Informasi Cara Cek Dapodik Paud Yang Sudah Sinkron

Dapodik Paud
Dapodik Paud

Jika Anda ingin mengetahui bagaimana cara cek Dapodik PAUD yang sudah sinkron silahkan lanjutkan membaca artikel ini untuk informasi lengkapnya

Bagi mereka yang terjun di dunia Pendidikan, terutama di jenjang paling dasar yaitu PAUD (Pendidikan Anak Usia Dini), seringkali mengalami kesulitan dalam mengakses hasil sinkronisasi Dapodik online.

Saat ini, pendataan Pendidikan di seluruh negeri kita dipusatkan di aplikasi dapodik atau Data Pokok Pendidikan.  Aplikasi ini dimaksudkan untuk mengolah data dari pendidik, anak didik berikut profil dari sekolah agar dapat diakses oleh seluruh sekolah dengan skala nasional.

Pendataan ini merupakan tugas para operator sekolah atau admin sekolah untuk memasukkan data lengkap mengenai sekolah berikut pendidik dan anak didik mereka ke aplikasi tersebut.

Aplikasi resmi dari pemerintah ini bukan berarti tanpa kendala walaupun cukup memudahkan mereka yang bergerak di bidang Pendidikan dalam mengolah data sekolah.

Salah satu kendala yang sering dihadapi dan ditemui oleh banyak OPS Paud adalah ketika melakukan sinkronisasi pada aplikasi Dapodik PAUD.

Kita akan ulas mengenai cara cek Dapodik PAUD yang sudah sinkron di artikel ini.

Bagaimana Cara Cek Dapodik PAUD Yang Sudah Sinkron?

Cek Dapodik PAUD Yang Sudah Sinkron

Anda perlu melakukan pengecekan progress sinkronisasi untuk memastikan bahwa data yang dikirim oleh operator Dapodik PAUD sekolah telah terkirim semua dan diterima oleh pihak server utama dari Dapodik.

Selain itu, pastikan bahwa Anda sudah memasukkan semua data yang dibutuhkan dengan benar sebelum melakukan pengecekan. Pengecekan dilakukan untuk memastikan apakah data tersebut sudah diterima atau belum oleh server pusat Dapodik.

Untuk melakukan hal ini, ada 3 cara yang dapat Anda lakukan, yaitu:

1. Melalui Aplikasi App Dapodik PAUD DIKMAS

Cara pengecekan data yang satu ini relatif mudah karena Anda hanya perlu untuk mengunduh aplikasi yang dimaksud dengan cara mengunduhnya secara gratis. Anda tinggal login untuk masuk ke aplikasi dan dapat segera melakukan pengecekan berdasarkan data sekolah Anda masing-masing.

Berikut link dari aplikasi Dapodik PAUD DIKMAS untuk mengecek Dapodik PAUD yang sudah sinkron:

https://app.paud-dikmas.kemdikbud.go.id/mdikmas/index.php?r=site/login

2. Melalui Informasi Pendataan Dikmas

Untuk memudahkan Anda dalam pengecekan sikronisasi. Berikut adalah langkah-langkah yang dapat dilakukan secara online pada sinkronisasi data Anda:

  • Kunjungi laman berikut https://dapo.paud-dikmas.kemdikbud.go.id/ yang akan menampilkan laporan pendataan Pendidikan dasar
  • Arahkan kursor pada tanda tambah (+) di sebelah kiri nama Provinsi yang sudah Anda pilih.

Setelah diklik akan muncul nama kota atau kabupaten yang ada di Indonesia.

  • Pilih nama kota atau kabupaten sesuai dengan domisili Anda.

Kemudian klik lagi tanda tambah (+) di samping nama kota atau kabupaten Anda untuk memunculkan nama Kecamatan.

  • Pilih nama kecamatan serta nama sekolah Anda. Di tampilan ini akan terdapat table sekolah yang berisi keterangan.
  • Jika data yang Anda masukkan sudah berhasil dan diterima oleh server pusat, makan akan muncul keterangan berupa status dan tanggal penerimaan data.
  • Dan apabila tampilan di table menunjukkan keterangan berhasil diproses, maka data Anda telah diproses oleh server pusat.
  • Jika tampilan keterangan menunjukkan keterangan cek konversi, maka data Anda masih dalam proses sinkronisasi.
  • Namun, jika status yang tampil adalah kosong, itu berarti belum ada pengiriman data atau jika ternyata Anda sudah melakukan pengiriman data terjadi masalah atau kegagalan.

3. Melalui Sistem Manajemen Pendataan Dapodik

Hal yang dapat Anda lakukan dalam mengecek sinkronisasi data melalui manajemen PAUD adalah sebagai berikut:

Masuk ke laman manajemen Dapodik di link berikut: http://manajemen.paud-dikmas.kemdikbud.go.id

  • Masukkan username dan kata sandi yang biasa digunakan oleh operator sekolah Anda.
  • Setelah Anda selesai melakukan login, akan muncul tampilan berupa menu beranda dan menu registrasi pengiriman.
  • Klik menu di sebelah kiri yang berisi menu sekolah. Anda juga dapat melakukan tab data sekolah yang terletak di bagian atas untuk melihat data PTK, data siswa berikut data sekolah.
  • Klik NPSN atau kata kunci, Provinsi, Kota tau Kabupaten, Kecamatan serta nama sekolah Anda sesuai yang ada di data untuk mengecek sinkronisasi data.

Kemudian klik menu “Tampilkan”

  • Pengecekan daftar PTK, daftar nama beserta profil peserta didik serta data mengenai sarana dan prasarana sekolah juga dapat dilakukan melalui laman ini.
  • Jika data sekolah tidak muncul sementara data sudah sinkron, Anda dapat mengulangi Kembali Langkah-langkah di atas dalam waktu 1 x 24 jam.

Hal ini biasanya karena server pusat Dapodik membutuhkan waktu lebih untuk memperbaharui data terkininya.

BACA JUGA : Cara Pengecekan serta Pengisian Dapodik Online

  • Jika aplikasi Manajemen Dapodik di atas sulit atau tidak dapat Anda akses, Anda dapat melakukannya Kembali pada jam-jam yang dirasa tidak sibuk.

Seringkali data yang Anda masukkan sebagai operator sekolah tidak langsung terupdate secara realtime, sehingga Anda membutuhkan waktu lebih lama untuk mengecek sinkronisasi data.

Semoga informasi mengenai cara cek Dapodik PAUD yang sudah sinkron di atas dapat bermanfaat bagi Anda.