Cara Mudah Daftar Paspor Online, Hemat Waktu dan Tenaga

Paspor Online
Paspor Online

Dulu, Anda mungkin harus antri berjam-jam di kantor imigrasi untuk mengurus paspor. Sekarang tidak lagi, karena ada cara untuk daftar paspor online.

Salah satu dokumen penting yang harus ada dan dibawa saat Anda bepergian ke luar negeri adalah paspor. Inilah dokumen resmi yang berfungsi sebagai identitas saat berada di negara lain.

Sekarang, tak harus langsung ke kantor imigrasi dan mengantri lama di sana, karena sudah tersedia pilihan daftar paspor online.

Sebelum ada sistem pendaftaran antrian secara online ini, warga yang ingin mengurus paspor harus mengantri sejak pagi di kantor imigrasi dalam rangka daftar paspor manual.

Jika nomor antrian sudah habis, maka Anda harus kembali lagi di hari lain. Ini tentu tidak praktis, menyita energi dan juga waktu dan mengecewakan banyak orang.

Cara Daftar Paspor Online

Cara Daftar Paspor Online
Cara Daftar Paspor Online

Untuk menjawab tantangan teknologi dan memudahkan warga untuk membuat paspor, maka nomor antrian bisa didapatkan secara online.

Cara pertama untuk mendapatkan antrian secara online adalah dengan menggunakan website resmi yang disiapkan oleh pihak imigrasi.

Ikuti beberapa langkah berikut ini:

  1. Kunjungi situs antrian.imigrasi.go.id/LayananBeta
  2. Isi formulir yang tersedia pada menu Registrasi Form.

Pastikan sudah sesuai dengan data yang sebenarnya. Jika selesai, klik Simpan.

  1. Tanpa perlu email verifikasi, Anda bisa langsung membuka lagi antrian.imigrasi.go.id/LayananBeta.
  2. Masuklah dengan menggunakan akun yang telah didaftarkan sebelumnya.
  3. Anda bisa menentukan akan mengunjungi kantor imigrasi mana yang akan didatangi di bagian menu List Kantor Imigrasi.
  4. Lanjutkan dengan memilih tanggal dan waktu kunjungan ke kantor imigrasi, dan jumlah pemohon yang melakukan pembuatan paspor.

Masing-masing akun bisa mendaftarkan lebih dari satu orang, dengan jumlah maksimal lima pemohon.

Ini pun dengan syarat bahwa empat pemohon lainnya ada dalam daftar Kartu Keluarga (KK) Anda. Jadi, ini bisa digunakan untuk daftar online paspor anak.

  1. Anda akan diminta mengisi nama dan juga NIK dari seluruh pemohon yang akan diambilkan antrian melalui akun tersebut.

Setelah itu, ikuti langkah-langkah yang diminta oleh sistem sampai proses selesai.

Jika Anda sudah mengambil nomor antrian, pastikan Anda benar-benar bisa datang ke kantor imigrasi yang dipilih pada tanggal dan waktu yang ditentukan.

Jika tidak, maka Anda akan masuk pada status pembatalan, dan baru bisa mendapat antrian lagi setelah menungu 30 hari.

Selain menggunakan website tersebut, Anda juga bisa menggunakan aplikasi yang diunduh dari Play Store untuk Android.

Nama aplikasinya adalah Layanan Paspor Online, dan langkah-langkah yang perlu dilakukan kurang lebih sama dengan via website seperti yang telah dijelaskan di atas.

Langkah Pembuatan Paspor di Kantor Imigrasi

Langkah Pembuatan Paspor di Kantor Imigrasi
Langkah Pembuatan Paspor di Kantor Imigrasi

Setelah mendapatkan antrian secara online, Anda tetap harus datang ke kantor imigrasi. Namun tentu saja, prosesnya akan jauh lebih cepat daripada mengantri dulu secara manual.

Silahkan datang ke kantor imigrasi sesuai waktu yang tertera pada antrian, dengan berpakaian sopan dan jangan lupa bawa seluruh dokumen yang dibutuhkan.

Untuk pembuatan paspor baru bagi WNI, Anda akan diminta membawa KTP, Kartu Keluarga, akta kelahiran, dan ijazah terakhir.

Sediakan semua dokumen tersebut dalam versi asli dan foto kopinya. Anda akan diminta untuk melakukan foto diri, pengambilan sidik jari, dan proses wawancara terkait alasan dibuatnya paspor tersebut.

Lakukan pembayaran melalui bank yang ditunjuk oleh Kantor Imigrasi, dengan jumlah yang sudah ditentukan.

Penting untuk menyimpan bukti pelunasan biaya, agar bisa digunakan untuk mengambil paspor apabila dinyatakan sudah jadi. Biasanya, paspor akan jadi setelah tiga hingga empat hari kerja.

Memperpanjang atau Mengganti Paspor Secara Online

Memperpanjang atau Mengganti Paspor Secara Online
Memperpanjang atau Mengganti Paspor Secara Online

Tak hanya bisa melakukan pendaftaran untuk paspor baru, website resmi Kantor Imigrasi juga bisa melayani perpanjang paspor online.

Sekarang istilah perpanjangan sudah tidak digunakan lagi, dan memakai istilah penggantian. Bila paspor Anda sudah masuk dalam masa enam bulan sebelum kadaluarsa, maka penggantian bisa dilakukan.

Cara mendapatkan antrian online-nya sama dengan langkah-langkah di atas. Hanya saja, nominal yang perlu dibayarkan dan dokumen yang perlu dibawa saat mengunjungi kantor imigrasi tentu berbeda. Dokumen yang perlu dibawa adalah:

  • Paspor asli dan fotokopi bagian data dirinya (dalam ukuran A4)
  • Akta kelahiran, ijazah, atau buku nikah asli dan fotokopinya
  • KTP asli dan fotokopinya
  • Sediakan materai dengan nominal 6.000

Hemat Waktu dan Tenaga Dengan Daftar Paspor Online

Hemat Waktu dan Tenaga Dengan Daftar Paspor Online
Hemat Waktu dan Tenaga Dengan Daftar Paspor Online

Dengan adanya proses pengambilan antrian online, semakin banyak orang mendapatkan kemudahan untuk bisa mengurus paspor.

Dulu, Anda mungkin harus kecewa saat sudah terlanjur cuti kerja untuk mengurus paspor tapi ternyata kehabisan nomor antrian. Namun sekarang tidak lagi, karena nomor antrian bisa diperoleh secara online.

Anda juga tak perlu mengantri dari pagi dan berlelah-lelah seharian. Dengan daftar paspor online terlebih dahulu, jam kunjungan pun bisa ditentukan atau dipilih berdasarkan pilihan waktu yang disediakan oleh kantor imigrasi.

Jadi, adanya teknologi ini jelas membantu Anda dalam melakukan penghematan waktu dan tenaga, sehingga bisa digunakan untuk mengurus hal lainnya.