung saja masukkan email serta password PTK dan klik tombol login.

Setelah login berhasil, Anda pun akan menerima status Validasi SKTP. Selanjutnya, cari tahu maksud status yang tertera dalam akun PTK Anda.

Tiga Istilah dalam Validasi SKTP di Info GTK

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, ada tiga istilah yang akan muncul dalam info GTK. Istilah tersebut adalah Belum Valid, Valid Belum Verifikasi Dinas, Valid. Berikut penjelasan masing-masing istilah.

1. Belum Valid

Jika status ini muncul di akun Anda, ada dua kemungkinan yang terjadi.

Pertama, seperti yang sudah dijelaskan di atas, jumlah jam mengajar Anda masih belum sesuai ketentuan, yakni minimal 24 jam.

Kemungkinan kedua, server pusat belum selesai melakukan validasi pada PTK tersebut. Bagaimana jika Anda info GTK tidak valid muncul di akun PTK Anda?

Anda bisa mengecek jumlah jam mengajar Anda. Jika jumlah jam mengajar sudah memenuhi syarat minimal, Anda perlu menunggu beberapa saat lagi. Mungkin data Anda masih belum tervalidasi.

BACA : Langkah Dan Cara VERVAL PTK (Update 2020)

2. Valid Belum Verifikasi Dinas

Jika keterangan ini tertera pada Info GTK Anda, artinya pihak Dinas setempat belum selesai melakukan validasi. Solusinya adalah coba berkomunikasi dengan admin Dinas Anda untuk segera melakukan proses validasi.

3. Valid

Jika status sudah Valid, Anda hanya tinggal menunggu nomor SKTP-nya saja. Semua proses validasi telah selesai.

Sebelum nomor SKTP keluar, silakan lihat dengan saksama data yang tertera dalam laporan tersebut. Jika ada data yang menurut Anda keliru, Anda masih bisa mengubahkan lewat Aplikasi Dapodikdasmen untuk melakukan sinkronisasi.

Mengecek SKTP di web info GTK sebenarnya tidak terlalu rumit. Anda hanya perlu memastikan akun PTK Anda beserta passwordnya. Dengan begitu, Anda pun bisa mengakses web tersebut dengan mudah.

Selain mengecek SKTP, Anda juga bisa menyimak informasi penting seputar GTK pada setiap periodenya. Anda juga bisa melihat Undang-Undang Guru, Surat Edaran, Peraturan Pemerintah, Peraturan Menteri, dan progress penarikan data dapodik.

Banyak informasi penting yang mungkin Anda perlukan terkait profesi Anda sebagai pendidik. Demikian adalah panduang mengecek info GTK untuk periode Januari sampai dengan Juni 2020. Semoga bermanfaat!