Mengenal Verval PD, Fungsi, dan Menu Yang Tersedia

Verval PD
Verval PD

Dalam proses berkelanjutan dalam sistem Dapodik, beberapa hal perlu dilakukan oleh operator. Diantaranya adalah melakukan update data di Verval PD.

Verval PD adalah salah satu situs penting dalam dunia pendidikan, yang berkaitan dengan validasi dan update data yang berkaitan dengan peserta didik.

Situs ini sangat penting untuk dipahami, terutama bagi para operator sekolah yang sehari-hari mengurus pendataan siswa.

Verval PD memiliki banyak manfaat agar data tetap bisa terintegrasi secara online.

Saat ini, vervalpdnew.data.kemdikbud.go.id adalah situs terbaru untuk proses ini. Meskipun demikian, saat mengakses alamat tersebut, Anda akan dialihkan ke sso.data.kemdikbud.go.id. Anda bisa mulai login dan melakukan berbagai aktivitas pendataan terkait siswa di sini.

Fungsi Penting Dari Verval PD?

Dalam proses berkelanjutan dalam sistem Dapodik, beberapa hal perlu dilakukan oleh operator. Diantaranya adalah melakukan update data di Verval PTK (untuk pendidik dan tenaga kependidikan), Verval SP (untuk satuan pendidikan), dan juga verval PD (untuk peserta didik).

Bagi seorang operator sekolah, verval PD memiliki banyak fungsi yang sulit digantikan oleh situs lain.

Beberapa diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Mengajukan NISN bagi siswa yang belum memiliki nomor unik tersebut.
  • Melakukan verifikasi atau pencocokan data ataupun cek NISN siswa. Ini bermanfaat untuk mengetahui apakah NISN siswa tertentu bermasalah sehingga datanya berbeda.

Situs ini juga bisa digunakan untuk memastikan tidak ada data siswa yang terlupa untuk diinput ke sistem Dapodik.

  • Mengatasi permasalahan NISN ganda, yakni satu orang siswa memiliki dua nomor NISN.
  • Melakukan perbaikan atau koreksi data setiap siswa apabila terbukti ada kesalahan.

Kesalahan data tersebut bisa meliputi penulisan nama yang keliru, tanggal dan tempat lahir, maupun identitas diri lainnya. 

Cara Login Verval Untuk Peserta Didik

Karena situs yang dirilis tahun 2019 lalu sedang di mirror ke sso.data.kemdikbud.go.id, maka cara login verval pd bisa dilakukan dengan langkah-langkah berikut ini:

1.   Pastikan koneksi internet cukup lancar, lalu kunjungi sso.data.kemdikbud.go.id.

2.   Masukkan username atau email dan password, lalu klik login.

3.   Bila login sudah berhasil, Anda bisa memanfaatkan berbagai menu dan fungsi dari verval PD.

Itulah langkah sederhana untuk bisa masuk ke verval PD. Apabila terjadi permasalahan, dengan tulisan username atau password tidak terdaftar, maka pastikan kembali bahwa semua sudah diinput tanpa kesalahan satu karakter pun.

Jika masih salah juga, maka kunjungi sdm.data.kemdikbud.go.id dan login seperti biasa. Jika berhasil login di situs tersebut, maka Anda akan otomatis bisa masuk ke verval PD, SP, maupun PTK.

Menu Yang Bisa Diakses Pada Verval PD

Setelah berhasil login ke Verval PD, maka Anda bisa menggunakan menu yang ada di sana, diantaranya sebagai berikut:

1.   Home atau Beranda

Pada home, Anda akan melihat diagram lingkaran untuk mengetahui validasi data yang telah berhasil dilakukan oleh operator.

2.   Referensi

Menu ini berisi hasil dari verval PD yang dinyatakan telah valid. Contoh data dalam menu ini adalah PDSP-K dan dapodikdasmen.

3.   Residu

Jika ada siswa yang memiliki NISN dengan data yang belum sesuai dengan PDSP-K dan Dapodikdas, akan muncul di menu ini.

Di sinilah Anda juga bisa menemukan menu Belum Memiliki NISN, yang bisa digunakan untuk mendaftarkan NISN peserta didik baru.

BACA JUGA : Memahami Pengertian NISN, Manfaat dan Cara Validasinya

4.   Status Pengajuan Mutasi

Apabila ada operator sekolah yang sedang melakukan pengeditan data, akan tertera statusnya pada bagian ini, Status data apakah sudah atau belum diterima, juga akan ada di sini.

5.   Edit Data

Perbaiki data yang tidak sesuai pada bagian ini. Misalnya untuk mengedit NISN atau identitas siswa yang terkait.

Dalam kasus satu NISN digunakan oleh lebih dari satu orang, klik Edit NISN. Jika yang keliru adalah identitas siswa, maka klik Edit Identitas, lalu isi yang benar dan tekan Validasi Data.

Setelah melakukan validasi data, Anda akan diminta mengunggah dokumen pendukung sebagai bukti. Contoh dokumen pendukung yang bisa digunakan untuk update data ini adalah Akte Kelahiran atau Kartu Keluarga (KK). Pastikan format yang digunakan adalah JPEG, PNG atau JPG.

Berbagai menu tersebut bisa diakses untuk segala kepentingan perubahan data peserta didik. Dengan demikian, Anda bisa lebih tenang karena semua data peserta didik sudah sesuai.

Optimalisasi Untuk Kepentingan Siswa dan Sekolah

Jika posisi Anda adalah sebagai seorang operator sekolah, maka jangan lupa untuk selalu melaksanakan verifikasi di situs resmi verval PD.

Harapannya, tidak ada lagi data yang keliru saat seorang peserta didik mengikuti ujian nasional atau telah lulus dari sekolah. Ini juga dapat mengurangi beban kerja tambahan yang mungkin muncul di kemudian hari karena kesalahan input data.

Kedisiplinan operator sekolah melakukan verval PD, verval SP maupun verval PTK akan memudahkan administrasi sekolah. Tidak hanya sekolah, siswa juga akan mendapatkan keuntungan dari keabsahan data yang telah diupdate secara berkala.