Cara Pengecekan serta Pengisian Dapodik Online

Dapodik Online
Dapodik Online

Database dapodik ini memang sangat menguntungkan. Melalui dapodik online Anda dapat melakukan pengecekan dan juga pengisian data. Nah, bagaimanakah caranya?

Dewasa ini, Kemendikbud dengan dibantu Ditjen PAUD dan Pendidikan Masyarakat telah merilis sistem manajemen PAUD. Dengan adanya sistem ini, Anda nantinya dapat mengetahui dapodik (Data Pokok Peserta Didik) PAUD dan juga Pendidikan Masyarakat.

Nah, dapodik online ini wajib dikunjungi oleh para pengelola PAUD yang ada di Indonesia.

Melalui sistem manajemen PAUD ini juga, Anda dapat melakukan sinkronisasi dapodik atau mengubah sinkronisasi data. Tak hanya itu, dengan sistem ini Anda juga dapat mengetahui sebuah kode registrasi dari dapodik PAUD atau bahkan mengganti nama pengguna atau operator dari Dapodik PAUD.

Sistem Pengelolaan Dapodik Online

Keberadaan dapodik dengan sistem online ini memang sangat menguntungkan. Pasalnya, seluruh data siswa yang ada pada database dapodik akan digunakan sebagai acuan untuk hal-hal yang memiliki kaitan dengan keberlangsungan studi.

Data ini nantinya juga akan diperlukan untuk mencanangkan berbagai program dan kebijakan yang dilakukan oleh pemerintah.

Secara keseluruhan, pengelolaan dapodik memang dibebankan pada pemerintah. Akan tetapi, pada praktiknya pemerintah akan dibantu dan bekerja sama dengan Ditjen GTK, Ditjen PAUDNI, serta Ditjen Guru dan Tenaga Pendidik.

Pada tingkat sekolah, umumnya pengelolaan dapodik ini akan diberikan kepada admin atau operator yang memiliki kemampuan di bidang IT. Hal ini disebabkan lantaran perkembangan dan sistem dapodik sangat erat hubungannya dengan kemajuan dan perkembangan teknologi.

Tak hanya dikelola saja, data dapodik juga sebaiknya Anda cek secara berkala. Adanya pengecekan data ini bertujuan untuk mengetahui apakah data tersebut sudah dikirim dan diterima oleh server dapodik yang ada di pusat atau belum.

Nah, sebenarnya cara untuk mengecek data dapodik dengan sistem online ini dapat dilakukan dengan beberapa cara, yaitu melalui pendataan dikdas atau melalui sistem manajemen pendataan.

Cara Cek Dapodik Online Melalui Sistem Manajemen Pendataan

Berikut adalah langkah-langkah untuk melakukan cara cek dapodik online melalui sistem manajemen pendataan.

  1. Mengunjungi situs http://pendataan.dikdas.kemdikbud.go.id
  2. Log in dengan cara memasukkan username beserta dengan password yang sesuai. Jika sudah berhasil, Anda akan sistem akan menampilkan menu register pengiriman dan juga menu beranda
  3. Klik menu sekolah yang terletak di bagian  kiri. Jika tidak, Anda dapat membuka tab data sekolah yang terletak di bagian atas. Di sana, Anda akan melihat data PTK, data siswa, dan juga data sekolah
  4. Klik nama sekolah Anda yang sebelumnya sudah tercantum pada daftar sekolah guna mengecek data dapodik. Pada menu yang sama, Anda juga dapat melihat daftar nama, daftar PTK, data sarana prasarana sekolah, dan juga profil sekolah

BACA : Mengenal Seputar SIM PKB, Aplikasi Untuk Para Guru

Cara Cek Dapodik Online Melalui Pendataan Dikdas

Sedikit berbeda dengan cara sebelumnya, Anda dapat melakukan pengecekan dapodik online 2020 melalui pendataan dikdas dengan langkah berikut.

  1. Kunjungi situs http://dapo.dikdas.kemdikbud.go.id hingga Anda menemukan tampilan untuk laporan data pendidikan dasar
  2. Klik tanda “+” yang terletak di sebelah kiri nama provinsi yang sebelumnya sudah Anda pilih
  3. Setelah nama provinsi telah berhasil Anda pilih, selanjutnya akan muncul nama kabupaten atau kota yang ada pada provinsi tersebut
  4. Klik tanda “+”yang terletak di sebelah kiri nama kota atau kabupaten yang sebelumnya sudah Anda pilih
  5. Pilih nama kecamatan dan nama sekolah yang hendak Anda cek datanya hingga tabel sekolah akan muncul lengkap beserta keterangan, sebagai berikut:
  6. Jika data Anda sudah diterima, keterangan status beserta tanggal penerimaannya akan muncul
  7. Jika data sudah berhasil diterima oleh server, maka pada tabel akan muncul keterangan berhasil diproses
  8. Jika data masih berada pada tahap sinkronisasi, akan muncul keterangan cek konversi
  9. Jika keterangan status masih terlihat kosong, itu berarti pihak sekolah belum melakukan pengiriman data atau proses pengiriman gagal

Cara Pengisian Dapodik Online

Jika ternyata sekolah Anda belum terdaftar pada database dapodik pusat, Anda dapat melakukan pengisian dapodik dengan cara sebagai berikut:

  1. Akses halaman aplikasi DAPO PAUD DIKMAS melalui situs http://app.paud-dikmas.kemdikbud.go.id/dapodik.
  2. Login pada halaman login yang disediakan. Adapun cara login dapodik online yaitu dengan menggunakan username dan password yang digunakan pada akun Dapodik PAUD DIKMAS.
  3. Jika sudah berhasil, Anda akan ditampilkan halaman dashboard. Di sana, Anda dapat melihat bahwa ringkasan PTK dan PD masih belum terisi alias 0. Ada juga beberapa data invalid yang tertera di sana.
  4. Salin data PTK dengan mengklik menu Pendidik/Tendik (PTK), lalu pilih menu PTK dan klik tab menu Salin Penugasan PTK.
  5. Salin data Peserta Didik (PD) dengan mengklik menu Peserta Didik dan pilih bagian Peserta Didik. Kemudian, masuk ke halaman Salin Periodik PD dan kemudian klik Ya.
  6. Melakukan pengisian data rombel peserta didik dengan mengklik Pilih Menu, lalu klik Tarik Rombel. Jika sudah, isi nama rombel beserta tingkat pendidikannya dan jangan lupa untuk disimpan.
  7. Melakukan pengisian data pembelajaran guru (JJM) dengan mengklik menu Pembelajaran dan pilih menu Tambah Pembelajaran. Selanjutnya, isi data yang ada pada halaman tambah pembelajaran secara lengkap dan jangan lupa disimpan.
  8. Melakukan perbaikan pada data yang masih invalid.

Kesimpulannya, database dapodik ini sangat penting sebagai bahan acuan untuk berbagai kebijakan terkait studi dan yang lainnya.

Dengan adanya sistem dapodik online, Anda kini dapat mengecek status data sekolah Anda tanpa harus pergi ke mana-mana. Melalui sistem ini juga Anda dapat melakukan pengisian dan juga sinkronisasi.