Mengenal Dapodik 2020 dan Perannya dalam Pendidikan

Mengenal Dapodik 2020 dan Perannya dalam Pendidikan
Mengenal Dapodik 2020 dan Perannya dalam Pendidikan

Mengenal Dapodik 2020 dan Perannya dalam Pendidikan – Mendengar kata Dapodik pasti langsung mengetahui bahwa yang dimaksud adalah urusan dalam bidang pendidikan.

Benar, dapodik berarti data pokok pendidikan dasar dan menengah. Istilah ini sangat sering disebut di kalangan tenaga pendidik.

Pasalnya Dapodik merupakan bagian dari program perencanaan nasional yang bertujuan untuk membangun Indonesia melalui pendidikan yang cerdas, komptetitif dan selalu mengikuti perkembangan zaman.

Karena merupakan bagian dari perencanaan, keberadaan Dapodik menjadi hal yang sangat penting. Tanpa ada Dapodik sama artinya pendidikan di Indonesia berjalan tanpa ada perencanaan.

Tanpa ada Dapodik, semua rencana di bidang pendidikan bisa melenceng jauh yang akhirnya tidak mencapai tujuan.

Sifatnya yang sangat penting membuat dapodik wajib dipahami dan diketahui oleh semua orang yang berkecimpung di dunia pendidikan, baik sebagai pendidik maupaun tenaga kependidikan.

Memahami Definisi Dapodik 2020

Memahami Definisi Dapodik
Memahami Definisi Dapodik

Bersama dengan terjadinya perubahan dalam internal kementerian pada tahun 2012, terjadi juga perubahan nama menjadi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Pada tahun tersebut, sistem Dapodik dilanjutkan dengan oleh PDSP Kemendikbud Republik Indonesia. Hingga sekarang, Dapodik masih tetap difungsikan dan menjadi bagian dari perencanaan pendidikan di Indonesia serta belum ada wacana untuk perubahannya.

Dapodik 2020 masih menjadi data pokok nasional yang menjadi acuan berbagai kebijakan di bidang pendidikan.

Permendikbud Nomor 79 tahun 2015 tentang Data Pokok Pendidikan dan Instruksi Menteri Nomor 2 Tahun 2011 tentang pengelolaan data pokok pendidikan merupakan dasar hukum adanya Dapodik.

Latar belakangnya adalah kebutuhan data yang semakin kompleks dan keterbatasan pengumpulan data dengan cara manual.

Dengan adanya Dapodik, dapat terserap semua data pendidik dari seluruh Indonesia tanpa terkecuali dan tanpa membuang waktu serta anggaran seperti jika melakukan pendataan secara langsung.

Sebelum adanya Dapodik, semua unit kerja menyaring data untuk kebutuhan masing-masing. Hasil yang keluar juga berbeda sehingga muncul ketidakseimbangan dalam upaya mengatasi masalah pendidikan di lapangan.

Namun sejak ada Dapodik, data yang didapat bisa seragam dan menyeluruh. Inilah alasan mengapa Dapodik terus dipertahankan sampai sekarang.

Dapodik 2020 juga terus mengalami pembaruan yang disesuaikan dengan perkembangan zaman agar pemanfaatannya semakin tepat sasaran.

Fungsi Dapodik

Fungsi Dapodik
Fungsi Dapodik

Dapodik telah menjadi satu-satunya sumber data yang dijadikan acuan bagi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Karena merupakan data pokok dan satu-satunya, bisa dilihat bahwa Dapodik memiliki peran sangat penting. Seiring bergantinya tahun, fungsi dan peran Dapodik terus mengalami perkembangan.

Berikut adalah beberapa fungsi dan peran Dapodik yang dijelaskan secara lebih rinci.

  • Menentukan Alokasi Dana Bantuan dan Sarana

Setiap sekolah tentu memiliki jumlah peserta didik yang bervariasi. Jumlah itulah yang menjadi acuan untuk menentukan alokasi dana bantuan bagi masing-masing sekolah.

Dapodik 2020 membantu Kemendikbud untuk melihat data ini tanpa harus meninjau langsung. Tidak hanya berupa dana bantuan secara tunai, Dapodik juga dijadikan acuan untuk menentukan bantuan sarana kepada setiap sekolah.

BACA JUGA : Mengenal EMIS Pendis dan Berbagai Fitur di Dalamnya

  • Menentukan Alokasi Tunjangan Guru

Dapodik juga berperan untuk membantu Kemendikbud dalam menentukan alokasi kuota penerima tunjangan guru di setiap sekolah. Guru yang berhak menerima tunjangan tentu adalah guru yang telah memenuhi syarat yang sudah ditetapkan.

Dapodik memberikan data guru ini secara akurat dan nyata tanpa adanya rekayasa dari pihak sekolah. Pengisian Dapodik juga mendapat pengawasan dari semua tenaga pendidik dan kependidikan.

  • Memudahkan Pengajuan Verval

Pendidik dan tenaga kependidikan perlu dicatat dalam data dan data itu harus melalui proses verval alias verifikasi dan validasi. Dapodik membantu proses tersebut menjadi lebih mudah.

Termasuk dalam proses pengajuan verval bagi data peserta didik, Dapodik 2020 juga mengambil peran penting. Sehingga semua data baik dari pendidik, tenaga kependidikan maupun peserta didik akan tercatat secara nasional.

  • Membantu Proses Monitoring

Dapodik juga berperan dalam mempercepat proses monitoring terhadap berbagai kebijakan yang telah ditetapkan. Program-program yang telah dijalankan juga bisa dievaluasi dengan bantuan Dapodik.

Sehingga akan diperoleh laporan yang detail dan akurat tentang semua perkembangan yang terjadi. Dapodik juga bisa mengurangi risiko adanya penyimpangan atau pelanggaran dari pihak tertentu.

Cara Pengoperasian Dapodik 2020

Cara Pengoperasian Dapodik
Cara Pengoperasian Dapodik

Sebagai master data, fungsi Dapodik berjalan bersama dengan sistem pengumpulan data lain. Untuk pengoperasiannya, Dapodik dijalankan oleh operator sekolah dengan bantuan sambungan internet.

Maka dari itu, alat yang perlu dipersiapkan adalah perangkat komputer atau laptop yang mendukung. Pada tahap awal, operator harus melakukan registrasi atas nama sekolah.

Selanjutnya, operator bisa melakukan log in untuk mengisi data, mengubahnya maupun menyimpannya.

Peran Dapodik 2020 dalam dunia pendidikan ternyata membawa dampak besar bagi perubahan. Semua bentuk perkembangan jadi lebih nyata karena data yang didapat akurat dan jelas.

Program pemerintah dalam memajukan pendidikan di Indonesia juga semakin terlihat nyata. Secara berkelanjutan, Dapodik pasti akan terus dikembangkan dan disesuaikan dengan kebutuhan zaman.

Di masa depan, pendidikan Indonesia diharapkan mampu semakin baik dengan adanya sistem pendukung seperti Dapodik ini.