Sangat Efisien! Layanan Pajak Online Oleh DJP Online

Sangat Efisien! Layanan Pajak Online Oleh DJP Online
Sangat Efisien! Layanan Pajak Online Oleh DJP Online

Sangat Efisien! Layanan Pajak Online Oleh DJP Online. Direktorat Jenderal Pajak menerapkan pelayanan pajak online untuk terus memudahkan wajib pajak dalam melaksanakan tanggung jawabnya.

Dewasa ini, layanan pemerintah mulai menerapkan sistem online untuk memudahkan masyarakat dalam mengakses fasilitas yang telah disediakan.

Dalam hal ini, layanan pajak online juga mulai digalakan sebagai langkah optimalisasi pelayanan untuk para pengguna.

Hal tersebut dimulai dengan diluncurkannya official website milik Direktorat Jenderal Pajak yaitu https://www.pajak.go.id/. Di situs pajak online ini, tersedia banyak informasi seputar perpajakan dan juga aplikasi layanan pajak oleh DJP Online.

Ada beberapa pelayanan pajak secara online yang bisa Anda dapatkan, berikut beberapa diantaranya:

E-Registration

Anda bisa daftar pajak online menggunakan fasilitas ini. Untuk menjadi wajib pajak, Anda perlu memiliki NPWP dan bisa mendaftar dengan mudah secara online.

Tidak hanya mendaftar NPWP, beberapa layanan lain seperti untuk penghapusan NPWP, mengubah data, pengukuhan pengusaha kena pajak dan penghapusan pengusaha kena pajak juga bisa dilakukan dalam fasilitas ini.

Untuk mendaftar NPWP secara online, Anda bisa mengunjungi situs https://ereg.pajak.go.id/daftar. Formulir bisa langsung Anda isi secara online. Semua berkas yang perlu dilampirkan juga bisa Anda unggah secara online dengan cara discan.

Pastikan Anda mengisi formulir dengan benar dan melengkapi semua berkas yang dibutuhkan. Jika Anda salah dalam pengisian atau ada berkas yang kurang, Anda akan diminta untuk melakukan registrasi ulang.

Nantinya jika disetujui NPWP akan dikirim secara langsung ke alamat Anda.

E-Billing

Dengan aplikasi ini, Anda bisa melakukan pembayaran pajak melalui Internet Banking maupun ATM. Sistemnya bisa diakses selama 24 jam. Anda sebagai wajib pajak akan lebih efektif dalam melakukan pembayaran pajak.

Tutorial resmi Cara lapor pajak online 2020 bisa Anda lihat di https://www.pajak.go.id/lapor-tahunan.

Pada E-Billing, Anda akan diminta untuk mengisi Surat Setoran Elektronik (SSE) Pajak di situs https://djponline.pajak.go.id/ dan melakukan proses pembayaran pajak. Selain bisa untuk membayar Pajak Penghasilan (PPh), DJP Online juga sudah menyediakan fasilitas untuk membayar pajak online kendaraan bermotor.

BACA : Pengertian SPT Online, Cara Daftar Dan Petunjuk Pelaporannya

E-SPT

Seorang wajib pajak harus melaporkan kewajiban pajaknya pada direktorat jenderal pajak. Pelaporannya tercantum dalam suatu form yang bernama SPT. Dengan fasilitas ini, Anda bisa mengisi formulir SPT dengan lebih efisien secara online.

Tidak perlu repot-repot menggunakan kertas.

E-Filing

Setelah mengisi SPT, wajib pajak harus melaporkan SPT tersebut pada Direktorat Jenderal Pajak. Dengan aplikasi E-Filing, Anda bisa melaporkan pajak online secara real time. Anda bisa terhindar dari padatnya antrean di Kantor Pelayanan Pajak.

Pastikan Anda melaporkan SPT tepat waktu, setidaknya sebelum tanggal 31 di bulan Maret untuk tiap tahunnya. Layanan ini bisa Anda akses dengan mengunjungi situs https://djponline.pajak.go.id/.

E-Faktur

Pengusaha Kena Pajak (PKP) yang dalam pelaksanaan usahanya dikenakan PPN, diwajibkan untuk mengeluarkan faktur pajak. Transaksi pada Barang Kena Pajak dan juga Jasa Kena Pajak harus dilaporkan dalam faktur pajak tersebut.

E-Faktur menjadi bukti pungutan pajak yang bisa diterbitkan dengan metode online.

Format E-Faktur diterbitkan langsung oleh Direktorat Jenderal Pajak. Jadi secara format akan seragam.

E-Faktur sendiri diterbitkan melalui aplikasi khusus yang harus diinstal pada komputer milik wajib pajak. Aplikasinya bisa di download di https://efaktur.pajak.go.id/aplikasi. Ada spesifikasi minimal komputer untuk menginstal aplikasi ini, pastikan komputer Anda memenuhinya.

E-Nofa Online

Untuk bisa mengakses e-Faktur, Anda membutuhkan Sertifikat Elektronik. Cara mendapatkannya adalah dengan meminta Nomor Seri Faktur Pajak menggunakan aplikasi  e-NOFA ini.

Untuk mendapatkan Nomor Seri Faktur Pajak, Anda hanya perlu mengunjungi situs http://efaktur.pajak.go.id dan mengikuti langkah-langkahnya.

Layanan Pengaduan Pajak Online

Proses penerapan sistem secara online, pasti akan menimbulkan beberapa masalah. Mulai dari kebingungan user dalam penggunaan hingga masalah eror lain. Melalui www.pajak.go.id, Anda bisa mendapatkan berbagai informasi lengkap dan juga layanan pengaduan.

Layanan pengaduan tidak hanya bisa diakses melalui telepon, bisa juga melalui fasilitas online seperti fitur live chat hingga akun sosial media yang siap memberikan jawaban pada semua keluhan dan pertanyaan.

Menggunakan Fasilitas DJP Online

DJP Online bisa Anda akses dengan terlebih dahulu melakukan registrasi. Untuk melakukan registrasi, Anda perlu terlebih dahulu mendapatkan kode e-FIN pajak.

Setelah mendapatkan kode e-FIN, Anda baru bisa melakukan registrasi di https://djponline.pajak.go.id/.

Pajak sangat dibutuhkan bagi negara. Pajak menjadi salah satu pendapatan utama negara. Dari pajak inilah pembangunan negara bisa berlangsung.

Maka dari itu, pemerintah terus mendorong warga negara wajib pajak untuk bisa mendukung hal ini. Pemerintah terus meningkatkan sistem DJP Online ini agar tidak mengalami hambatan yang berarti.

Dengan perkembangan yang terus dilakukan, pengurusan Pajak Online oleh wajib pajak bisa semakin dimudahkan. Hal ini diharapkan bisa mendorong wajib pajak untuk semakin bertanggung jawab dalam memenuhi kewajibannya membayar pajak.

Semoga tulisan ini bermanfaat dan menjadi penggerak untuk mereka yang telah memenuhi syarat wajib pajak untuk bersegera melakukan pembayaran online.