Demi Kemudahan Belajar Makna Kata & Istilah, Download KBBI V

KBBI
KBBI

Aplikasi KBBI hadir untuk memudahkan Anda dalam belajar makna kata dan istilah bahasa Indonesia. Sudahkah Anda memilikinya?

Perlukah menggunakan aplikasi KBBI?

Memahami makna dan istilah dalam bahasa Indonesia sama pentingnya dengan memahami makna dan istilah dalam bahasa asing. Di dalam pelajaran Bahasa Indonesia, materi makna kata ini ada di jenjang SD maupun SMA.

Bahkan, sekarang ini, materi tentang makna kata juga diujikan dalam tes potensi skolastik (TPS).

Pada tahun 2020, tes UTBK atau Ujian Tulis Berstandar Komputer untuk masuk perguruan tinggi memiliki sistem yang sama sekali berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya.

Hanya ada satu kompetensi yang diujikan, yakni TPS yang hampir 40 persennya adalah bahasa Indonesia.

Dari 40% tersebut, setengahnya adalah materi tentang makna kata, termasuk sinonim dan antonim.

Untuk membantu Anda dalam memudahkan belajar kosakata bahasa Indonesia dan maknanya, aplikasi KBBI ini sangat penting.

Tak hanya untuk pelajar SMA yang ingin melaksanakan seleksi SBMPTN, Anda yang ingin melakukan tes CPNS pun wajib memahami KBBI lengkap.

Aplikasi KBBI yang Dikembangkan oleh Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa

Kamus Besar Bahasa Indonesia dibuat dan dimutakhirkan oleh Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa.

Di era yang sudah sangat modern seperti ini, kita tak perlu lagi membawa-bawa kamus tebal untuk mencari makna kata atau istilah. Teknologi telah memberikan kemudahan untuk Anda.

Kamus Besar Bahasa Indonesia tak hanya memuat makna kata atau istilah. Kamus tersebut juga menjadi rujukan untuk mencari kata baku.

Di kamus tersebut, Anda bisa mencari mana penulisan kata yang benar antara apotek atau apotik, antre atau antri, dan banyak kata lainnya. 

Seiring dengan perkembangan teknologi, Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa juga mengeluarkan aplikasi KBBI V yang bisa diakses oleh pengguna Android dan iOS.

Aplikasi ini memberikan daftar lengkap kata-kata bahasa Indonesia dan maknanya. Aplikasi yang sangat memudahkan untuk belajar.

KBBI versi aplikasi luring maupun daring juga diperbarui secara berkala. Dari laman resminya tercantum bahwa kamus ini diperbarui dua kali dalam satu tahun, yakni pada April dan Oktober. Pembaruan versi Daring sudah dilakukan pada April 2020 kemarin.

Bagi pengguna iPhone atau Android, Anda bisa mengunduh aplikasi ini di smartphone Anda. Supaya tak salah install aplikasi, berikut adalah informasi aplikasi KBBI yang dikembangkan langsung oleh Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa.

1. Untuk Pengguna Android

Jika Anda mengetikkan kata kunci “KBBI” di Google Play Store, akan ada banyak sekali pilihan aplikasi serupa yang bisa Anda temukan.

Pastikan Anda menginstall aplikasi yang dikembangkan oleh Badan Bahasa Kemendikbud, ya.

Jangan khawatir perihal kapasitas memori dari aplikasi ini. KBBI V untuk Android hanya berukuran 6.9 MB saja. Aplikasi ini sangat ringan dan bisa dioperasikan secara offline.

Sudah ada lebih dari satu juta pengguna Android yang menggunakan aplikasi ini.

Lalu, jika kita berbicara tentang ulasan aplikasi ini di Android, aplikasi ini memiliki nilai 4.7 dari total lebih dari 17 ribu penilai. Aplikasi ini sudah terbukti dapat membantu proses belajar banyak orang.

BACA JUGA : Mengenal Seputar SIM PKB, Aplikasi Untuk Para Guru

2. Untuk Pengguna iPhone dan iPad

Selanjutnya, untuk pengguna iPhone atau iPad, Anda juga bisa mendapatkan aplikasi ini dengan mudah. KBBI V untuk iPhone dan iPad tersedia secara gratis di App Store. Anda hanya perlu mengunduhnya.

Berbeda dengan versi Android, di iPhone, aplikasi ini berukuran 42,9 MB. Untuk bisa menggunakan aplikasi ini, Anda memerlukan minimal iOS versi 9.0. Aplikasi KBBI ini kompatibel untuk iPhone, iPad, serta iPod touch.

Aplikasi ini juga bisa dijalankan secara offline, ya. Jadi, setelah menginstall aplikasi ini di smartphone, Anda tak lagi membutuhkan paket data.

3. Gunakan KBBI Daring untuk Akses Tanpa Aplikasi

Jika Anda benar-benar tak mempunyai ruang penyimpanan untuk menginstall aplikasi ini, tak perlu resah.

Badan Pengembangan dan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa juga mempunyai KBBI Daring (dalam jaringan).

Anda hanya perlu mengunjungi web resminya untuk mendapatkan informasi tentang makna kata atau kata baku.

Sama seperti versi aplikasi, ada banyak sekali web yang menawarkan Kamus Besar Bahasa Indonesia secara online. Akan tetapi, web yang resmi milik Badan Bahasa adalah https://kbbi.kemdikbud.go.id/. Untuk informasi makna kata dan kata baku yang lebih akurat, Anda bisa menggunakan laman tersebut, ya.

Materi makna kata atau kata baku memang termasuk materi yang gampang-gampang susah. Ada puluhan ribu kata dalam bahasa Indonesia yang tidak mungkin Anda hafalkan seluruhnya.

Oleh karena itu, Anda tetap membutuhkan KBBI, baik dalam bentuk cetak, online, maupun aplikasi offline.

Sekarang, tidak ada alasan lagi untuk malas belajar bahasa Indonesia. Ada banyak alternatif untuk membantu Anda belajar memahami makna.

Cukup sediakan waktu untuk belajar. Semoga informasi tentang KBBI ini bermanfaat!