Mengenal Dapodik Online, Cara Pengoperasian, Fungsi dan Manfaatnya

Dapodik Online
Dapodik Online

Mengenal Dapodik Online, Cara Pengoperasian, Fungsi dan Manfaatnya – Dapodik merupakan singkatan dari data pokok pendidikan.

Ini merupakan sistem yang dibuat oleh pemerintah di bawah Departemen Pendidikan Nasional, yang saat ini bernama Kementrian Pendidikan Indonesia, yang digunakan untuk membentuk perencanaan pendidikan di Indonesia.

Di dalamnya mencakup kurikulum sekolah, data siswa, data guru, data karyawan, sarana dan juga prasarana yang terdapat di sekolah di dalam negeri maupun sekolah milik Indonesia di luar negeri.

Terdapat beberapa kali perubahan dalam pengelolaan dapodik. Pertama kali dibentuk pada tahun 2006, dapodik berada dibawah Biro PKLN Departemen Pendidikan Nasional.

Pengelolaan kemudian dialihkan ke PSP Balitbang Depdiknas pada tahun 2010. Supaya pemeintah mendapatkan data dapodik ini, pengumpulan didelegasikan kepada dinas Pendidikan di tingkat provinsi, kota dan sekolah masing-masing. Saat sudah terkumpul baru kemudian dikirimkan ke pusat.

Sayangnya, proses panjang itu memakan waktu dan sering kali ketika ada kesalahan data sulit untuk segera diperbaiki.

Akan tetapi, saat ini pengisian, pengumpulan serta mengetahui data dapodik tidak sesulit dulu. Setiap sekolah bisa mengakses informasi ini melalui dapodik online.

Dengan adanya data online ini memudahkan bagi semua pihak, baik pemerintah maupun yang menjalankan Pendidikan di sekolah.

Cara Mengoperasikan Aplikasi Dapodik Online

Cara Mengoperasikan Aplikasi Dapodik
Cara Mengoperasikan Aplikasi Dapodik

Pada awal penetapan pengerjaan data pokok pendidikan online, input data dari masing-masing sekolah dilakukan oleh salah seorang guru atau tenaga pendidik yang ditunjuk khusus.

Demi keefisienan dan keefektifan pengumpulan data maka beberapa tahun belakangan ini sudah ada petugas yang memang dipekerjakan untuk melakukan pengisian dapodik ini.

Orang tersebut dikenal sebagai operator sekolah dan ini sudah menjadi satu profesi penting di dalam lembaga pendidikan.

Untuk mempermudah pengisian dapaodik, maka saat ini sudah banyak aplikasi atau program dapodik. Dengan adanya aplikasi dan program ini akan memudahkan dalam pengerjaan karena sudah terstruktur.

Cara mengoperasikan aplikasi ini terbilang cukup mudah. Namun sebelum itu, persiapkan dulu peralatan yang dibutuhkan.

Operator harus memiliki laptop atau komputer, koneksi internet (baik menggunakan modem atau wifi) dan aplikasi dapodik. Ketika aplikasi sudah terinstal pengisian dapodik secara online sudah bisa dilaukan.

Data Utama Dapodik Online

Data Utama Dapodik
Data Utama Dapodik

Data yang diisikan oleh operator sekolah pada aplikasi dapodik online terbilang cukup banyak. Namun, data utama pengisi dapodik tersebut hanya terdiri dari tiga bagian saja. Data pertama adalah NPSN atau Nomor Pokok Sekolah Nasional.

NPSN merupakan sebuah sistem identifikasi sekolah menggunakan penomoran khusus dan tunggal yang akan dimiliki sekolah tersebut seumur hidup. Nomor ini diberikan kepada seluruh sekolah mulai dari jenjang dasar hingga jenjang perguruan tinggi.

Sumber kedua adalah NISN atau Nomor Induk Siswa Nasional. Sesuai namanya ini merupakan sistem penomoran untuk mendata seluruh siswa yang ada di sekolah.

Penomoran ini berlaku seumur hidup selama siswa tersebut bersekolah dan berlaku dari pendidikan dasar hingga menengah. Nomor ini bisa juga dimanfaatkan ketika masuk ke perguruan atau pendidikan yang lebih tinggi.

Data utama terakhir untuk mengisi dapodik adalah Nomor Unik Pendidik dan Tenaga Kependidikan (NUPTK). Selain sekolah dan siswa, tenaga pendidikan dan kependidikan juga memiliki nomor khusus.

Nomor ini berfungsi untuk mendapatkan tunjangan, pendidikan lanjutan, sertifikasi dan lainnya. Selain dari data-data tersebut, dalam dapodik juga bisa ditemukan profil sekolah dan hal-hal lain terkait sekolah tersebut.

Fungsi dan Manfaat Dapodik

Fungsi dan Manfaat Dapodik
Fungsi dan Manfaat Dapodik

Dapodik bukan hanya sekedar mengumpulkan data. Kumpulan data yang ada kemudian digunakan untuk membuat program pengembangan institusi atau lembaga pendidikan dalam rangka mewujudkan masyarakat Indonesia yang cerdas dan kompetitif.

Secara lebih rinci, fungsi adanya dapodik online ini adalah untuk memudahkan pengumpulan data dan mengembangkan program pemerintah terutama di bidang pendidikan.

Sedangkan beberapa manfaat dari adanya dapodik ini adalah untuk membuat alokasi dana BOS untuk masing-masing sekolah sesuai data siswa yang terdaftar.

Selain untuk siswa, manfaat adanya dapodik ini juga mempermudah dalam mengalokasikan penerima tunjangan guru yang sudah memenuhi syarat.

Data ini juga berfungsi untuk membuat mengalokasikan sarana dan prasarana yang fasilitasnya belum memadai.

Dapodik online juga membantu dalam melakukan pengajuan serta perbaikan data kelembagaan sekolah dengan proses yang lebih cepat. Juga membantu dalam pengajuan dan VerVal (verifikasi dan validasi) NUPT, NISN dan NPSN.

Adanya data ini juga akan memudahkan dalam penyebaran dan pemerataan tenaga pendidik ketika ada penerimaan guru baru.

Dan yang terakhir adalah untuk memonitoring dan mengevaluasi kebijakan dan program pemerintah di bawah Kemendikbud.

BACA JUGA : Cara Cek Data Mahasiswa dan Perguruan Tinggi di Forlap Dikti

Cara Memeriksa Dapodik Online

Cara Memeriksa Dapodik
Cara Memeriksa Dapodik

Jika ingin memeriksa status dapodik dari sekolah tertentu maka bisa dilakukan dengan membuka situs Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia.

Cari sekolah yang dimaksud berdasarkan wilayah provinsi, kabutan dan juga kecamatan.  Jika sudah muncul keterangan data berhasil diproses maka dapodik sudah diterima.

Jika yang muncul adalah cek konversi maka itu berarti data masih dalam proses sinkronisasi. Namun jika keterangan masih kosong maka bisa dipastikan pengiriman data gagal.

Dengan adanya dapodik online bisa memudahkan proses pendataan baik bagi pihak sekolah dan juga pihak pemerintah.

Dapodik juga membantu semua sekolah serta jajaran yang ada di dalamnya mendapatkan kesempatan berkembang yang sama.