Informasi Mengenai UNBK 2020, Pelaksanaan dan Perkembangan

UNBK
UNBK

UNBK atau Ujian Nasional Berbasis Komputer merupakan perkembangan dari sistem sebelumnya yang masih menggunakan kertas. Pada tahun 2020 ini, UNBK ditiadakan.

Perkembangan teknologi terjadi sangat pesat. Semua pihak harus bisa menyesuaikan diri dengan hal ini.

Kemendikbud juga turut memanfaatkan teknologi dalam pelaksanaan UN dengan menjalankan program UNBK.

Program ini dimaksudkan untuk mengefisienkan pelaksanaan UN dan meningkatkan mutu pendidikan Indonesia. Pelaksanaan UN yang sebelumnya menggunakan kertas, coba untuk dialihkan menggunakan komputer, dan dikerjakan secara online.

Berikut ini ulasan tentang UN berbasis komputer.

Mengenal UN Berbasis Komputer

Pada dasarnya, UN merupakan alat untuk melakukan evaluasi belajar siswa dalam suatu tingkat pendidikan (SD, SMP, SMA). Evaluasi ini untuk mengukur bagaimana seluruh siswa di tingkat nasional, apakah sudah lulus standarisasi kompetensi atau belum.

Peninjauan tingkat kompetensi para siswa ini, diukur dari nilai beberapa mata pelajaran yang sudah ditentukan.

Sebelumnya, UN dilaksanakan menggunakan kertas atau PCT. Hal ini dirasa tidak efisien lagi jika melihat perkembangan teknologi yang saat ini terjadi.

UNBK adalah perkembangan dari PCT, menerapkan CBT atau computer based test pada UN.

  1. Sejarah Singkat Pelaksanaan

Pada tahun 2014, UN Berbasis Komputer pertama kali diujicobakan pada 2 sekolah yaitu SMP Indonesia Singapore dan SMP Indonesia Kuala Lumpur.

Melihat hasil yang positif, pada tahun 2015 UN Berbasis Komputer mulai diuji cobakan lebih luas pada 556 sekolah. Pada tahun 2016, pelaksanaannya lebih luas lagi yaitu 4.382, dan naik lagi pada tahun 2017 mencapai 30.577.

  • Sistem Pelaksanaan

Sebelumnya, sistem UN Berbasis Komputer dilaksanakan sepenuhnya online. Sayangnya terjadi masalah terkait server pusat yang tidak mampu menampung.

Pada akhirnya sekarang dilaksanakan semi online.

Jadi para siswa akan mengerjakan soal melalui jaringan lokal. Setelah siswa selesai mengerjakan soal, seluruh hasil ujian para siswa ini kemudian akan di upload ke server pusat.

Beberapa sekolah belum memiliki infrastrukturnya yang memadai. Untuk mengatasi hal ini, diberlakukan ujian numpang. Yang mana, sekolah yang tidak memiliki infrastruktur memadai akan mengikuti ujian di sekolah yang infrastrukturnya sudah lebih memadai untuk melaksanakan UN Berbasis Komputer. 

  • Aturan Dasar

Setiap siswa harus tepat waktu masuk ruang ujian. Bagi siswa yang terlambat, hanya bisa mengikuti ujian setelah ketua panitia memberikan izin.

Setiap sesi ujian dilaksanakan dalam waktu dua jam. Waktu pelaksanaan ujian bersifat absolut. Soal akan tertutup otomatis saat waktu sudah habis, dan tidak akan ada perpanjangan waktu.

Siswa tidak boleh membawa gadget dan tas ke ruang ujian.

Manfaat UN Berbasis Komputer

Diterapkannya UN Berbasis Komputer memiliki beberapa manfaat, diantaranya adalah:

  • Meningkatkan mutu ujian nasional.
  • Pelaksanaan yang lebih fleksibel dan lebih efisien
  • Pelaksanaan yang lebih hemat dan lebih cepat
  • Ujian nasional bisa lebih handal digunakan sebagai evaluasi belajar siswa
  • Hasil bisa lebih cepat diumumkan secara detail pada pihak sekolah, siswa dan orang tua siswa.

Ketentuan Bagi Sekolah Penyelenggara

Untuk bisa menyelenggarakan UN Berbasis Komputer, ada beberapa ketentuan yang harus dipenuhi, diantaranya adalah:

  • Pihak Sekolah harus mampu menyediakan Proktor dan Teknisi.
  • Menyediakan komputer server dengan spek minimal sesuai yang ditentukan.
  • Menyediakan komputer client untuk digunakan siswa dengan spek minimal sesuai yang ditentukan. Bisa menggunakan laptop.
  • Mampu menyediakan jaringan internet dengan kecepatan minimal 1 Mbps.
  • Mampu menyediakan jaringan LAN sesuai ketentuan.

UNBK Tahun 2020

Biasanya, sebelum pelaksanaan UN Berbasis Komputer, akan dilaksanakan dulu simulasinya. Hal ini sebagai penyesuaian bagi operator sekolah dan juga siswa.

Dengan simulasi ini, masalah pada hal-hal teknis bisa termonitor lebih dulu dan bisa segera diatasi.

Selain dilaksanakan di sekolah, ada juga simulasi UNBK Erlangga yang dilaksanakan oleh penerbit Erlangga. Simulasi ini tersedia dalam aplikasi Web dan juga aplikasi Android.

Jadwal Simulasi UNBK 2019/2020 dirilis di situs Kemendikbud unbk.kemdikbud.go.id. Jadwal simulasi UNBK 2020 ditentukan oleh Kemendikbud dimulai dari Februari sampai Maret.

Sayangnya, UNBK dihapus atau dibatalkan pada tahun 2020 ini. Hal ini mengingat kondisi pandemi COVID-19. Demi menjaga kesehatan siswa dan menghindari resiko terjangkit virus COVID-19, UN terpaksa dibatalkan.

Sebelum dibatalkan oleh Menteri Pendidikan, UN SMK sempat dilaksanakan pada 16 Maret sampai 19 Maret 2020. Belum semua sekolah melaksanakan UN SMK ini. Baru 729.763 peserta dari 28 Provinsi.

Seharusnya, UN Berbasis Komputer sudah terjadwal dan akan dilaksanakan antara bulan Maret sampai bulan April.

Untuk SMA, sebelumnya diagendakan akan melaksanakan UN Berbasis Komputer pada tanggal 30 Maret sampai 2 April 2020. Sedangkan untuk SMP, agenda pelaksanaannya seharusnya pada 20 April sampai 23 April 2020.

Untuk SMP dan SMA (sederajat) tidak akan menjalankan UN.

Karena tidak ada UN, kelulusan siswa pada akhirnya ditentukan oleh pihak sekolah. Penilaiannya bisa diambil dari Ujian Sekolah atau nilai rapor. Itu dia sedikit ulasan mengenai UNBK, semoga informasi ini cukup bermanfaat.