Mengetahui Data Siswa Peserta UN Dengan Manajemen PDUN

manajemen dpun
manajemen dpun

Manajemen PDUN adalah suatu situs atau website yang dikembangkan Kemendikbud untuk membantu operator sekolah melakukan verifikasi data peserta Ujian Nasional.

Kemendikbud sudah beberapa tahun terakhir menerapkan sistem online untuk mendukung program-program di sektor pendidikan.

Hal ini dilakukan untuk mengefisienkan semua proses. Salah satu program online yang dirilis oleh Kemendikbud adalah Manajemen PDUN.

Aplikasi ini digunakan untuk mengurus kebutuhan UN. Selain menyiapkan peserta didik untuk bersiap menghadapi UN, pihak sekolah juga harus menyiapkan berbagai dokumen dan kelengkapan untuk menuju UN.

Aplikasi ini digunakan untuk sekolah yang ada langsung di bawah Kemendikbud baik SD, SMP, maupun SMA.

Untuk sekolah yang berada di bawah Kemenag seperti Madrasah, menggunakan aplikasi EManja. Data siswa peserta UN yang tercatat pada aplikasi EManja akan tersinkronisasi dengan aplikasi PDUN milik Kemendikbud.

Mengenal Aplikasi

Aplikasi ini pada dasarnya adalah sebuah situs web yang bisa diakses oleh operator sekolah untuk melakukan verifikasi data peserta UN. Operator sekolah bisa memastikan apakah seluruh siswanya sudah terdaftar sebagai peserta UNKP dan UNBK belum.

Melalui situs ini, operator sekolah juga bisa mengecek apakah data semua siswa sudah sesuai atau belum.

Data peserta ujian nasional awalnya diinput dari Dapodik, semua data yang tercantum dalam situs PDUN berdasarkan dari data inputan Dapodik. Dengan adanya aplikasi ini, sekolah lebih mudah melakukan verifikasi data. Apakah semua data sudah benar atau ada yang perlu diperbarui.

Jika ditemukan data calon peserta UN yang tidak sesuai, operator sekolah bisa segera memperbaharui datanya. Operator sekolah bisa memperbaiki data dengan Verval PD (Verifikasi Validasi Peserta Didik).

Operator sekolah secara mandiri bisa masuk ke URL http://vervalpd.data.kemdikbud.go.id dan mengikuti langkah-langkah untuk merubah data calon peserta UN yang tidak sesuai.

Login Ke Aplikasi Manajemen PDUN

Username dan password yang dibutuhkan operator sekolah untuk bisa login ke aplikasi ini sama dengan milik Dapodik sekolah. Ada alternatif lain untuk membukanya, yaitu menggunakan Kode Registrasi aplikasi dapodik milik sekolah masing-masing.

Cara login PDUN cukup sederhana. Anda hanya perlu masuk melalui URL http://pdun.data.kemdikbud.go.id kemudian memasukan username dan password. Anda sudah bisa login.

BACA JUGA : Langkah Dan Cara VERVAL PTK (Update 2020)

Tampilan Aplikasi

Ada tiga buah menu utama yang akan didapati di halaman utama. Lokasi 3 menu utama ini berada pada bagian sidebar website. Ketiga menu tersebut adalah:

  1. Menu Beranda

Saat mengklik menu ini, Anda akan melihat informasi mengenai data operator sekolah.

  • Calon Peserta UN

Saat mengklik menu ini, Anda akan dihadapkan pada tabel panjang berisi data calon peserta UN. Data ini diambil dari data yang sudah diinput melalui Dapodik sekolah. Data yang butuh untuk diperbaiki akan ditandai dengan warna merah. Pada menu ini, ada beberapa sub menu yaitu:

  1. Pengaturan No Kursi

Menu ini untuk mengatur bagaimana nantinya urutan bangku siswa saat pelaksanaan UN dan juga bagaimana pembagian ruangan ujian.

  • Unduh File Calon Peserta UN

Menu untuk mendownload file calon peserta UN. File tersebut berekstensi .DZ.

File ini tidak untuk diekstrak,. Akan tetapi file tersebut akan dikirim dan juga diintegrasikan dengan  aplikasi Biosystem Online.

  •  Unduh CPUN ke Excel

Menu ini bisa digunakan untuk mendownload data calon peserta UN dalam format file excel.

Namun, untuk mengunduh file ini ada syarat yang harus dipenuhi yaitu pihak operator sekolah harus sudah melakukan pengaturan kursi. Jika hal ini tidak dilakukan, file tidak akan bisa terbuka.

  • Unduh Berita Acara

Menu ini untuk mendownload Berita Acara Calon Peserta UN.

File yang akan terdownload berekstensi .PDF.

Berita Acara ini sebagai bukti data calon peserta UN sudah valid dan DNS Peserta UN bisa segera diterbitkan dan diunduh melalui BioUN.

Berita Acara ini akan diunduh dikumpulkan/diupload bersama file .DZ  ke  biosdmi.kemdikbud.go.id.

  • Filter PD berdasarkan NISN

Menu ini untuk memudahkan proses deteksi peserta didik mana yang sudah dan belum memiliki NISN.

Penandanya adalah warna merah pada baris data peserta didik yang NISN nya tidak valid atau masih kosong.

  • Menu Logout

Menu ini untuk keluar dari aplikasi.

Catatan: Pastikan seluruh data benar-benar sudah valid. Lakukan cek ulang untuk memastikan kebenaran. Jangan unduh file .DZ dan Berita Acara jika seluruh data belum benar-benar valid. Hal ini akan berakibat isi DNT Peserta UN salah saat diterbitkan.

Masalah Akses

Dalam beberapa kasus, website PDUN tidak bisa diakses.

Tidak perlu panik, ada beberapa alasan yang memungkinkan hal ini bisa terjadi, diantaranya adalah:

  • Jaringan internet yang sedang tidak stabil.

Hal ini sering terjadi, terutama di Indonesia. Jaringan internet kerap kali mengalami masalah kestabilan.

  • Beban traffic PDUN sedang tinggi.

Server yang tidak mampu menampung tingginya akses ke website ini, akan mengakibatkan website sulit diakses

  • Website sedang maintenance.

Ada kemungkinan sedang terjadi maintenance website.

Itu dia sedikit ulasan mengenai Manajemen PDUN. Aplikasi semacam ini terus dikembangkan pemerintah untuk memudahkan menjalankan segala program. Kiranya ulasan di atas bisa sedikit memberi pengetahuan dan bisa sedikit membantu.