Menghindari Penipuan dengan Mengakses Web Resmi SSCN BKN

Menghindari Penipuan dengan Mengakses Web Resmi SSCN BKN
Menghindari Penipuan dengan Mengakses Web Resmi SSCN BKN

Profesi sebagai ASN masih menjadi favorit bagi banyak orang. Dapatkan informasi akurat tentang lowongan CPNS di SSCN BKN.

Untuk menjadi pegawai negeri, masyarakat Indonesia harus mengikuti seleksi nasional satu pintu yang dikelola oleh Badan Kepegawaian Negara. SSCN BKN merupakan sebuah situs Sistem Seleksi Calon Aparatur Sipil Negara yang menyediakan informasi akurat terkait pembukaan lowongan PNS.

Pendaftaran CPNS semuanya dilakukan di web tersebut.

Laman sscn.bkn.go.id 2020 menjadi satu-satunya situs untuk melakukan pendaftaran saat ada pembukaan CPNS. Lowongan sebagai Aparatur Sipil Negara atau yang sering kita sebut lowongan CPNS terakhir kali dibuka pada tahun 2019 lalu.

Sebelum pandemi, beredar rumor bahwa pembukaan CPNS akan kembali dilakukan pada tahun 2020 ini. Benarkah demikian?

SSCN BKN Web Resmi Pendaftaran CPNS

Sebelum membahas tentang cara menghindari penipuan pembukaan CPNS, kita akan membahas hal penting seputar SSCN 2019 lalu. Seperti yang sudah dijelaskan di atas, pendaftaran CPNS terakhir dibuka pada akhir 2019.

Situs web SSCN BKN sebagai satu-satunya pintu untuk mendaftar pun akan dibuka setiap kali BKN mengumumkan pembukaan seleksi CPNS. Anda harus memahami hal-hal seputar alur pendaftaran, persyaratan, dan prosedur pendaftaran.

Jadi, jika tahun 2020 ini kembali ada pembukaan seleksi CPNS, Anda bisa langsung mengikutinya.

Portal web SSCN BKN sendiri termasuk sudah sangat lengkap dan informatif. Di dalam web tersebut, ada informasi alur pendaftaran, helpdesk, FAQ, dan layanan informasi lainnya. Jika Anda tidak malas membaca, Anda pasti akan mendapatkan semua informasi yang diperlukan.

Kemudian, untuk melindungi diri agar tak menjadi korban penipuan seputar seleksi CPNS, Anda bisa melakukan beberapa langkah berikut ini.

Cara Menghindari Penipuan Pembukaan CPNS Berbayar

Di sini, kita perlu menyamakan pemahaman dulu bahwa situs SSCN BKN adalah situs yang digunakan untuk melakukan pendaftaran Aparatur Sipil Negara (ASN).

Di situs tersebut, Anda juga bisa mencari tahu seputar pengumuman pendaftar yang lolos seleksi. Akan tetapi, situs tersebut tidak memberikan informasi terbaru tentang pembukaan CPNS di periode selanjutnya.

Karena beberapa waktu belakangan ini pembukaan CPNS cukup rutin digelar, banyak pihak yang berharap ada pembukaan CPNS pada tahun 2020.

Informasi mengenai pembukaan CPNS atau lowongan formasi tertentu mulai banyak beredar di media sosial atau broadcast-broadcast.

Apakah informasi ini bisa dipercaya?

1. Informasi Terbaru Seputar Pembukaan CPNS Hanya Ada di Web Resmi BKN

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, SSCN BKN adalah web yang digunakan untuk melakukan proses pendaftaran CPNS. Tata cara pendaftaran, informasi persyaratan, dan hal-hal lainnya terkait pendaftaran tersedia di web tersebut.

Lalu, untuk informasi mengenai pembukaan CPNS, Anda bisa memperolehnya melalui situs resmi BKN.

Situs web bkn.go.id cek adalah situs yang dikelola langsung oleh Badan Kepegawaian Negara. Melalui situs tersebut, kita bisa mendapatkan informasi terbaru seputar pembukaan CPNS dan berita-berita yang berkaitan dengan Pegawai Negeri Sipil.

Informasi tentang pembukaan CPNS tahun 2020 juga akan dijelaskan melalui situs web tersebut. Sampai sekarang, belum ada informasi terbaru mengenai pembukaan CPNS.

Jadi, sebaiknya tidak mempercayai sumber-sumber lainnya.

BACA : Cara Membuat Akun SSCN dan Proses Pendaftaran CPNS

2.  Jangan Percaya Surat Keterangan Berstempel

Di era teknologi yang sudah semakin maju seperti ini, informasi menyebar dengan cepatnya. Informasi yang belum tentu benar pun banyak beredar.

Di sini, kewaspadaan kita menjadi hal utama untuk melindungi diri dari penipuan.

Lebih parahnya lagi, banyak sekali foto atau pdf yang berisi surat pernyataan berstempel resmi yang seolah-olah keluar dari BKN Pusat.

Akan tetapi, surat tersebut ternyata dikeluarkan oleh pihak yang tak bertanggung jawab. Meski terlihat sangat nyata, Anda tidak boleh mudah percaya.

3. Ikuti Media Sosial Resmi BKN

Untuk informasi yang akurat seputar SSCN BKN bisa Anda ikuti melalui situs web resmi milik Badan Kepegawaian Negara atau melalui sosial media resminya.

Di era di mana media sosial berkembang pesat, kami menyarankan Anda untuk mengikuti twitter, instagram, atau facebook resmi dari Badan Kepegawaian Negara.

Admin media sosial tersebut rutin mengabarkan informasi-informasi akurat dari BKN. Jika ada berita hoax, media sosial tersebut pun akan mengkonfirmasinya.

4. Jangan Mudah Percaya dengan Oknum yang Mengaku dari BKN

Jika Anda tidak teliti, web SSCN BKN pun banyak kloningannya. Mereka menggunakan alamat url yang hampir mirip dengan alamat url resmi milik BKN.

Akan tetapi, yang namanya kloningan, mereka tentu punya maksud sendiri membuat kloningan dari akun resmi.

Oleh karena itu, Anda dituntut untuk lebih mawas diri menghadapi berbagai isu pembukaan CPNS atau pengangkatan PNS. Jika tidak ada sumber resmi dari SSCN BKN yang tercantum, Anda tak boleh langsung percaya begitu saja.

Demikian adalah informasi lengkap mengenai cara menghindari penipuan berkaitan dengan pembukaan CPNS atau pengangkatan PNS bagi pegawai honorer.

Pastikan Anda melakukan pendaftaran CPNS hanya di SSCN BKN, ya. Semoga informasi ini bermanfaat!