Cara Upload Data Siswa di Aplikasi Web BioUN SMP

BioUN SMP
BioUN SMP

BioUN SMP adalah aplikasi berbasis web yang digunakan untuk mengunggah data siswa kelas IX yang akan mengikuti UNBK. Pelajari petunjuk mudah pengoperasiannya.

Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) dilakukan setiap tahun untuk menentukan kelulusan siswa SMP dan MTs.

Mengingat penyelenggaraannya yang membutuhkan persiapan panjang, sekolah juga wajib untuk berperan aktif menyukseskan. Salah satunya melalui input data siswa di aplikasi web bioun smp

Umumnya, dinas pendidikan telah melakukan sosialisasi menyeluruh seputar penggunaan aplikasi tersebut. Namun jika Anda bertugas sebagai operator sekolah dan belum pernah mengikuti sosialisasi, tidak perlu khawatir.

Anda dapat menyimak petunjuk berikut, mulai dari persiapan data hingga cara upload ke Bio UN.

Mempersiapkan File Data BioUN SMP

Mempersiapkan File Data
Mempersiapkan File Data

Pendataan siswa kelas IX yang akan mengikuti UNBK sendiri sebenarnya sudah dapat dimulai sejak awal tahun ajaran baru.

Tentu Anda ingin memastikan bahwa segala input berjalan dengan baik sesuai dengan instruksi dari Kemendikbud.

Bagaimanapun penetapan akhir daftar peserta UNBK ditentukan dari Bio UN.

Tentu saja Anda tidak harus menyusun pendataan dari nol, karena teknologi memungkinkan adanya sinkronisasi antar platform.

Dalam hal pendataan siswa peserta ujian, sistem manajemen UN atau PDUN mengambil dari database yang ada di dapodikdasmen.

Untuk itu, sebelum masuk ke Bio UN SMP, Anda perlu mengakses file data siswa melalui PDUN. Caranya sebagai berikut.

1. Lakukan Login BioUN SMP

Ketikkan alamat aplikasi web pdun.data.kemdikbud.go.id pada browser yang ada di komputer Anda. Setelah itu Anda akan menjumpai halaman utama PDUN. Isikan username dan password yang selama ini Anda gunakan untuk mengakses dapodik.

Selain itu, Anda bisa juga menggunakan kode registrasi dapodik Anda untuk mengakses pdun smp.

2. Filter Daftar Calon Peserta UN

Setelah sukses masuk ke PDUN, Anda akan menjumpai Menu Utama berikut daftar Calon Peserta UN.

Kesempatan ini perlu Anda gunakan untuk melakukan cek nisn dan data siswa. Terlebih lagi jika masih ada data dengan warna merah, artinya NISN masih kosong atau ditengarai tidak valid.

Untuk data yang menyangkut nama siswa, tempat tanggal lahir, dan nama orang tua, Anda harus mengeditnya di vervalpd. Namun, untuk data nomor peserta UN jenjang sebelumnya serta nomor seri ijazah dan SKHUN Anda dapat memperbaikinya di dapodik.

Dengan ini, data di PDUN juga akan sinkron.

3. Atur Nomor Kursi

Jika Anda telah selesai melakukan verifikasi internal data calon peserta unbk smp, maka saatnya Anda lanjut ke menu Pengaturan Nomor Kursi.

Bagian ini difungsikan untuk mengelola urutan Rombel, sehingga dapat digunakan dalam mengatur ruangan ujian dan tempat duduk siswa.

Sebagai contoh, kelas IX A diidentifikasi dengan nomor urut Rombel 01, kemudian kelas IX B dengan nomor urut 02, dan seterusnya.

4. Unduh File Data

Setelah semua pengaturan selesai, Anda dapat klik pada menu Unduh File Calon Peserta UN dalam format dz.

Selain itu, Anda juga dapat sekaligus mengunduh file Berita Acara dalam format pdf. Cek sekali lagi apakah file yang Anda unduh sudah memiliki format yang sesuai, karena jika tidak Anda harus mengulang.

Untuk file data peserta, format yang tepat yaitu NPSN-NAMA_SEKOLAH.dz. Pastikan bahwa file yang Anda pegang memiliki format demikian.

Untuk Berita Acara sendiri, Anda perlu simpan karena nantinya menjadi bukti penyerahan data calon peserta unbk ke kantor Dinas Pendidikan di kabupaten/kota.

BACA JUGA : Pelajari Cara Unggah Data Peserta USBN di BioUNSDMI

Upload Data di BioUN SMP

Upload Data di BioUN SMP
Upload Data di BioUN SMP

BioUN SMP atau Biodata Ujian Nasional SMP, menjadi platform akhir verifikasi sebelum siswa ditetapkan sebagai peserta UNBK pada tahun ajaran berjalan.

Setelah Anda memiliki file dz dari PDUN, kini Anda bisa segera melakukan upload data di BioUN. Prosesnya sangat mudah dan tidak memakan waktu lama.

Berikut langkah-langkah yang bisa Anda lakukan.

1. Login

Pertama-tama, cara login bioun yaitu dengan mengakses laman aplikasinya di biounsmp.kemdikbud.go.id.

Setelah laman utama tertampil, masukkan username dan password dapodik Anda, juga ketikkan kode pengaman berupa kombinasi huruf dan angka. Setelah itu klik login dan Anda akan diarahkan menuju Data Master.

Namun sebelumnya, Anda bisa juga mengganti password terlebih dahulu jika memiliki concern lebih pada masalah keamanan. Fitur penggantian password ada di dalam menu Akun Saya.

2. Lengkapi Data Sekolah

Sebelum mengunggah file, ada baiknya sebagai operator sekolah Anda melengkapi data terbaru instansi Anda.

Klik Data Master, lalu klik Sekolah, dan lengkapi kolom yang masih kosong. Hal ini penting karena jangan sampai ada pergantian kepala sekolah ataupun status akreditasi namun datanya belum diperbarui.

3. Upload File Dz

Untuk langkah yang terakhir, Anda arahkan pointer ke menu Upload dari Dapodik/Emis, dan klik Tambah.

Pilih file dz yang sebelumnya telah Anda dapat dari pdun, lalu klik Upload. Anda dapat mengecek apakah file berhasil diunggah dengan melihat pada bagian Data Master Siswa.

Nah, itu dia petunjuk singkat cara upload data siswa kelas IX ke aplikasi web bioun smp. Jangan lupa juga untuk mempersiapkan ini seawal mungkin sehingga hasilnya valid dan rapi. Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda!