Cara Cek Pengumuman UTBK dan SBMPTN Terbaru

Cara Cek Pengumuman UTBK dan SBMPTN Terbaru
Cara Cek Pengumuman UTBK dan SBMPTN Terbaru

Pengumuman UTBK untuk pendaftaran dan hasilnya sudah ditetapkan tanggalnya. Pastikan Anda mencatat semua tanggal-tanggal penting ini agar bisa lulus tes.

Pengumuman UTBK merupakan pengumuman yang ditunggu-tunggu oleh para siswa kelas 12 yang ingin melanjutkan ke perguruan tinggi.

UTBK ini merupakan ujian tulis berbasis komputer yang diadakan oleh LTMPT untuk seleksi masuk perguruan tinggi negeri.

Pelaksanaan UTBK ini dilakukan secara serentak di seluruh Indonesia. Panitia penyelenggara UTBK menyediakan tempat khusus untuk melakukan ujian ini.

UTBK yang biasanya terdiri dari 2 tes yaitu TPA dan TPS, di tahun 2020 ini hanya diadakan satu kali tes yaitu TPS.

Jadwal Pelaksanaan UTBK dan SBMPTN

Jadwal Pelaksanaan UTBK dan SBMPTN
Jadwal Pelaksanaan UTBK dan SBMPTN

Di tahun 2020 ada banyak peraturan UTBK yang berubah termasuk SBMPTN. Pelaksanaan UTBK dan SBMPTN ini dilakukan dalam waktu yang sama. Jadwal pendaftaran UTBK dan SBMPTN dimulai pada tanggal 2 sampai 20 Juni 2020.

Sebelum mendaftar, Anda harus membuat akun terlebih dahulu di LTMPT. Untuk pembuatan akun ini batas terakhirnya adalah 5 April 2020.

Jadi Anda yang ingin mengikuti tes UTBK dan SBMPTN harus mendaftarkan diri dulu untuk mendapatkan akun di LTMPT.

Agar Anda tidak tertinggal informasi, Anda harus mencatat tanggal penting LTMPT termasuk deadline tanggal pembuatan akun.

Setelah mempunyai akun LTMPT ini Anda bisa tenang dan tinggal menunggu pembukaan pendaftaran UTBK dan SBMPTN.

Pendaftaran SBMPTN yang disamakan dengan tanggal UTBK ini merupakan perubahan peraturan yang terbaru. Jika dulu Anda harus mengikuti UTBK kemudian baru mendaftar SBMPTN, sekarang dilakukan secara serentak.

UTBK dan SBMPTN ini sebenarnya satu kesatuan yang tidak bisa dipisahkan. Hal ini dikarenakan salah satu persyaratan untuk mendaftar SBMPTN diharuskan mempunyai hasil UTPK.

Oleh karena itu, sebelum mendaftar SBMPTN pastikan Anda mendaftar UTBK terlebih dahulu.

UTBK ini hanyalah sebuah alat tes ukur pada siswa yang ingin melanjutkan ke perguruan tinggi. Nilai UTBK inilah yang menjadi pertimbangan utama untuk masuk ke perguruan tinggi negeri.

Agar bisa lolos SBMPTN Anda harus mempunyai nilai UTBK yang tinggi.

Persaingan akan semakin ketat dengan adanya UTBK ini, siswa diharuskan untuk mendapatkan poin tertinggi. Setiap peserta UTBK dan SBMPTN ini hanya diperbolehkan untuk memilih 2 jurusan saja di dua perguruan tinggi yang berbeda.

Pastikan Anda memilih 2 jurusan yang tepat agar bisa lolos.

BACA JUGA : Mengenal Seputar SIM PKB, Aplikasi Untuk Para Guru

Jadwal Pengumuman UTBK

Jadwal Pengumuman UTBK
Jadwal Pengumuman UTBK

Jadwal UTBK ini dilakukan selama satu pekan mulai dari tanggal 5 sampai 12 juli 2020. Setiap harinya akan dibagi menjadi 4 sesi tes kecuali hari jumat pelaksanaannya hanya 2 sesi saja. Setiap sesinya terdiri dari kurang lebih 40 orang yang melakukan tes.

Tempat pelaksanaan tes ini sesuai dengan yang sudah ditetapkan oleh LTMTP dan disesuaikan dengan pilihan para peserta.

Pada saat mendaftar Anda akan diarahkan untuk memilih tempat tes sesuai dengan domisili Anda sekarang. Pemilihan tempat tes ini bisa dimana saja tidak harus sama dengan kota perguruan tinggi pilihan.

LTMTP membuka dua jenis pendaftaran yaitu pendaftaran berbayar sebesar Rp 150.000,- dan pendaftaran gratis.

Untuk yang ingin mendaftar secara gratis harus memenuhi kriteria tertentu dan pada saat mendaftar harus melampirkan portofolio.

Cara Cek Pengumuman UTBK dan SBMPTN

Pengumuman SBMPTN dan UTBK akan dilakukan secara serempak pada 25 Juli 2020. Untuk mengecek pengumuman ini para peserta bisa melakukan pengecekan secara mandiri dengan menggunakan akun UTBK dan LTMTP yang sudah dimilikinya.

Tidak hanya dengan menggunakan akun saja, nantinya pihak LTMTP akan menyediakan link khusus untuk pengumumannya.

Namun, sangat disarankan untuk mengecek secara pribadi karena lebih cepat dan hasilnya bisa langsung diketahui.

Untuk cek pengumuman hasil UTBK dan SBMPTN sangat mudah, berikut langkah-langkahnya :

  1. Pertama Anda harus login terlebih dahulu di halaman UTBK dengan memasukkan username dan password yang sebelumnya sudah dibuat.
  2. Selanjutnya jika Anda sudah mengikuti tes maka akan muncul keterangan waktu dan tempat pelaksanaannya tesnya. Pengumuman hanya akan muncul setelah tanggal 25 Juli 2020.

Jika Anda lulus UTBK dan SBMPTN akan muncul keterangan Anda lulus di jurusan dan perguruan tinggi pilihan pertama atau kedua.

  1. Kemudian jika sudah dinyatakan lolos maka Anda harus mengikuti prosedur lanjutan untuk pendaftaran ke perguruan tinggi negeri.

Untuk cek hasil dari UTBK ini bisa dilakukan melalui laptop ataupun komputer. Bahkan Anda juga bisa menggunakan telepon pintar Anda untuk melakukan cek hasil dari UTBK.

Untuk tahun 2020 yang boleh mendaftar UTBK dan SBMPTN adalah siswa yang sudah lulus dari tahun 2018, 2019, dan 2020.

Selain angkatan lulusan ini sudah tidak mempunyai kesempatan untuk melakukan pendaftaran dan mengikuti tes UTBK.

Kamu yang ingin masuk ke perguruan tinggi negeri wajib mencatat semua tanggal pelaksanaan dan pengumuman UTBK. Pastikan Anda mendapatkan informasi yang valid.

Jangan lupa untuk selalu belajar karena masuk ke perguruan tinggi negeri seleksinya sangat ketat.