Langkah Dan Cara VERVAL PTK (Update 2020)

Verifikasi PTK
Verifikasi PTK

Apakah Anda bingung bagaimana cara verifikasi PTK? Berikut kami jabarkan langkah dan cara verval PTK dengan bahasa yang mudah dipahami dan gampang dipraktekkan.

Verval PTK adalah kepanjangan dari Verifikasi dan Validasi untuk Pendidik dan Tenaga Kependidikan. Verval PTK adalah layanan kelanjutan dari dapodik yang bisa dilakukan oleh operator dapodik di tingkat kota atau kabupaten secara daring. dalam tulisan kali ini, Anda akan mempelajari bagaimana cara dan langkah verval PTK.

Cara-cara di bawah ini bisa dilakukan untuk verifikasi data baru, maupun verifikasi data lama bagi PTK yang mengalami masalah dengan data pribadi maupun NUPTK. MIsalnya data pribadi yang tidak sesuai dengan data di lapangan atau NUPTK yang salah. Silahkan baca langkah verval berikut dengan seksama agar tidak keliru di tengah jalan.

Pembagian Verval PTK

Secara umum verval PTK dibagi menjadi dua. Yakni Verval PTK tingkat sekolah, dan verval  tingkat kota atau kabupaten. Berikut penjelasan lengkapnya.

1. Verval PTK Sekolah

Verval PTK Tingkat Sekolah dilakukan oleh operator Dapodik online tingkat sekolahan. kewajiban dari operator ini adalah mengajukan perbaikan data pada PTK yang mengalami kesalahan. Selain itu, Ia juga wajib mengunggah foto pengajar di sekolah masing-masing.

2. Verval PTK Kota atau Kabupaten

Verval PTK Tingkat Kota atau Kabupaten dilakukan oleh operator Dapodik tingkat kota atau kabupaten. Selain memiliki kewajiban yang sama dengan operator Dapodik tingkat sekolahan, operator tingkat ini memiliki tugas lain.

Yakni melakukan pengajuan NUPTK baru (tentunya yang sesuai dengan syarat yang berlaku di kabupaten atau kota tersebut). Selain itu juga ikut menyaring NUPTK ganda di sekolah tingkat kota atau kabupaten.

Langkah dan Cara untuk Verifikasi Data yang Salah

1. Masuk ke url http://vervalptk.data.kemdikbud.go.id.

Di web ini, operator dapat memasukan username dan password yang Anda miliki. Selanjutnya Anda akan sampai pada menu data PTK. Di sini, Anda bisa mengakses menu Perbaikan nya tinggal arahkan kursor mouse anda pada menu perbaikan.

2.Pilih “perbaikan data…”

Hal ini untuk memperbaiki data individu NUPTK yang salah. Anda bisa memilih PTK yang salah dan ingin diperbaiki datanya, lalu silahkan upload KTP/KK untuk dilampirkan pada sistem.

3. Jika status NUPTK sudah diperbaiki, klik “Status perbaikan…”

Di poin ini operator tidak perlu terburu-buru karena sistem membutuhkan waktu untuk mengupdate data yang baru saja di entri. Jadi kalau data telah dimasukkan namun database belum berubah, jangan panik. Ini hanya membutuhkan beberapa hari saja, sebab memerlukan persetujuan oleh operator Kemendikbud.

Bagaimana cara memantau status pengajuan NUPTK? Operator bisa melihat proses pengajuannya di menu NUPTK.

4. Klik Calon Penerima NUPTK.

Langkah ini adalah untuk melihat siapa saja yang sudah masuk pengajuan. Artinya disini adalah pengajuan berkas sudah dilakukan di Dinas, dan Anda selalu bisa memantau prosesnya apakah sudah masuk dalam calon penerima NUPTK atau belum.

5. Klik Status Penerima NUPTK.

Langkah ini untuk melihat progress pengajuan NUPTK barunya. Kalau tidak ada masalah, bisa lanjut ke langkah berikutnya.

BACA : Keunggulan, Kewajiban dan Troubleshooting Akun Simpatika

6. Klik Penutupan NUPTK untuk menonaktifkan NUPTK.

Langkah ini diperuntukan bagi PTK yang sudah non aktif, pensiun, wafat, atau memiliki NUPTK lebih dari satu. Bila tidak ada PTK yang seperti ini, langkah poin 6 bisa dilewati.

7. Menu Logout

Gunakan menu ini untuk keluar dari layanan VerValPTK. Tampaknya sangat sederhana. Tapi karena data ini sangat berharga dan penting, sangat disarankan untuk logout ketika operator sudah selesai melakukan tugasnya, agar akun operator tidak dimanfaatkan pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab.

Demikianlah langkah dan cara Verval PTK atau  Verifikasi dan Validasi Pendidik dan Tenaga Kependidikan bagi Operator Dapodik Tingkat Sekolah. Bila ada langkah yang tidak bisa dilakukan, entah karena Dapodik error atau sebab lain, Anda bisa menghubungi operator dapodik di tingkat kota atau kabupaten.

Jangan sungkan untuk bertanya pada operator dapodik tingkat atas. Karena bila ada kesalahan yang dibiarkan begitu saja, akan berakibat pada kesalahan-kesalahan yang lain.

Yang perlu disiapkan untuk Pengajuan NUPTK

Bagi PTK yang ingin mengajukan NUPTK baru, berikut ini adalah berkas yang harus disiapkan. Lengkapi semua persyaratan ini agar pengajuan bisa lancar.

  1. SK PNS/TKK/Honor Daerah (SK Walikota/Bupati) bagi yang bertugas di sekolah negeri, sementara bagi yang di sekolah swasta siapkan SK GTY minimal masa kerja 2 tahun.
  2. Legalisir Ijazah SD/Sederajat, SMP/Sederajat, SMA/K/Sederajat, S1/Akta IV, dan Ijazah terakhir (jika masih ada).
  3. Legalisir SK Tugas Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) tahun pelajaran terbaru atau terakhir (saat ini).
  4. Kartu Tanda Penduduk (KTP) atau Kartu Keluarga (KK)
  5. Pas Foto
  6. Lalu serahkan berkas-berkas tersebut ke Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota masing-masing.

Penutup

Verifikasi PTK sangat penting untuk setiap individu yang tergabung di dalam dunia pendidikan. Dengan verifikasi ini, maka Anda sebagai pengajar atau tenaga pendidikan diakui statusnya dan mendapatkan segala hak, termasuk tunjangan-tunjangan yang disesuaikan dengan level jabatannya.