Informasi Lengkap dan Bagaimana Mengatasi Gagal Login PDUN

Informasi Lengkap dan Bagaimana Mengatasi Gagal Login PDUN
Informasi Lengkap dan Bagaimana Mengatasi Gagal Login PDUN

PDUN merupakan aplikasi online yang berisi daftar calon peserta ujian nasional, didalamnya terdapat data nama, hingga NISN, yang hanya bisa diisi oleh operator.

PDUN merupakan aplikasi online yang berisi daftar calon peserta ujian nasional di sekolah. Setiap sekolah memiliki akses guna memperbaharui dan melengkapi data siswanya.

Aplikasi ini dapat diakses melalui www.pdun.data.kemdikbud.go.id, dengan hanya operator sekolah saja yang dapat membukanya.

Apa Itu PDUN?

Di dalam aplikasi terdapat informasi lengkap siswa yang akan mengikuti ujian nasional. Dari data ini, pihak sekolah sudah tidak perlu menulis ulang kembali data siswa karena bisa langsung di print.

Pada aplikasi, data diri siswa tertulis dengan rinci dan dengan format yang sama. Sehingga apabila ada kesalahan, operator sekolah bisa langsung memperbaikinya.

Bagian-bagian Aplikasi

Aplikasi ini sebenarnya sangat sederhana dan tidak membingungkan dalam hal tampilan. Bagian-bagian dari aplikasi juga mudah dimengerti sehingga operator dengan mudah menyesuaikan diri, dan mengerjakan tugasnya dengan sempurna.

Bagian-bagian dari aplikasi ini bisa Anda simak pada informasi berikut :

  1. Halaman Login

Pada halaman login terdapat 3 box yang harus diisi. Box tersebut bertuliskan username, password, dan kode registrasi.

Untuk username diisi email sekolah yang digunakan, sedangkan passwordnya bisa Anda tentukan sendiri. Sementara kode registrasi, adalah nomor registrasi dapodik yang dimiliki sekolah.

  1. Halaman Utama

Fungsi PDUN tergambar jelas pada halaman utama yang cukup sederhana dengan 3 menu saja. Anda dapat melihat menu Beranda, Calon Peserta UN, dan Log out.

Pada sisi kanan terdapat informasi mengenai sekolah, siapa operatornya, nama, jabatan, NIP/NIM, alamat dan  nomor handphone sekolah.

Halaman Beranda akan membawa Anda kembali ke menu utama atau tampilan yang pertama kali Anda lihat.

Sementara menu Calon Peserta UN berisi daftar siswa yang akan mengikuti ujian nasional pada periode tersebut. Terakhir adalah logout, yang digunakan ketika ingin keluar dari aplikasi.

  1. Menu Calon Peserta UN

Lebih jauh membahas menu Calon Peserta UN sebagai inti dari aplikasi, bagian berisi begitu banyak data. Ketika Anda memilih menu Calon Peserta UN, maka seketika itu pula semua data nama calon peserta UN akan muncul.

Data diri peserta yang ada pada aplikasi meliputi nama lengkap, jenis kelamin, kebutuhan khusus, NISN, dan tanggal lahir. Tidak lupa juga terdapat kolom alamat, agama, dan nama orang tua.

Data pada saat ini belum final, sehingga belum bisa dicetak sebelum dilengkapi. Untuk melengkapi data ini, Anda perlu memasukan pengaturan nomor kursi duduk peserta.

Untuk mengatur kursi, caranya mudah cukup pilih “Pengaturan Nomor Kursi” yang berada di bagian kiri atas. Selanjutnya pilih nomor urut rombel untuk mengatur tempat duduk siswa calon peserta UN.

Cara Login PDUN

Cara Login PDUN
Cara Login PDUN

Cara login PDUN sangatlah mudah, pertama Anda cukup membuka websitenya yaitu www.pdun.data.kemdikbud.go.id. Anda tinggal memasukan email, password dan kode registrasi yang dibutuhkan.

Cara Download File Calon Peserta UN

File calon peserta UN yang diunduh memiliki ekstensi dz tidak bisa dicetak. File hasil kompresi ini nantinya digunakan untuk sinkronisasi data dengan Bioun atau Biosystem online.

Sementara file dengan ekstensi xls, dapat dibuka dan dicetak secara langsung setelah di download.

  1. Unduh File Calon Peserta UN

Untuk mengunduh file dengan ekstensi dz, setelah login dan masuk ke menu Calon Peserta UN, cukup klik Unduh File Peserta UN.

Setelah menu di klik maka akan muncul tulisan yang menanyakan apakah data siswa sudah lengkap atau belum. Apabila sudah pilih “Iya”, dan apabila belum yakin pilih “Tidak”.

Apabila pilihan Anda “Tidak”, maka proses unduh tidak akan terjadi dan kembali ke halaman daftar calon peserta UN. Sementara “Iya”, maka proses berjalan seperti proses unduh pada mestinya.

  1. Unduh CPUN ke Excel

Menu unduh yang lain adalah “Unduh CPUN ke Excel”, untuk mengunduh menu ini prosesnya sama. Hanya saja, sebelum mengunduh, pastikan pengaturan kursi siswa sudah benar.

Jika pengaturan kursi masih belum benar dan belum selesai, maka file unduhan tidak bisa terbuka.

  1. Unduhan Berita Acara

Unduhan yang ketiga adalah “Unduh Berita Acara”, yang berfungsi untuk mengkonfirmasi data sudah valid. Berita acara PDUN nantinya diserahkan kepada admin ujian nasional yang berada pada tingkat Kabupaten. Cara mengunduh file ini sama saja dengan 2 file di atas.

BACA JUGA : Cara Cek Pengumuman UTBK dan SBMPTN Terbaru

Mengatasi Gagal Login

PDUN tidak bisa diakses atau gagal login bukan masalah besar dan bisa ditangani tanpa mempengaruhi data yang ada. Jadi apabila Anda mengalami hal ini, tidak perlu panik dan bingung harus berbuat apa.

Kegagalan akses ini terjadi karena SK operator yang belum diperbaharui, sehingga Anda cukup memperbaharuinya saja. Untuk memperbaharui SK, Anda bisa mengajukannya di www.sdm.data.kemdikbud.go.id, dan pilih menu login.

Setelah login berhasil, pilih menu Update Surat Tugas yang berada di bagian kanan. Pastikan file update besarnya tidak melebihi 1 MB agar update berhasil dilakukan.

Terakhir, setelah SK diperbaharui silahkan lapor kepada admin Dapodik Diknas untuk meminta persetujuan pembaharuan SK.

Itu dia berbagai informasi mengenai PDUN serta bagaimana cara mengatasi gagal login yang terjadi. Semoga informasi ini bermanfaat khususnya bagi para operator sekolah.