Cara Membuat Surat Setoran Elektronik di Situs SSE3 Pajak

SSE3 Pajak
SSE3 Pajak

Hadirnya aplikasi SSE3 pajak sebagai alternatif SSE versi 1 dan 2 semakin memudahkan masyarakat. Cara mendaftar dan membuat e-billing-nya sangat mudah.

Kehadiran aplikasi SSE3 dari Ditjen Pajak (DJP) membuat transaksi pembayaran pajak semakin mudah. Aplikasinya berbasis web, sehingga semua orang dapat mengaksesnya dengan mudah melalui peramban internet. Fasilitas ini sekaligus menjadi sebagai alternatif dari SSE1 dan SSE2 pajak.

Seperti diketahui, sejak awal tahun 2016 pemerintah telah memindahkan sistem pembayaran pajak manual ke elektronik.

Kini masyarakat bisa melaksanakan kewajibannya membayar pajak cukup dengan Surat Setoran Elektronik. Cara mendaftar dan membuat SSE sangat mudah dan bisa dilakukan dari manapun.

Cara Membuat Akun SSE3 Online

Cara Membuat Akun SSE3 Online
Cara Membuat Akun SSE3 Online

Bagi orang-orang yang memiliki tanggungan wajib pajak, aplikasi semacam SSE online tentu sangat dibutuhkan.

Baik individu maupun badan usaha dapat melakukan pendaftaran gratis tanpa perlu datang dan mengantre di kantor pajak.

Cukup buka browser di ponsel atau komputer, lalu ikuti tata cara pendaftaran berikut ini.

1. Buka situs resmi SSE3 Pajak

Seperti yang disebutkan tadi, SSE3 adalah salah satu dari tiga situs pembuatan ID billing pajak. Selain versi ketiga, Anda juga bisa membuat akun melalui situs versi 1 maupun versi dua.

Buka salah satunya dengan menuliskan alamat sse.pajak.go.id (bisa juga menggunakan subdomain sse2 atau 3).

Anda disarankan menggunakan versi ketiga karena situs ini adalah penyempurnaan dari dua versi sebelumnya.

Setelah membuka situs webnya, klik opsi “Belum Punya Akun” untuk mendaftarkan diri Anda. Atau jika sudah pernah mendaftar dari versi lama, data login bisa digunakan di situs web versi terbaru.

2. Melengkapi identitas diri

Identitas yang dimaksud adalah berupa data personal atau perusahaan, tergantung untuk apa ID billing akan digunakan. Beberapa data yang diperlukan adalah nama, alamat email, NPWP, dan PIN (6 digit angka). Di sana biasanya juga ada kode keamanan semacam CAPTCHA yang harus diisi.

3. Aktifkan akun Anda

Setelah data pendaftaran dikirim, akun Anda belum bisa langsung digunakan untuk masuk dan transaksi.

Jangan lupa cek email masuk dari SSE3, lalu klik tautan aktivasi yang ada di dalamnya. Jika berhasil, maka Anda akan mendapat pemberitahuan di layar bahwa aktivasi telah dilakukan.

Baru setelah itu Anda bisa login ke dasbor untuk membuat ID billing pembayaran pajak. Untuk login sendiri, data yang dibutuhkan adalah NPWP dan PIN yang dibuat saat pendaftaran, serta mengisi kode CAPTCHA. Jadi sebaiknya ingat-ingat NPWP atau catat nomornya di ponsel.

Membuat Kode Billing untuk Pembayaran SSE3 Pajak

Sekarang Anda bisa melihat halaman dasbor situs web Surat Setoran Elektronik. Jika ini adalah pertama kalinya Anda masuk ke halaman SSE, mungkin akan sedikit bingung.

Namun pada dasarnya caranya di versi tiga ini lebih sederhana dan mirip dengan e-billing versi 2 dan 1, yaitu:

1.   Masuk ke menu ‘Isi SSE’ untuk menampilkan formulir Surat Setoran Elektronik. Anda tidak perlu lagi mengisi data diri seperti NPWP, Nama dan lain-lain karena kolom tersebut otomatis terisi.

2.   Cari dan pilih jenis pajak apa yang ingin dibuat ID billing-nya. Di situs web ini Anda dapat membuat kode untuk pembayaran PPN, PPh, PBB, dan PPnBM.

3.   Setelah itu Anda pilih jenis setorannya, apakah itu pembayarannya tahunan atau bulanan. Tulis berapa bulan pajak yang hendak dibayar, tahun pajak dan jumlah setoran pajaknya.

4.   Selalu periksa lagi dari atas sampai bawah supaya tidak ada data yang keliru. Terakhir, klik Simpan untuk menerbitkan dan mendapat kode billing.

Menerbitkan dan Mencetak Kode Billing SSE3 Pajak

Menerbitkan dan Mencetak Kode Billing SSE
Menerbitkan dan Mencetak Kode Billing SSE

Ini adalah langkah terakhir di mana Anda akan mendapat file tagihan pembayaran pajak. Langkah ini masih berkesinambungan dengan langkah sebelumnya.

1.   Pastikan kode billing tadi berhasil dibuat dengan tanda konfirmasi yang muncul di layar.

2.   Munculkan kode billing yang terdiri dari 15 digit. Kode ini masa berlaku efektifnya adalah 30 hari, jadi Anda bisa membayarnya kapanpun selama masa tersebut.

3.   File bisa langsung dicetak ke printer dengan mengklik tombol cetak di bagian sudut kanan atas. Namun jika ingin dikirim ke seseorang melalui email, Anda bisa mengunduhnya ke dalam bentuk PDF.

Aplikasi Surat Setoran Elektronik Pajak versi 3 ini disebut-sebut paling efektif untuk melayani orang-orang wajib pajak di Indonesia.

Meski demikian, Ditjen Pajak masih membuka fasilitas lama yaitu billing elektronik di sius SSE versi 1 dan 2. Satu akun bisa digunakan untuk masuk ke semua fasilitas tersebut.

Selain itu cara ini sangat efektif untuk meminimalkan kesalahan kode pajak atau jenis setoran. Sistem akan membantu Anda menuju ke jawaban yang paling benar dan tepat dalam pengisian formulir SSE.

Selain memudahkan masyarakat, aplikasi SSE3 juga semakin meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap pembayaran pajak.

Semua bisa dilakukan secara online dan prosedurnya relatif mudah. Pilihan pembayarannya pun beragam sehingga semua bisa dilakukan tanpa harus pergi keluar.