Cara Mudah Daftar SIPP BPJS Ketenagakerjaan

Cara Mudah Daftar SIPP BPJS Ketenagakerjaan
Cara Mudah Daftar SIPP BPJS Ketenagakerjaan

Kini daftar SIPP BPJS Ketenagakerjaan online sangat mudah, bisa dilakukan HRD perusahaan dan memiliki 5 jaminan keamanan data peserta.

Sistem Informasi Pelaporan Peserta atau lebih dikenal dengan SIPP BPJS ketenagakerjaan online, merupakan layanan via website yang dapat membantu perusahaan mengelola data kepesertaan karyawan dengan BPJS Ketenagakerjaan.

Tujuan utama adanya aplikasi tersebut untuk memudahkan pendataan karyawan sehingga lebih mudah untuk pendaftaran keanggotaan BPJS ketenagakerjaan.

Apalagi untuk perusahaan atau pabrik dengan jumlah karyawan mencapai ratusan.

Tahapan Daftar SIPP BPJS Ketenagakerjaan

Tahapan Daftar SIPP BPJS Ketenagakerjaan
Tahapan Daftar SIPP BPJS Ketenagakerjaan

Sistem pengelolaan SIPP BPJS ketenagakerjaan cepat, mudah dan akurat. Sehingga ini bisa dilakukan pihak HRD atau perwakilan perusahaan tanpa harus datang langsung ke kantor BPJS.

Berikut ini mekanisme tahapan daftar SIPP BPJS Ketenagakerjaan secara online.

  • Masuk ke ’website SIPP BPJS Ketenagakerjaan’. Klik ‘Log In’ (masuk)  terlebih dahulu dan klik ‘form pendaftaran’.
  • Isikan data lengkap tentang perusahaan dan identitas keanggotaan baru di BPJS Ketenagakerjaan.
  • Input ‘Nomor Pendaftaran Perusahaan (NPP)’ dan divisi. Beberapa perusahaan sudah masuk dalam database BPJS Ketenagakerjaan, saat input NPP maka akan keluar informasi perusahaan tersebut. Jika belum input manual, jika sudah maka bisa langsung klik ‘Next’.
  • Maka akan muncul beberapa field yang harus diisi, seperti ‘Data User Login’, email user (usahakan email yang masih aktif karena nanti ada notifikasi untuk aktivasi. Tambahkan Password dan ulangi password, setelah itu klik ‘Next’.
  • Nanti akan muncul field ‘Data User KPJ’ dan isikan dalam ‘Nomor Peserta’ KPJ, nama lengkap,  tanggal lahir dan nomor handphone (yang masih aktif) untuk pemegang keanggotaan BPJS Ketenagakerjaan.
  • Setelah semua isian lengkap, maka klik ‘daftar’, secara otomatis satu karyawan sudah terdaftar BPJS ketenagakerjaan.
  • Nantinya, pihak HRD tinggal menghubungi karyawan yang sudah terdaftar tersebut, karena akan dikirimkan One Time Password (OTP) ke nomor yang bersangkutan, ini fungsinya untuk aktivasi pendaftaran BPJS Ketenagakerjaan.
  • Setelah resmi terdaftar, nantinya karyawan via email yang input saat pendaftaran, akan muncul link aktivasi ke aplikasi SIPP Online.
  • Tinggal klik link tersebut, maka semua karyawan bisa mengakses layanan BPJS ketenagakerjaan masing-masing.

BACA JUGA : 5 Cara Cek Saldo BPJS Ketenagakerjaan Online dan Offline

5 Fitur Keamanan SIPP BPJS Ketenagakerjaan Online

5 Fitur Keamanan SIPP BPJS Ketenagakerjaan Online
5 Fitur Keamanan SIPP BPJS Ketenagakerjaan Online

Selain memberikan kenyamanan dalam pendaftaran peserta BPJS Ketenagakerjaan dengan cepat dan masif.

