Mengenal Program PIP SMK dan Cara Mendapatkannya

PIP SMK
PIP SMK

PIP SMK merupakan program pemerintah untuk menyalurkan dana pendidikan bagi siswa kurang mampu di jenjang SMK. Setiap pemegang KIP berhak untuk mendapatkan PIP.

PIP merupakan program Indonesia Pintar yang dicanangkan oleh Presiden Joko Widodo. Program ini bertujuan agar semua rakyat Indonesia dapat bersekolah secara gratis. Setiap jenjang sekolah mendapatkan PIP termasuk jenjang SMK, PIP SMK ini setara dengan PIP SMA.

Penjelasan Pelaksanaan Program PIP SMK

Penjelasan Pelaksanaan Program PIP SMK
Penjelasan Pelaksanaan Program PIP SMK

PIP adalah program pemerintah yang diawali dengan pembagian KIP atau Kartu Indonesia Pintar. Kartu ini diberikan kepada siswa kurang mampu mulai dari jenjang SD sampai dengan SMA dan sederajat.

Program Indonesia pintar ini berbeda dengan BOS ataupun bantuan lainnya yang ditujukan langsung ke sekolah.

PIP diberikan kepada siswa berupa uang tunai setiap tahunnya. Uang ini diharapkan nantinya digunakan sebagai bekal untuk membeli peralatan sekolah dan berbagai keperluan sekolah lainnya.

Untuk jenjang SMA dan SMK sederajat siswa akan mendapatkan uang tunai dari PIP sebesar 1 juta rupiah.

Uang ini diberikan secara langsung kepada siswa melalui rekening siswa. Pelaksanaan teknis pembagian dan lainnya diatur lebih lanjut oleh pemerintah daerah dan sekolah.

Cara Mendaftar PIP SMK dengan KIP atau Tanpa KIP

Cara Mendaftar PIP SMK dengan KIP atau Tanpa KIP

Anak yang memegang KIP berhak untuk mendapatkan PIP sesuai dengan jenjang pendidikannya. Adapun cara mencairkan kartu indonesia pintar yaitu :

  1. Pertama, Anda harus melaporkan ke sekolah bahwa anak Anda mempunyai KIP.
  2. Kemudian, nomor KIP akan dimasukkan ke data Dapodik sekolah untuk diusulkan ke dinas pendidikan setempat.
  3. Selanjutnya, dinas pendidikan akan melakukan verifikasi data dan menunjuk lembaga penyalur seperti bank untuk mencairkan dana PIP.
  4. Lalu, lembaga penyalur yang ditunjuk akan melakukan koordinasi dengan dinas dan sekolah terkait SK penerima dana PIP.
  5. Setelah itu, SK didistribusikan ke pihak orang tua atau siswa melalui sekolah.
  6. Jika orang tua ini sudah mendapatkan SK ini maka bisa langsung datang ke pihak penyalur dana. Jadi, pencairan dana ini tidak melibatkan pihak sekolah.

Pihak sekolah dan dinas hanya membantu dalam hal menerbitkan SK untuk pencairan dana PIP.

Untuk mendapatkan PIP ini tidak hanya anak yang mempunyai KIP saja. Anak dari keluarga yang memegang kartu keluarga sejahtera juga bisa mendapatkannya.

Berikut ini adalah alur mendapatkan PIP untuk yang tidak mempunyai KIP :

  1. Orang tua atau siswa mendaftarkan diri ke sekolah untuk dijadikan calon penerima dana PIP. Dalam pendaftaran ini orang tua harus menunjukkan SKTM atau surat keterangan tidak mampu.

Surat ini bisa dibuat di kantor kelurahan.

  1. Setelah mendaftar ke sekolah, berkas-berkas seperti kartu pra sejahtera dan surat keterangan tidak mampu akan diajukan kepada dinas pendidikan kota atau kabupaten.

Dinas akan memberikan surat usulan untuk diverifikasi oleh Kemendikbud.

  1. Jika sudah terverifikasi maka dinas akan menerbitkan SK yang nantinya digunakan oleh orang tua mengambil dana PIP di lembaga penyalur.

Pengambilan dana PIP ini harus dilakukan oleh orang tua dengan melampirkan bukti kartu keluarga, ktp, dan KIP. Yang paling penting SK dari dinas yang menyatakan bahwa Anda penerima PIP harus dibawa.

Bagi pemegang KIP, kartu ini juga harus dibawa pada saat akan melakukan pencairan dana.

Cara Pengaduan Penerimaan PIP SMK

Cara Pengaduan Penerimaan PIP SMK

Program indonesia pintar ini juga meluncurkan sebuah aplikasi berbasis web yang bisa diakses oleh masyarakat. Dalam aplikasi ini, Anda bisa mengadukan semua hal yang berkaitan dengan pembagian PIP. Misalnya saja, ada PIP yang salah sasaran atau ada pengurangan dana.

Aplikasi PIP ini menyediakan berbagai layanan yang bisa digunakan oleh dinas pendidikan kabupaten atau kota dan provinsi untuk cek data penerima PIP. Untuk mengakses layanan ini harus menggunakan password dan email yang didapatkan khusus.

Para orang tua dan masyarakat umum hanya bisa menggunakan layanan pengaduan saja. Untuk melakukan pengaduan Anda harus cek PIP di website pipsmk.ditpsmk.net. Melalui website ini Anda bisa melakukan pengaduan dengan cara mengisi kolom pengaduan.

Adapun cara melakukan pengaduan melalui website PIP ini adalah :

  1. Buka website PIPSMK disini melalui browser laptop ataupun handphone.
  2. Pilih menu Pengaduan PIPSMK dan Anda akan dibawa ke halaman web khusus pengaduan.
  3. Selanjutnya Anda akan diminta mengisi data pelapor yang meliputi nama lengkap, alamat lengkap, nama sekolah, dan nomor handphone serta email yang masih aktif.
  4. Kemudian, Anda perlu mengisi kategori aduan yang akan dilaporkan. Kategori aduan ini meliputi daftar nama penerima kartu Indonesia pintar, kartu hilang, dan lain sebagainya.

Jika kategori laporan Anda tidak ada, maka Anda bisa memilih lain-lain.

  1. Lalu, Anda tuliskan judul aduan dan aduan pada kolom yang sudah disediakan.
  2. Jika Anda sudah merasa yakin, pilih menu kirim. Aduan Anda sudah masuk dan Anda akan dihubungi melalui telepon ataupun email.

Keberadaan PIP SMK ini sangat membantu guna penyaluran dana yang tepat sasaran. Dengan adanya PIP semua anak di Indonesia mempunyai kesempatan yang sama untuk bersekolah.