Cara Lapor Pajak Online Untuk PPh 1770 S dan PPh 1770 SS

Lapor Pajak Online
Lapor Pajak Online

Cara lapor pajak online untuk PPh 1770 S dan PPh 1770 SS wajib diketahui. Kedua kriteria wajib pajak tersebut cara melaporkannya berbeda. Berikut panduannya.

Cara lapor pajak online khususnya pajak pribadi seperti pegawai sipil dan karyawan swasta perlu diketahui. Tentu dengan melaporkan pajak secara online akan lebih efisien dari segi waktu dan tenaga.

Namun, tidak sedikit yang belum bisa atau belum tahu cara membayarnya melalui online. Apalagi antara PPh 1770 S dan PPh 1770 SS bed acara pelaporannya. Untuk itu mari simak Syarat yang harus dilengkapi dan cara lapor SPT Tahunan secara online di bawah in.

Syarat Dokumen Dan Berkas Yang Harus Dilengkapi

Sebelum Anda melaporkan pajak online harus melengkapi syarat dokumen dan berkas terlebih dahulu. Jika salah satu syaratnya belum terpenuhi maka belum bisa mengajukan pelaporan secara online ini.

Berikut beberapa berkas dan dokumen yang perlu Anda persiapkan:

1. Siapkan Data Diri

Bagi warga negara Indonesia data diri yang harus dipersiapkan adalah berupa KTP/E-KTP/Paspor. Sedangkan bagi warga negara asing bisa memberikan data diri berupa KITAS atau KITAP. Untuk usia wajib pajak adalah 17 tahun sesuai dengan syarat pembuatan KTP.

2. Membuat NPWP

Dalam membuat NPWP ini tidak harus datang ke kantor pajak tapi bisa mendaftar secara online. NPWP ini digunakan sebagai tanda bukti wajib pajak. Fungsinya hampir sama dengan KTP yaitu sebagai identitas diri. Bedanya NPWP ini hanya digunakan ketika ingin pelaporan dan pembayaran pajak.

3. Siapkan Electronic Filing Identification Number atau EFIN

EFIN ini dikeluarkan oleh DJP. Anda bisa meminta untuk dibuatkan jika belum memilikinya. Jika sudah ada tinggal lakukan aktivasi saja secara online di situs resminya DJP.

4. Siapkan Bukti Potong Pajak

Anda juga harus menyiapkan bukti potong pajak. Bukti potong pajak adalah dokumen yang dimiliki oleh setiap wajib pajak dan sifatnya penting karena dibutuhkan untuk melengkapi persyaratan saat Anda hendak melakukan pembayaran pajak penghasilan (PPh).

Setelah semua syarat terpenuhi Anda bisa membuat akun di DJP untuk digunakan pelaporan pajak online nantinya. Untuk membuat akun ini caranya dengan buka situs djponline.pajak.go.id, lalu klik Daftar (siapkan nomor NPWP dan password Anda.

Tunggu notifikasi link di email Anda. Jika sudah masuk Klik link tersebut dan akun Anda telah aktif. Nanti untuk login cukup dengan nomor NPWP dan password dari akun yang baru saja Anda daftarkan. Kini Anda bisa langsung melaporkan pajak online melalui E-Filing.

Cara Lapor Pajak Pribadi Online Dengan E-Filing

Cara pelaporan pajak pribadi ini bisa dilakukan melalui E-filing DJP Online. DJP Online Pajak menghimbaukan cara bayar terbaru ini untuk memudahkan bagi karyawan swasta maupun sipil dalam melaporkan wajib pajak. Untuk cara pelaporan pajak yang bisa dilakukan adalah sebagai berikut:

1. Buka situs web DJP Online di djponline.pajak.go.id

2. Login kemudian Anda bisa coba Masukkan Nomor NPWP dan password sesuai dengan saat mendaftar akun DJP.

3. Klik ‘Lapor’ Lalu pilihlah ‘E-Filing’

4. Klik tombol ‘Buat SPT’

5. Isi formulir SPT pajak pribadi

6. Melengkapi data formulir, sesuai dengan kriteria wajib pajak yang harus Anda bayarkan

Untuk pelaporan wajib pajak antara PPh 1770 S dan PPh 1770 SS point 1-5 langkah-langkahnya sama. Namun yang membedakan ada pada pengisian formulir pada masing-masing kriteria pajak.

Bagaimana petunjuk pengisiannya? Anda bisa simak langkahnya di bawah ini.

Petunjuk Pengisian Formulir dan Pelaporan Pajak Kriteria PPh 1770 S

Wajib pajak yang masuk kriteria PPh 1770 S ini adalah wajib pajak yang memiliki pendapatan bruto mencapai Rp60.000.000 juta selama 1 tahun. Jika Anda masuk kriteria ini maka panduan pengisian formulir dan pelaporannya adalah sebagai berikut:

  • Masukkan tahun pajak
  • Tekan Tombol tambah kemudian Anda bisa masukkan semua data pajak yang telah dibayarkan
  • Masukkanlah total pendapatan bersih Anda. Jika Anda memiliki pendapatan lain maka jawab ya dan isikan sesuai keterangan yang ada di formulir.
  • Masukkan harta secara lengkap dan rinci termasuk status Anda saat ini apakah sebagai Kepala keluarga, hidup berpisah atau pisah harta dan berpenghasilan.
  • Laporkan pajak yang telah dibayar
  • Periksa Kembali Data yang tadi sudah Anda isi
  • Konfirmasi Ketepatan Data dengan centang pada kolom “Setuju”
  • Kirim Data

BACA : Pengertian SPT Online, Cara Daftar Dan Petunjuk Pelaporannya

Petunjuk Pengisian Formulir dan Pelaporan Pajak Kriteria PPh 1770 S

Untuk kriteria wajib pajak PPh 1770 S adalah wajib pajak yang memiliki pendapatan dalam satu tahun kurang dari Rp60.000.000. Jika Anda masuk kriteria ini maka untuk pengisian formulir dan pelaporannya adalah sebagai berikut:

  • Masukkan tahun pajak
  • Tuliskan jumlah penghasilan bruto
  • Kosongkan kolom ‘Pengurangan’ Jika Anda tidak memiliki penghasilan lain.
  • Pada kolom PTKP, isi jumlah tanggungan agar bisa tahu Penghasilan Tidak Kena Pajak (PTKP).
  • Klik ‘Berikutnya’
  • Isi jumlah Dasar Pengenaan Pajak (DPP)
  • Klik ‘Berikutnya’
  • Tulis keseluruhan harta dan utang
  • Beri tanda centang (setuju) jika data sudah sesuai.
  • Lalu, klik ‘Langkah Berikutnya’
  • SPT sudah bisa dikirimkan

Itulah cara lapor pajak online untuk PPh 1770 S dan PPh 1770 SS yang wajib Anda ketahui. Petunjuk pengisian formulir pada masing-masing kriteria harus dipahami dengan baik agar terhindar dari kesalahan dalam melaporkan pajak. Jika terjadi kesalahan maka Anda diminta untuk memperbaikinya.