Mengenal BPJS Kesehatan Mulai dari Syarat Hingga Cara Klaim

BPJS Kesehatan
BPJS Kesehatan

Mengenal BPJS Kesehatan mulai dari mengetahui syarat, jumlah Iuran, cara mendaftar, cek keanggotaan, hingga cara mengklaim ke rumah sakit dengan benar.

BPJS Kesehatan merupakan salah satu upaya pemerintah untuk memperbaiki standar dan pelayanan kesehatan di Indonesia. Cara pendaftaran dan berkas yang diperlukan untuk mendaftar telah dipermudah.

Seluruh masyarakat Indonesia bisa dengan mudah dan menyesuaikan kelas pelayanan yang diinginkan.

Syarat Mendaftar BPJS Kesehatan

Syarat Mendaftar BPJS Kesehatan

Syarat yang diperlukan untuk menjadi peserta BPJS tidaklah sulit, hanyalah berkas-berkas pribadi Anda. Walaupun syaratnya mudah, akan tetapi apabila ada yang kurang, maka Anda harus melengkapinya dan mengulang proses dari awal.

Adapun syarat-syaratnya adalah:

  • Fotokopi KTP/Identitas resmi lain yang masih berlaku
  • Fotokopi kartu keluarga
  • Fotokopi buku tabungan salah satu anggota keluarga yang didaftarkan
  • Pas foto 3×4 berwarna sebanyak 1 lembar

Berkas fotokopi di atas adalah syarat yang harus dibawa dan nantinya dikumpulkan saat mendaftar. Akan tetapi, walaupun semua berkas yang dikumpulkan fotokopi, Anda tetap perlu membawa dokumen yang asli. Dokumen asli ini akan digunakan untuk menilai keaslian syarat yang Anda kirimkan.

Iuran BPJS

Iuran BPJS

Iuran BPJS untuk Kesehatan antara satu peserta dan yang lain berbeda-beda tergantung mana golongan BPJS Anda. Sampai saat ini ada 7 golongan iuran BPJS yang berbeda.

  1. Peserta jaminan kesehatan yang dibiayai oleh pemerintah
  2. Iuran bagi peserta yang bekerja di wilayah BUMN, BUMD< =sebesar 5%
  3. Iuran bagi TNI, Polri, yang bekerja pada pemerintahan 5%
  4. Iuran bagi keluarga tambahan pekerja yang terdiri dari 4 anak dibayar oleh pemberi kerja
  5. Iuran BPJS Kesehatan yang harus dikeluarkan masing-masing individu guna membayar BPJS. Tergantung mana kelas atau perawatan yang diambil, apakah kelas 1, kelas 2, atau kelas 3.

Perawatan kelas 1 harus membayar Rp 160.000, setiap bulannya untuk menikmati fasilitas premium. Sedangkan fasilitas kedua yang harus dibayarkan adalah Rp 110.000,00.

Lalu untuk status ke 3 dimana peserta akan mendapatkan perawatan ruang kelas 3, biaya yang dibayarkan hanya Rp 42,000,00 rupiah saja.

  1. Iuran bagi veteran, dan perintis kemerdekaan, ditetapkan sebanyak 5%
  2. Pelunasan untuk semua item paling lambat tanggal 10 setiap bulannya

Cara Mendaftar BPJS Kesehatan

Cara daftar BPJS Kesehatan online sangatlah mudah sama seperti cara mendatar pelayanan SIM secara langsung. Pertama yang harus disiapkan tentu saja koneksi internet yang stabil dan jelas. Setelah itu silahkan lihat cara selengkapnya di bawah ini ya :

  1. Melakukan pendaftaran di kantor BPJS Kesehatan terdekat dengan membawa semua syarat yang diperlukan.
  2. Isi semua pertanyaan yang ada di formulir
  3. Memilih kelas perawatan mana yang dibutuhkan
  4. Menyerahkan formulir pendaftaran pada staf yang berada di depan
  5. Setelah formulir diserahkan pada petugas
  6. Menunggu dipanggil untuk mendapatkan nomor antrian
  7. Mendapatkan nomor antrian virtual
  8. Melakukan pembayaran BPJS pertama

Cara di atas merupakan cara pendaftaran dengan langsung datang ke kantor BPJS. Apabila Anda ingin mendaftar secara online, sebenarnya caranya sama saja.

  1. Buka situs resmi BPJS
  2. Pilih tombol daftar dan tunggu sampai proses selanjutnya
  3. Mengisi formulir pendaftaran secara online
  4. Melengkapi formulir kesehatan yang belum terisi
  5. Pilih kelas mana yang akan dipilih
  6. Melengkapi data yang berupa alamat email, rekening, dan tentang keluarga
  7. Pastikan ukuran file yang dipilih sesuai dengan kriteria
  8. Aktivasi akun telepon

BACA JUGA : Syarat-syarat, Iuran dan Cara Klaim BPJS Ketenagakerjaan

Cara Cek Keanggotaan BPJS

Apabila sudah resmi terdaftar sebagai anggota BPJS apalagi sudah mulai membayar, lantas bagaimana mengecek keanggotaannya?

Untuk mengecek keanggotaan BPJS program kesehatan ini caranya sangat mudah, ada 3 cara yang bisa digunakan.

  1. Website

Cara mengecek menggunakan website bisa dibilang cara yang mudah. Ini karena sudah ada link khusus yang menuju ke sana, jadi tidak perlu mencari-carinya lagi.

Anda hanya perlu masuk ke laman informasi BPJS, kemudian cek identitas Anda dengan memasukan data pribadi. Data yang dimaksudkan adalah nama, nomor peserta, status akun, dan berapa anggota keluarga yang terdaftar.

  1. SMS

Cara berikutnya yang tidak kalah mudah adalah dengan mencocokkannya dengan nomor BPJS yang didapat. Anda cukup menuliskan nomor identitas kartu BPJS dengan format Tagihan(spasi)Nomor BPJS. Kirim format sms tersebut ke nomor 087775500400.

Penulisan format harus sama persis agar sms yang Anda kirim terdeteksi. Apabila balasan yang Anda terima format sms salah, bisa mengirim pesan HELP ke nomor tadi agar diberitahu format sms yang benar.

Untuk cek nomor BPJS Kesehatan dengan nik sebenarnya juga bisa.

  1. Aplikasi

Pemerintah juga membuat aplikasi khusus untuk hal ini dalam bentuk kartu JKN yang bisa diunduh secara gratis. Aplikasi kartu JKN ini bukan bukan sekedar aplikasi untuk melihat nomor BPJS saja, tetapi ada banyak hal di dalamnya.

Misalnya saja Anda bisa melihat dimana lokasi fasilitas kesehatan terdekat yang dibutuhkan. Selain itu Anda juga bisa melihat rincian berapa bayar BPJS setiap bulannya.

Cara Klaim BPJS

Untuk bisa mengklaim BPJS apabila ingin berobat di rumah sakit, Anda harus mengunjungi fasilitas kesehatan tingkat pertama.

Di Faskes pertama Anda hanya perlu menunjukan kartu BPJS apabila ingin berobat. Kemudian dari Faskes 1 baru meminta surat rujukan supaya bisa berobat di rumah sakit.

Klaim BPJS tidak akan berlaku apabila Anda langsung ke rumah sakit tanpa melewati faskes 1, terkecuali keadaan darurat. Untuk mengetahui aturan terbaru seputar klaim, jangan lupa juga untuk memantau peraturan BPJS Kesehatan terbaru di website resminya.

Itu dia berbagai informasi penting yang perlu Anda ketahui mengenai BPJS Kesehatan. Semoga informasi ini bermanfaat.