Cara Menggunakan Aplikasi Antrian Paspor Online Lengkap

Antrian Paspor
Antrian Paspor

Menggunakan aplikasi antrian paspor online lebih efisien karena Anda tidak perlu lagi antri lama di Imigrasi, dalam satu akun bisa digunakan untuk 4 anggota.

Paspor menjadi dokumen yang sangat penting bagi Anda yang ingin berpergian ke luar negeri. Kini pemerintah sudah membuka layanan antrian paspor online yang lebih cepat dan praktis untuk mereka yang sibuk.

Layanan Paspor Online

Layanan Paspor Online
Layanan Paspor Online

Layanan paspor online ini dikeluarkan oleh Direktorat Jenderal Imigrasi pada laman utama mereka. Anda bisa membukanya pada alamat www.antrian.imigrasi.go.id.

Menu Antrian pada laman tersebut bisa digunakan untuk antri membuat paspor baru maupun perpanjang paspor.

Hanya saja, setiap hari jumlah antrian dibatasi sehingga Anda harus mendaftar seawal mungkin setiap harinya.

Aplikasi antrian ini sementara hanya untuk melayani antriannya saja dan belum bisa mengurus paspor 100%. Untuk melengkapi berbagai berkas, Anda tetap harus mendatangi kantor imigrasi.

Hanya saja, Anda dimudahkan dengan adanya perkiraan waktu pada aplikasi online ini, sehingga ketika datang tidak perlu mengantri.

Cara Menggunakan Layanan Antri Paspor

Cara Menggunakan Layanan Antri Paspor

Layanan antri paspor yang disediakan oleh Direktorat Jenderal Imigrasi ada 2 macam, yaitu versi web dan aplikasi smartphone. Apabila Anda kesulitan karena layanan paspor online tidak bisa diakses, silahkan coba versi layanan lain. Berikut cara menggunakan layanan antri paspor terbaru :

  1. Menggunakan Layanan Antrian Paspor Versi Smartphone

Untuk menggunakan layanan versi smartphone, Anda perlu mengunduhnya terlebih dahulu tergantung jenis ponsel Anda. Setelah terinstal barulah ikuti cara di bawah ini :

Membuat Akun pada Apapo

Membuat Akun pada Apapo

Langkah pertama setelah mengunduh aplikasi adalah membuat akun di Apapo. Untuk mendaftar Anda bias menggunakan email gmail yang aktif untuk verifikasi.

Pada aplikasi antrian paspor versi 1 dan terbaru, cara membuat akun masih sama. Setelah email terverifikasi, cukup membuat username dan password yang akan digunakan.

Anda dapat memasukan 4 orang sekaligus ke dalam akun Anda, dan mengurusnya dalam satu antrian.

Pilih Antrian

Klik Antrian dan Isi Formulir yang dibutuhkan, dengan data diri yang benar, pastikan NIK jangan sampai salah lalu Simpan. Data diri yang diisi disini merupakan data pemilik akun.

Memasukan Jumlah Antrian

Masukan jumlah antrian sesuai dengan berapa orang yang akan datang mengurus paspor bersama Anda.

Kuota Antrian

Setiap harinya kantor Imigrasi hanya menyediakan 384 slot antrian saja. Sehingga Anda harus memperhatikan kuota pada hari yang dipilih. Anda bisa memesan slot antrian di hari yang berbeda, dan bukan hari Anda mengajukan antrian.

Pilih Tanggal Serta Lokasi Pembuatan Paspor

Untuk melihat apakah tanggal yang Anda pilih penuh atau belum, cukup perhatikan warnanya. Apabila berwarna merah, berarti hari itu sudah penuh dan Anda harus memilih tanggal lain.

BACA JUGA : Berbagai Hal yang Perlu Anda Ketahui Mengenai NPWP Online

Setelah memilih tanggal selanjutnya memilih dimana Anda akan mengurus paspor. Pada aplikasi ditunjukan berapa jarak kantor imigrasi terdekat dari rumah Anda. Setelah itu pilih tanggal dan lokasi dimana Anda akan mengurus paspor.

Supaya lebih mudah, aktifkan GPS agar ponsel bisa mendeteksi mana lokasi pelayanan imigrasi terdekat.

Mengisi Data Diri Anggota

Jika ada orang lain yang ikut bersama mengantri pada akun Anda, maka isikan data diri pengikut secara jelas. Jangan sampai nama, NIK, dan tanggal lahirnya sampai salah.

Barcode

Setelah pengajuan antrian terverifikasi, akan muncul barcode yang menunjukan waktu antrian, dan tempat antrian. Barcode ini perlu dibawa saat mengunjungi kantor Imigrasi karena dijadikan sebagai identitas antri Anda. Barcode ini nantinya akan ditukar dengan nomor antrian sebenarnya.

  1. Cara Menggunakan Layanan Antri Paspor pada Website

Untuk mengikuti antrian pada website, caranya hampir sama dengan aplikasi. Detailnya bisa Anda simak pada penjelasan di bawah ini:

  • Membuka Website Antrian.Imigrasi.go.id, dan buat akun
  • Pilih Menu Pra Permohonan Personal
  • Isi formulir dengan benar, kemudian Simpan
  • Pilih kantor imigrasi terdekat
  • Pilih waktu kedatangan
  • Isi data diri semua anggota yang mengurus paspor bersama
  • Cek ulang waktu yang sudah dipilih, dan keluar

Cara mengisi antrian paspor online sangatlah mudah, baik melalui aplikasi pada smartphone maupun website.

Syarat Pendaftaran

Untuk Bisa mendaftarkan paspor Anda, ada beberapa syarat yang harus dipenuhi, seperti berikut ini :

  • KTP/ Surat Keterangan Pindah ke Luar Negeri
  • KK
  • Akta Lahir, Akta Perkawinan, Buku Nikah, atau Ijazah ( identitas yang berisi nama, tanggal lahir, dan nama orang tua)
  • Surat Kewarganegaraan Indonesia bagi WNA naturalisasi
  • Surat Penetapan merubah nama apabila nama diganti

BACA : Panduan Registrasi DJP Online Billing untuk Bayar Pajak

Biaya yang Dibutuhkan

Biaya yang Dibutuhkan

Untuk membuat paspor biaya yang dibutuhkan untuk paspor biasa 48 halaman adalah Rp 350.000. Sedangkan untuk paspor elektronik 48 halaman adalah Rp 650.000.

Terakhir, untuk Anda yang memilih layanan paspor percepatan biayanya Rp 1.000.000, ini lebih mahal karena jadi pada hari yang sama.

Proses di Kantor Imigrasi

Setelah mendapatkan kapan waktu antrian dari aplikasi, Anda harus datang ke kantor Imigrasi untuk mendapatkan paspor. Proses yang perlu dilalui pada kantor Imigrasi adalah sebagai berikut :

  • Petugas akan memeriksa kelengkapan syarat dan keabsahannya
  • Membayar penuh biaya paspor
  • Mengambil sidik jari sekaligus foto untuk paspor
  • Wawancara
  • Verifikasi
  • Adjudikasi

Apabila saat Anda mencoba proses antri paspor secara online gagal, jangan menyerah. Ingat bahwa setiap hari dibatasi jumlah pelayanannya, sehingga wajar apabila sewaktu-waktu Anda tidak bisa daftar antrian paspor online. Jika hal ini terjadi, tunggu sebentar dan silahkan coba kembali.

Itu dia, berbagai informasi seputar penggunaan layanan antrian paspor online serta bagaimana cara menggunakannya.