Cara Menggunakan Edabu BPJS Kesehatan Untuk Badan Usaha

Edabu BPJS Kesehatan
Edabu BPJS Kesehatan

Edabu BPJS Kesehatan adalah aplikasi khusus yang disediakan oleh BPJS Kesehatan untuk mempermudahkan badan usaha memasukkan data dan mengolah data karyawannya.

Edabu BPJS Kesehatan merupakan salah satu aplikasi dari BPJS Kesehatan yang dikhususkan untuk badan usaha. Aplikasi ini mempunyai fungsi utama sebagai pusat data karyawan badan usaha yang diikutkan BPJS Kesehatan.

Peraturan yang baru dari pemerintah adalah setiap badan usaha wajib mengikutsertakan semua karyawannya ke dalam layanan BPJS Kesehatan. Untuk mempermudah dalam melakukan pendaftaran dan memasukkan data karyawan dibuatlah aplikasi edabu ini.

Untuk mengakses edabu ini hanya bisa dilakukan oleh admin BPJS Kesehatan dalam perusahaan tersebut. Satu perusahaan diberikan satu akun admin yang bisa digunakan oleh pihak HRD. Oleh karena itu, HRD wajib paham bagaimana cara menggunakan edabu ini.

Fitur-Fitur Edabu BPJS Kesehatan Terbaru

Fitur-Fitur Edabu BPJS Kesehatan Terbaru
Fitur-Fitur Edabu BPJS Kesehatan Terbaru

Edabu merupakan aplikasi BPJS Kesehatan perusahaan yang dibuat untuk memudahkan perusahaan memasukkan data karyawan. Di dalam edabu ini mempunyai banyak fitur, yaitu :

1. Daftar atau Upload Massal

Ini merupakan fitur utama dari edabu BPJS, dengan fitur ini Anda bisa langsung memasukkan data karyawan dalam jumlah banyak. Dengan adanya fitur ini Anda tidak perlu memasukkan data karyawan satu persatu. Cukup siapkan dokumen excel kemudian upload di edabu untuk mendaftarkan BPJS Kesehatan karyawan.

2. Cek Data

Jika data sudah berhasil di upload maka Anda bisa mengeceknya dengan fitur ini. Fitur ini juga bisa Anda gunakan untuk mengecek apakah data yang dimasukkan sudah sesuai atau belum.

3. Rekap Iuran

Edabu juga menyediakan fitur rekap iuran yang bisa Anda gunakan. Dengan adanya fitur ini semua iuran dihitung secara otomatis. Anda tidak perlu menghitung secara manual karena semuanya sudah dihitung berdasarkan sistem edabu.

Fitur rekap iuran ini juga membantu menghitungkan iuran yang harus dibayarkan oleh karyawan. Dengan adanya fitur ini Anda bisa langsung memotong gaji karyawan untuk membayar BPJS Kesehatan.

4. Edit dan Tambah

Data yang sudah dimasukkan tentu bisa diubah sesuai dengan kebutuhan. Anda bisa melakukan edit dan penambahan data ketika ada karyawan yang masuk atau keluar. Aplikasi ini akan sangat memudahkan Anda dalam mengelola data karyawan yang didaftarkan di BPJS Kesehatan.

5. Approval

Fitur baru yang ada di layanan edabu ini adalah fitur approval. Edabu versi lama membutuhkan waktu yang lama untuk approval langsung dari BPJS Kesehatan. Dengan adanya fitur ini Anda bisa melakukan approval sendiri, dengan demikian proses pendaftaran akan semakin cepat.

Proses cut off juga diperbarui pada edabu yang terbaru. Tanggal terakhir cut off adalah 30 setiap bulannya. Jadi jika Anda mendaftarkan karyawan pada tanggal 30 maka BPJS Kesehatan karyawan tersebut sudah aktif di tanggal 1 bulan depannya.

6. Fitur Tambahan Lainnya

Edabu juga sudah dilengkapi dengan fitur tambahan untuk edit profil dn reset password. Jika Anda lupa password edabu bisa mengatur ulang dengan menggunakan menu ini.

Cara Menggunakan Edabu BPJS Kesehatan

Cara Menggunakan Edabu BPJS Kesehatan
Cara Menggunakan Edabu BPJS Kesehatan

Seperti yang sudah dijelaskan bahwa fungsi utama dari edabu BPJS ini adalah untuk mendaftarkan karyawan ke BPJS Kesehatan. Daftar BPJS Kesehatan bisa dilakukan secara kolektif oleh perusahaan dengan menggunakan edabu ini.

Dengan aplikasi ini Anda hanya perlu menyiapkan data karyawan yang akan didaftarkan dalam bentuk excel. Dokumen excel inilah yang nantinya diupload pada edabu. Cara ini memungkinkan Anda mendaftarkan 1000 karyawan dalam satu waktu sekaligus.

Adapun cara mendaftarkan karyawan dengan menggunakan aplikasi edabu ini adalah:

1. Mengisi Data Diri

Langkah awal yang harus dilakukan oleh Anda adalah mengisi data diri. Data yang paling penting adalah KTP dan kartu keluarga. Anda bisa meminta setiap karyawan untuk mengumpulkan fotokopi KTP dan kartu keluarga. Data ini perlu Anda rekap dalam bentuk excel sebelum di unggah ke edabu.

2. Pilih Data Peserta

Jika semua data sudah terupload, maka langkah selanjutnya adalah memilih data peserta. Anda bisa memilih salah satu data karyawan untuk dipilihkan dan diisikan jenis fasilitas yang akan diterima dan unit kerja dari karyawan tersebut. Anda bisa melakukannya secara kolektif.

Sebelum menyimpan semua data yang sudah dimasukkan Anda harus mengeceknya terlebih dahulu. Pastikan semua data sudah benar dan sesuai dengan ketentuan perusahaan dan BPJS Kesehatan.

3. Lakukan Approval

Jika semua data sudah benar maka selanjutnya lakukan approval. Approval ini dilakukan oleh perusahaan secara mandiri. Proses approval ini sangat cepat hanya memakan waktu beberapa jam saja.

4. Cek dan Cetak Kartu BPJS Kesehatan

Setelah melakukan approval Anda akan mendapatkan e-id BPJS Kesehatan. Id inilah yang nantinya menjadi nomor BPJS Kesehatan karyawan yang sudah didaftarkan. Setelah mendapatkan e-id ini Anda perlu mencetak kartu BPJS Kesehatan.

BACA JUGA : Aplikasi Pcare BPJS Kesehatan Untuk Faskes Tingkat I

Cetak kartu BPJS Kesehatan bisa dilakukan secara mandiri oleh perusahaan. Perusahaan juga bisa memberikan langsung e-id kepada pada karyawannya. Dengan menggunakan e-id ini karyawan juga bisa mengakses JKN online.

Mudah bukan, menggunakan aplikasi edabu BPJS Kesehatan untuk badan usaha atau perusahaan ini?

Selain mendaftarkan karyawan, Anda juga bisa mengecek dan memperbaiki data karyawan jika terjadi perubahan. Anda juga perlu mengupdate data jika ada karyawan baru yang masuk ataupun karyawan yang keluar.