Cara dan Langkah Membuat NPWP Badan untuk Perusahaan Anda

Membuat NPWP
Membuat NPWP

Ingin membuat NPWP Badan untuk perusahaan Anda? Baca tulisan ini, karena kami akan menjelaskan bagaimana persyaratan memperoleh NPWP demi kelancaran usaha.

NPWP badan ialah nomor wajib pajak yang diperuntukan bagi bisnis atau usaha swasta. NPWP, yang merupakan kependekan dari Nomor Pokok Wajib Pajak ini berbeda dengan NPWP pribadi. Di sini, kami akan menerangkan bagaimana Anda bisa mendaftarkan perusahaan Anda sehingga bisa memiliki NPWP.

Namun sebelum jauh melangkah, mari kita bahas terlebih dahulu siapa yang wajib membayar pajak. Karena, tidak semua wajib pajak dikenakan beban untuk membayar pajak.

Siapa yang wajib membayar pajak?

Frasa Wajib Pajak, sering sekali terdengar di telinga kita. Namun, terkadang orang kurang bisa mengerti tentang frasa ini. Padahal, tidak semua wajib pajak harus membayar pajak. Mari kita telusuri. Jadi, ada tiga golongan yang menjadi wajib pajak. Mereka adalah….

1. Wajib Pajak Individu

Wajib pajak ini adalah tiap individu yang penghasilannya berasal dari bisnis atau perusahaan. Bisa juga satu individu yang memiliki gaji dari perusahaan tempatnya bekerja. Intinya, semua warga negara Indonesia yang bekerja, masuk dalam kategori ini.

2. Wajib Pajak Badan

Mereka adalah wajib pajak badan milik pemerintah, dan badan milik swasta. Misalnya PT, CV, lembaga serta Yayasan.

3. Wajib Pajak Bendahara sebagai pemungut dan pemotong pajak

Ini terdiri dari dua bendahara. Yakni orang yang bekerja sebagai bendahara yang bekerja untuk pemerintah pusat serta individu yang provesinya sebagai bendahara yang bekerja di tingkatan pemerintah daerah.

Wajib pajak ialah individu atau badan usaha yang memenuhi persyaratan sebagai subyek pajak. Selain itu, individu dan atau badan usaha tadi juga memperoleh penghasilan yang juga merupakan objek pajak. Di poin ini, untuk menjadi wajib pajak, individu atau badan usaha tadi mesti memenuhi dua syarat. Yakni subyek dan obyek pajak.

Sehingga, tak semua wajib pajak wajib untuk membayar pajak, meski mereka memiliki NPWP. Hanya wajib pajak yang memenuhi persyaratan sebagai subyek dan obyek pajak lah yang dibebani kewajiban untuk membayar pajak.

BACA : Mengenal DJP Online: Fungsi dan Tahapan Registrasi

Syarat Pendaftaran NPWP Badan

Setelah memahami poin di atas, dan bila perusahaan Anda telah memenuhi syarat untuk membayar pajak, kini saatnya melengkapi persyaratan untuk pendaftaran NPWP Badan.

1. Untuk Usaha Pencari Laba

Ini adalah kebanyakan badan usaha di luar sana. Dengan maksud pendirian murni untuk mencari laba, maka perusahaan yang bersangkutan wajib memenuhi syarat-syarat berikut ini agar mendapatkan NPWP badan.

a. Bila perusahaan ini adalah perusahaan negeri, maka wajib melampirkan fotokopi akta pendirian. Bisa juga fotokopi dokumen pendirian, serta perubahannya (bila ada).

b. Bila perusahaan tersebut adalah perwakilan dari perusahaan asing, maka wajib melampirkan fotokopi surat keterangan penunjukan dari main office di negara asalnya.

2. Badan Usaha Non Profit

a. fotokopi KTP pengurus (jika dirinya adalah warga negara Indonesia), atau….

b. fotokopi paspor pengurus perusahaan, jika dirinya adalah warga negara asing.

c. Surat bermaterai yang menjelaskan kalau badan usaha tersebut melakukan kegiatan usaha pada lokasi yang telah dijelaskan. Surat ini harus berasal dari pengurus wajib pajak badan.

3. Badan Usaha untuk Perusahaan Hasil Kerjasama

a. Akta pendirian atau surat perjanjian bukti kerjasama operasional perusahaan tersebut.

b. Fotokopi NPWP anggota masing-masing perusahaan.

c. Fotokopi KTP dan NPWP (jika isi badan usaha tersebut adalah WNI) dan fotokopi paspor dan NPWP (jika isi badan usaha tersebut adalah orang asing)

4. Badan Usaha Untuk Perusahaan dengan Status Cabang

a. Fotokopi NPWP perusahaan pusat

b. Surat bermaterai dari pimpinan pusat atau pimpinan cabang. Dengan menyatakan bahwa usaha yang bersangkutan benar-benar dilaksanakan pada alamat yang tertera pada surat tersebut.

Cara Membuat NPWP Badan

Setelah Anda melengkapi segala persyaratan (disesuaikan dengan status perusahaan Anda), maka sekarang saatnya mengetahui cara membuat NPWP badan. Dan ternyata, proses membuat NPWP ini tidak sesulit yang Anda bayangkan, sebab semuanya bisa dilakukan dengan cara online.

1. Kunjungi www.pajak.go.id melalui peramban. Lalu pilih e-Registration. Anda bisa mendaftar terlebih dahulu bila sebelumnya belum pernah daftar. Bila sudah, silahkan login. Anda juga bisa menyimpan password Anda di peramban bila Anda menggunakan komputer atau gawai milik pribadi.

2. Setelah mendaftar, Anda akan menerima email verifikasi di inbox. Pastikan Anda mendapatkan email ini sebelum beranjak ke langkah berikutnya. Setelah mendapatkan email, segera verifikasi link yang ada di dalam email tersebut.

3. Kembali ke menu e-Registration di www.pajak.go.id, lalu masukkan email serta password yang Anda buat tadi. Di sini, Anda bisa memasukkan semua data dan lampiran yang diminta oleh sistem. pastika Anda memenuhi semua persyaratan. Perhatikan juga seberapa besar maksimal gambar atau foto yang bisa Anda unggah untuk menghindari error di tengah pengisian formulir pendaftaran.

4. Bila belum berhasil, maka Anda akan menerima email yang isinya status kegagalan pendaftaran. Bila ini terjadi, jangan panik. Segera kembali ke e-Registration di website resmi pajak untuk melihat bagian mana saja yang gagal. Di sini, sistem akan memberitahu Anda di mana letak kesalahan pengisian data yang menyebabkan kegagalan pendaftaran NPWP Badan Anda.

5. Bila Anda berhasil, maka Anda akan mendapat email berupa keterangan bahwa perusahaan telah terdaftar sementara.

6. Anda juga akan mendapatkan dokumen yang wajib Anda cetak. sekarang, print semua dokumen tersebut, dan tandatangani di bagian-bagian yang perlu ditandatangani.

7. Kirimkan kembali dokumen yang telah Anda tandatangani ke KPP. Selain mengirimkan secara fisik, Anda juga bisa mengirimkan berkas tersebut secara digital, dengan cara scan dokumen tersebut, lalu kirim ke website melalui e-Registration.

Kesimpulan

Membuat NPWP Badan sangat mudah, karena sudah didukung dengan e-Registration. Kini, tak ada lagi alasan untuk tidak membuat NPWP untuk perusahaan Anda. Jadi, apakah Anda sudah siap membuatnya hari ini?