Jenis dan Cara Penggunaan Verval PTK

Kemendikbud kini membuat aplikasi verval ptk untuk memudahkan pengajuan perubahan data, kenali jenis, cara penggunaan dan cara pengajuan NUPTK.
Verval PTK
Verval PTK

Pendidik dan Tenaga Kependidikan (PTK) kini mendapatkan kemudahan dalam verifikasi kegiatan. Adanya Verifikasi dan Validasi atau lebih dikenal dengan VerVal PTK membuat semua pelaporan dan pengajuan bisa dilakukan secara online.

Hal ini digagas Kemendikbud guna memberikan kemudahan pada setiap tenaga pengajar, sehingga tidak perlu lagi mengajukan laporan panjang dan melelahkan.

Selain itu, adanya operator dapodik mulai dari tingkat sekolah hingga kab/kota, diharapkan memberikan kemudahan akses data.

Jenis – Jenis Verval PTK

Verval sendiri tidak berlaku secara global, setiap PTK akan mendapatkan akses masing-masing. Dimana jenis Verval PTK dibagi menjadi 2, hal ini berdasarkan dari sisi penugas setiap PTK, sebagai berikut :

  1. Verval PTK Operator Sekolah

Verval tingkat terkecil yang dilakukan oleh pihak sekolah sendiri, dimana memberikan kemudahan pada tenaga pengajar. Tugas dari Verval PTK sekolah adalah mengajukan perbaikan data pada NUPTK yang salah dan mengunggah pas foto PTK semua pengajar di sekolah.

  1. Verval PTK Operator Kabupaten / Kota

Verval tingkat kedua yang dikelola Operator dapodik Dinas Pendidikan Kab/Kota. Tugasnya untuk memperbaiki, validasi dan memilah NUPTK pada sekolah induk (jika terjadi NUPTK ganda).

Selain itu, tugas operator dapodik kab/kota adala melakukan pengajuan NUPTK pada sekolah yang layak dan memenuhi persyaratan Kemendikbud.

Cara Penggunaan Verval PTK

Kebanyakan sekolah kebingungan dalam melakukan tugas verval PTK, padahal hanya perlu input data dan masukkan sesuai kebutuhan saja. Berikut ini tahapan cara penggunaan verval PTK :

  • Buka website resmi kemendikbud, pilih ‘vervalptk’
  • Login dengan menggunakan username dan password, pastikan penggunaan untuk sekolah atau PTK pribadi.
  • Pilih ‘pengelolaan’  pada atas halaman utama
  • Pilih ‘pilihan’, tarik drop down dan pilih ‘perbaikan data master’
  • Masukkan data yang kurang atau belum input data sama sekali. Data verval PTK yang dibutuhkan biodata pribadi (nama lengkap, NIK dan keterangan pribadi). Baca sekali lagi data yang sudah di input sebelum ‘unggah’ atau upload data, karena ketika sudah upload dan acc, maka tidak bisa melakukan perubahan.
  • Pilih ‘unggah dokumen’, upload semua data yang dibutuhkan seperti foto terbaik, sertifikasi dan data penting.

Biasanya data dalam bentuk pdf dan JPG, pastikan ukuran kecil saja untuk mengurangi resiko gagal upload atau hanya sebagian, agar sistem tidak menganggap ini sampah dan dihilangkan nantinya.

  • Saat upload dokumen, pastikan semuanya benar, lihat lagi semua lampir dan nantinya akan muncul pop up konfirmasi untuk mengubah data. Jika sudah klik ‘ok’, maka data akan diupload dan tidak bisa dilakukan perubahan kembali.
  • Kurang yakin dengan semua perubahan data yang dilakukan, masih bisa melakukan pengecekan kembali dengan cara, pilih ‘pengelolaan’, pilih ‘drop menu’, pilih status perbaikan data master’. Nantinya akan muncul semua perubahan data dan status, dari sini akan terlihat apakah perubahan sudah disetujui atau ditolak.

Semua proses perubahan atau input data sudah selesai, tinggal menunggu persetujuan dari dapodik kabupaten/ kota, itulah kenapa verval ptk dinas pendidikan kab/ kota dipegang langsung oleh pemda.

Hal ini untuk mengurangi risiko kerusakan atau pencurian data, selain itu PTK juga tidak bisa mengubah data terus menerus, ada ketentuan batasan perubahan data.

Langkah – Langkah Pengajuan NUPTK Bagi PNS dan Non PNS

Kegunaan verval ptk lainnya adalah pengajuan Nomor Unik Pendidik dan Tenaga Kependidikan atau NUPTK, nantinya tendik hanya akan dikeluarkan dinas pendidikan kab/kota, jika sudah terdaftar dan  memiliki akun dapodik.

Jika belum memiliki NUPTK, maka bisa melakukan pengajuan dengan syarat sebagai berikut :

  • Scan kartu pengenal (disarankan KTP masih aktif)
  • Scan Ijazah Sekolah Dasar (SD) hingga jenjang tertinggi
  • Scan SK Penugasan (asli) dari atasan atau kepala sekolah
  • Scan SK pengangkatan PNS atau CPNS, sedangkan untuk GTK non PNS, bisa scan Sk pengangkatan  yang dikeluarkan dari Bupati / walikota / gubernur .

Perhatikan saat scan dokumen, pastikan nomor dan keterangan pengangkatan jelas dan bisa terbaca dengan baik. Selain itu, buat dokumen dalam bentuk pdf dengan ukuran kecil, pasalnya jika terlalu besar tidak akan terbaca sistem dan dianggap spam.

Setelah itu, silahkan lakukan pengajuan NUPTK verval ptk dengan tahapan berikut ini :

  • Buka website resmi kemendikbud, pilih ‘vervalptk’
  • Login dengan akun dapodik PTK masing-masing
  • Pilih ‘NUPTK’ yang terdapat pada bagian atas halaman
  • Pilih pada drop down ‘calon penerima NUPTK’
  • Masukan data-data yang dibutuhkan, pastikan dalam bentuk pdf dan ukurannya kecil. Selain itu, agar data terupload lengkap, sebaiknya kondisikan sambungan internet tetap stabil.
  • Masukkan data tambahan seperti nama ibu kandung, asal sekolah dan data pendukung lainnya yang ada pada form ‘calon penerima NUPTK’.
  • Pastikan semua data yang dibutuhkan sudah terisi, semua dokumen sudah dilampirkan dan cek ulang kembali kebenarannya. Nantinya akan muncul pop up konfirmasi untuk menyimpan secara permanen, pilik ‘ok’.

Tinggal menunggu konfirmasi penerimaan atau approval dari Dinas Pendidikan Kab/kota terkait.

BACA JUGA : Bidikmisi Diubah Jadi KIP Kuliah, Ini Cara Pendaftarannya

Biasanya pengajuan NUPTK tidak bisa sebentar membutuhkan waktu dan sebaiknya sering kali melihat status apakah sudah diterima atau belum.

Bisa jadi nantinya Dinas Pendidikan membutuhkan data tambahan untuk mendukung penerbitan NUPTK.

Kini Anda bisa menikmati sistem aplikasi verval ptk yang lebih mudah, cepat dan tidak mengalami gangguan. Pastikan jika akan update data, usahakan dengan komputer dan sambungan internet stabil.