Sistem online ini lebih cepat dan aman, bahkan perusahaan tidak perlu khawatir terjadi kebocoran informasi. Pasalnya BPJS Ketenagakerjaan menjamin keamanan data seperti berikut ini.

1. One Time Pin (OTP)

Saat aktivasi BPJS Ketenagakerjaan dari aplikasi SIPP online, setiap karyawan yang terdaftar akan mendapatkan PIN dan password.

Bahkan di nomor handphone pribadi  akan mendapatkan OTP untuk aktivasi lanjutan, setiap peserta akan mendapatkan kode OTP berbeda.

Uniknya, kode OTP hanya valid dalam beberapa menit saja. Jika terlambat menggunakan OTP, sebaiknya meminta yang baru. Kenapa demikian? Kode OTP hanya 6 digit sehingga mudah ditiru, itulah kenapa ada batasan waktu dalam penggunaan kode OTP.

2. Link Email Konfirmasi

Selain mendapatkan kode OTP, nantinya di email yang didaftarkan akan dikirimkan link aktivasi. Sehingga baik karyawan dan perusahaan memiliki akses yang sama ke BPJS Ketenagakerjaan.

Hanya yang memiliki link aktivasi dan OTP mendapatkan akses tersebut.

Bagaimana kalau email yang digunakan tidak aktif? Maka kepesertaan BPJS ketenagakerjaan tidak bisa digunakan, link email ini sangat penting untuk aktivitas.

Sekalipun sudah terdaftar, maka tidak bisa diaktivasi dan tidak mendapatkan hak sebagai anggota BPJS ketenagakerjaan.

3. Log Out Automatic

Punya kebiasaan tidak menutup website atau aplikasi dengan tepat, bahkan sering kali lupa log out. Peserta BPJS Ketenagakerjaan tidak perlu khawatir, adanya SIPP online akan menutup secara otomatis jika tidak terdeteksi aktivitas apapun minimal 5 menit penggunaan.

Bukan hanya berlaku untuk penggunaan di website, tapi juga smartphone. Jadi tidak perlu khawatir terjadi peretasan keamanan data, sistem logout automatic ini akan bekerja maksimal dengan adanya penggunaan internet.

4. User ID, Password  dan Firewall

Setiap peserta nantinya akan mendapatkan ID dan password dari pihak HRD, ini bisa diganti atau tidak. Nantinya hanya peserta dan HRD perusahaan saja yang tahu, tapi lebih baik dilakukan penggantian dan kedua belah pihak harus tahu.

Pasalnya iuran BPJS ketenagakerjaan akan dibayarkan perusahaan dan hak nya akan didapatkan peserta. Selain itu untuk masalah firewall, ini akan memastikan bahkan pemilik akun akan log in secara otomatis.

Caranya, cukup melakukan sekali log in dan password, simpan password tersebut dan bisa log in automatic.

5. Fitur Keamanan SSL 128-bit Encryption

Masih merasa khawatir keamanan SIPP online, kini sudah dilakukan protokol kode rahasia dengan 128-bit encryption. Dimana Secure Socket Layer (SSL) akan mengamankan data hingga 128-bit, fitur keamanan yang lebih canggih dan rahasia.

Dimana nantinya HRD tidak perlu pusing input ratusan hingga ribuan data karyawan sekaligus, hanya perlu input data, maka SIPP Online akan melakukan penghitung hingga membuat laporan dengan cepat, tepat dan akurat.

Sistem SSL 128-bit encryption, bukan hanya dikembangkan untuk keamanan saja namun memberikan kecepatan dalam pengolahan data, penyimpanan dan pelaporan. Sehingga, iuran bulanan bisa dibayarkan dengan tepat dan sesuai jumlahnya.

Perusahaan akan lebih terbantu dengan adanya SIPP BPJS Ketenagakerjaan yang berbasis online, dimana kinerja jadi lebih cepat, akurat dan aman.

Sistem keamanan yang lebih kuat, kerahasiaan terjaga dan banyak kemudahan layanan untuk pembayaran dan klaim hak bagi anggota peserta BPJS Ketenagakerjaan.