Cara Mengoperasikan Siaga Pendis sesuai Update Terbaru

Cara Mengoperasikan Siaga Pendis sesuai Update Terbaru
Cara Mengoperasikan Siaga Pendis sesuai Update Terbaru

Siaga Pendis merupakan aplikasi yang diperuntukan untuk Guru dan Pengawas PAI, didalamnya berisi informasi gaji, pelaksanaan PPKB, sampai Sertifikasi dan TPG

Siaga Pendis adalah aplikasi yang disediakan oleh Kemenag bagi guru dan pengawas PAI. Aplikasi ini sebenarnya bukan hal yang sepenuhnya baru, akan tetapi kini sudah jauh lebih sempurna. Berbagai hal kini sudah lebih mudah dan diatur dalam aplikasi ini.

Mengenal Siaga Pendis

Secara garis besar Sistem Informasi dan Administrasi Guru Agama ini memang ada demi kemudahan guru. Aplikasi yang dikembangkan oleh Direktorat Pendidikan Agama Islam ini bahkan sudah memiliki versi aplikasi untuk smartphone.

Dalam aplikasi ini selain tersedia bagi guru PAI, juga tersedia Budha siaga pendis yang disebut Bumas. Keduanya memiliki login berbeda sehingga tidak bercampur antara satu dengan lainnya.

Pada aplikasi ini, bukan saja ada pelaksanaan PPKB, tetapi ada pula informasi sertifikasi, dan pembayaran TPG. Sehingga guru tidak lagi dipusingkan oleh dualisme yang terjadi antara Departemen Agama dan Pendidikan.

Tidak semua guru dapat mengisi aplikasi ini, login terbatas untuk admin atau operator sekolah saja. Data yang diisi oleh operator sekolah kemudian dijadikan dasar validasi guru.

Data yang Diperlukan

Data yang Diperlukan
Data yang Diperlukan

Untuk mengisi aplikasi, ada beberapa informasi atau data pribadi dari Guru PAI yang diperlukan. Data-data tersebut harus diisi secara benar dan tepat, berikut data yang diperlukan:

  • Nama Lengkap Guru
  • Tempat, Tanggal Lahir
  • Provinsi tempat mengajar
  • Kabupaten tempat mengajar
  • Email Aktif
  • NUPTK atau NIk
  • NIP
  • NRG
  • TMT Sebagai Guru
  • Tanggal Mulai bekerja di sekolah
  • Sertifikat Pelatihan
  • SK Pembagian Tugas
  • Ijazah
  • Foto Berwarna 4×6
  • Sertifikat TPG bagi yang memiliki
  • Scan Kartu Keluarga

Cara Login Akun

Cara Login Akun
Cara Login Akun

Seperti yang sudah disebutkan tadi, yang bisa mengelola akun hanyalah operator atau admin sekolah saja. Sehingga satu sekolah hanya memiliki satu akun yang diberikan PKB Kemenag.

Berikut cara login akun pada Sistem Informasi dan Administrasi Guru Agama :

  1. Membuka website www.siagapendis.com
  2. Cari nomor akun aplikasi yang dimiliki oleh sekolah
  3. Klik menu pencarian untuk memudahkan mencari nomor akun
  4. Pilih menu view agar detail kode akun terlihat
  5. Kopi paste nomor akun
  6. Buka alamat www.siagaoendis.com/login
  7. Tempelkan nomor akun yang tadi dikopi
  8. Masukan password

Sampai disini tunggu sinkronisasi data siaga selesai, dan Anda akan masuk ke halaman utama akun. Sebelum bisa melakukan pengisian, terlebih dahulu akun harus diaktifkan. Selama akun belum aktif, maka isi yang ada di dalamnya tidak akan divalidasi.

BACA JUGA : Persiapan Daftar CPNS, Simak 7 Poin FAQ SSCN Berikut Ini Dulu!

Cara Memvalidasi atau Mengaktifkan Akun

Akun tidak akan berfungsi apabila belum diaktifka, petunjuk siaga pendis pada website menjelaskan bagaimana mengaktikannya. Begini cara mengaktifkan akun pada website yang penting diketahui operator sekolah :

  1. Login menggunakan kode dan password
  2. Pilih menu jadwal dan tugas
  3. Isi menu jadwal dan tugas
  4. Pilih menu jam mengajar untuk menambahkan jam mengajar
  5. Pilih menu tugas tambahan untuk memasukan tugas tambahan
  6. Isi daftar riwayat dari kelas, rombel, dan mata pelajaran
  7. Setelah daftar selesai, unduh daftar
  8. Unggah daftar mengajar beserta SK pembagian tugas
  9. Pilih Ajukan Verval
  10. Sampai disini proses selesai dan tinggal menunggu validasi Kemenag.

Begitu mudah bukan untuk mengaktifkan akun yang dimiliki, dan prosesnya juga tidak ribet. Hanya saja pastikan dokumen yang diunggah ukurannya tidak melebihi 500kb.

Untuk mengecilkan ukurannya, Anda bisa menggunakan berbagai software yang bisa mengkompres ukuran.

Pastikan sebelum di upload kualitas dokumen baik, hal ini karena dokumen yang diturunkan kualitasnya bisa menjadi tidak terbaca.

Cara Memasukan Gaji Pokok Pada Aplikasi

Cara Memasukan Gaji Pokok Pada Aplikasi
Cara Memasukan Gaji Pokok Pada Aplikasi

Besaran gaji pokok yang diterima wajib dituliskan pada aplikasi sebelum batas akhir pengisian siaga pendis. Besaran gaji pokok didapatkan dari SK yang diterima, apabila dibiarkan maka gaji pokok akan tertulis kosong.

Untuk memasukan nominal gaji, cukup login ke dalam akun dan cari bagian input gaji dan masukan nominalnya. Setelah itu klik simpan, dan kemudian cek kembali apakah gaji sudah benar.

Memasukan Riwayat Pendidikan

Pada update terbaru, riwayat pendidikan diberi tempat terpisah dan tidak disatukan dalam profil. Menu ini terdapat pada 3 teratas dan berbunyi “pendidikan”.

Setelah menemukan menu pendidikan, pilih “tambahkan riwayat pendidikan”, dari sini tinggal isi semua data pendidikan Anda.

Kemudian klik simpan, untuk menambahkan lebih dari satu jenjang, maka ulangi cara ini kembali. Anda harus memasukan riwayat pendidikan satu persatu.

Cara Rekap Absensi

Saat ini Rekap Absensi dilakukan melalui aplikasi, dan caranya juga sangat mudah. Anda tinggal masuk ke menu absensi dan pilih tambahkan. Absensi yang dimaksud di sini bukan absensi harian, melainkan absensi kumulatif selama satu bulan.

Pastikan file absensi yang diunggah besarnya tidak lebih dari 100kb. Demikian cara mengoperasikan aplikasi siaga pendis bagi guru agama Islam sesuai update terbaru.

Apabila ada kesalahan dalam melakukan login, segera hubungi Kemenag kabupaten/kota. Mereka adalah yang berwenang untuk memberikan serta mengubah informasi login milik sekolah.