Cara Daftar BPJS Online untuk Kesehatan Anda dan Keluarga

BPJS Online
BPJS Online

Kesehatan merupakan investasi yang begitu berharga. Lindungi kesehatan diri Anda dan keluarga dengan cara daftar bpjs online. Langkahnya begitu mudah dan cepat.

Kesehatan merupakan investasi terbaik yang dapat Anda berikan pada diri sendiri dan keluarga.

Untuk memastikan bahwa Anda sekeluarga dapat mengakses layanan kesehatan di dalam negeri, maka Anda harus mendaftar dalam kepesertaan BPJS Kesehatan.

Saat ini, daftar bpjs online juga sudah dapat dilakukan.

Ada banyak sekali hak dan manfaat yang Anda peroleh jika menjadi peserta BPJS. Di antaranya yaitu mendapat layanan konsultasi, pemeriksaan, dan pengobatan di puskesmas, klinik, hingga rumah sakit sesuai kebutuhan Anda.

Bagi Anda yang ingin mendaftar BPJS Kesehatan secara online, simak cara mudah berikut.

Pendaftaran BPJS Kesehatan Online

BPJS Online
BPJS Online

Bukan rahasia umum lagi jika antrian pendaftaran di kantor bpjs kesehatan seringkali mengular. Tidak jarang, calon peserta harus mengambil nomor antrian sejak pagi jika tidak ingin menghabiskan waktu tunggu lebih lama lagi. Tentu sangat menguras energi dan menyita begitu banyak waktu Anda yang berharga.

Namun, Anda boleh bernafas lega sekarang, karena BPJS Kesehatan telah menyediakan platform pendaftaran peserta baru melalui website.

Berikut cara daftar bpjs online keluarga yang dapat Anda lakukan secara langsung.

1. Kunjungi Situs Resmi BPJS online Kesehatan

BPJS Kesehatan memiliki website resmi yang mengakomodasi berbagai fitur, salah satunya yaitu pendaftaran peserta baru.

Anda dapat mengunjungi daftar.bpjs-kesehatan.go.id lalu memilih menu Pendaftaran Peserta Baru

2. Input Nomor Kartu Keluarga

Pada tampilan layar dan kolom yang tersedia, Anda akan diminta untuk memasukkan nomor KK sebagai syarat daftar bpjs.

Setelah itu, Anda lanjutkan dengan memasukkan kode captcha. Lalu Anda klik inquery KK, dan seluruh nama anggota keluarga di KK tersebut akan ditampilkan.

Sesuai dengan kebijakan perundang-undangan, seluruh warga negara Indonesia diwajibkan untuk terdaftar dalam keanggotaan BPJS.

Dengan demikian, Anda dan seluruh anggota keluarga tanpa terkecuali harus mendaftarkan diri.

3. Lengkapi Data Kepesertaan

Selanjutnya Anda diminta untuk mengisi formulir bpjs kesehatan online yang berisi identitas diri dan keluarga. Isi sebenar-benarnya dan jangan ada yang terlewatkan karena Anda tidak bisa lanjut ke tahap selanjutnya jika data tidak lengkap.

Pastikan juga alamat yang Anda cantumkan sesuai dengan alamat yang tertera di KTP.

4. Pilih Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama

Pilih Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama
Pilih Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama

Setelah itu, Anda diharuskan memilih fasilitas kesehatan utama Anda, yang umumnya terdiri dari puskesmas atau klinik pertama. Pilihlah fasilitas kesehatan dengan lokasi yang paling dekat dengan lingkungan tempat tinggal Anda.

5. Unggah Foto BPJS Online

Anda diwajibkan untuk mengunggah foto diri. Perlu diperhatikan, demi kelancaran proses ini pastikan file foto Anda tidak berukuran lebih dari 50 kb.

6. Lengkapi Kelas Perawatan dan Nomor Rekening Bank

BPJS Kesehatan menawarkan kelas perawatan mulai dari kelas 1 hingga kelas 3. Besar iuran perbulannya juga berbeda, yaitu 80.000 rupiah untuk kelas 1, 51.000 rupiah untuk kelas 2, dan 25.500 rupiah untuk kelas 3.

Sebaiknya Anda memilih sesuai dengan kesanggupan Anda.

Selain itu, Anda juga diwajibkan menyertakan nomor rekening bank untuk keperluan pembayaran otomatis melalui sistem auto debet. Bank yang disarankan yaitu BRI, BNI, Mandiri, dan BCA.

Jika Anda tidak memiliki rekening di bank tersebut tidak masalah, karena Anda masih dapat membayar secara manual.

Setelah semua data lengkap, Anda masukkan kembali kode captcha lalu klik tombol kirim.

BACA JUGA : Cara Mudah Daftar SIPP BPJS Ketenagakerjaan 

7. Verifikasi Email

Verifikasi Email
Verifikasi Email

Ketika pendaftaran Anda berhasil maka BPJS Kesehatan akan mengirimkan email verifikasi. Cek kotak masuk email Anda, dan jika Anda tidak mendapat email verifikasi, sebaiknya Anda memeriksa folder spam.

Setelah itu, Anda klik URL aktivasi dan selanjutnya Anda akan memperoleh nomor Virtual Account (VA).

8. Lakukan Pembayaran BPJS Online

Lakukan Pembayaran
Lakukan Pembayaran

Selanjutnya, Anda mulai dapat membayar iuran yaitu 14 hari sejak pertama kali menerima nomor VA tersebut. Jangan sampai lewat 30 hari kalau Anda tidak ingin mengulang kembali pendaftaran dari awal.

Pembayaran dapat dilakukan melalui ATM, internet banking, atau merchant lain rekanan BPJS.

9. Unduh ID Elektronik

Jika pembayaran telah lunas, maka Anda dapat mengunduh ID elektronik Anda. Dengan ini, Anda sudah berhak untuk memperoleh manfaat dan layanan sebagai peserta BPJS Kesehatan.

Jika Anda berobat, Anda tinggal menunjukkan ID elektronik dari layar ponsel Anda ke petugas.

Namun jika Anda ingin cetak kartu bpjs, Anda bisa menghubungi petugas di kantor BPJS. Bagi Anda yang tidak terdaftar dalam sistem auto debet, jangan lupa untuk selalu membayar iuran sebelum tanggal 10 setiap bulannya. Jika tidak, Anda akan dikenakan denda.

Selain pendaftaran melalui website, Anda bisa juga lho melakukan pendaftaran melalui aplikasi Mobile JKN yang dapat Anda install melalui Play Store atau App Store. Cara ini juga sama mudahnya dengan pendaftaran di website.

Semoga cara daftar bpjs online ini bermanfaat bagi Anda. Selamat mencoba dan jangan lupa untuk selalu menjaga kesehatan diri dan keluarga!