Cara Cek NISN dan Mengatasi Permasalahan Yang Muncul

Cek NISN
Cek NISN

Melakukan cek NISN sebelum proses pendaftaran ke jenjang selanjutnya sangat penting. Inilah tata cara memeriksa NISN Anda dan mengatasi masalah yang muncul.

NISN atau Nomor Induk Siswa Nasional, adalah salah satu syarat penting yang harus dimiliki oleh semua peserta didik di Indonesia dan sekolah Indonesia di luar negeri (SILN). Saat akan mengikuti seleksi masuk perkuliahan SNMPTN, wajib menyertakan NISN dan NPSN milik sekolah tempat Anda lulus.

Jika belum tahu kombinasi angkanya, bagaimana cara melakukan cek NISN?

Kali ini akan dibahas beberapa cara untuk mengetahui nomor NISN dan memeriksa apakah semua data yang terkait dengannya sudah benar. Selain itu, Anda juga akan mengetahui apa yang harus dilakukan jika muncul beberapa masalah terkait NISN tersebut.

Ini penting, karena apabila ada permasalahan terkait NISN, Anda tidak akan bisa mendaftar ke jenjang pendidikan selanjutnya.

Cara Cek NISN di Website Resmi

Cara Cek NISN di Website Resmi

Pada era serba online saat ini, Anda bisa dengan mudah memeriksa validasi atau verifikasi NISN secara online pula. Ada website resmi dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan yang sudah dapat digunakan untuk melakukannya.

Berikut adalah cara yang bisa dilakukan:

1.   Pencarian Data Berdasarkan NISN

Jika Anda sudah mengetahui NISN tapi tidak yakin dengan kebenaran datanya, maka bisa mengikuti beberapa langkah ini:

  • Kunjungi situs resmi referensi.data.kemdikbud.go.id/nisn
  • Anda akan melihat formulir berjudul Pencarian NISN yang ada di beranda.
  • Isikan data yang diperlukan, yaitu NISN dan nama ibu kandung, lalu masukkan kode captcha yang tertera.
  • Klik Cari Data, lalu periksa kesesuaian data.

2.   Cara Cek NISN Berdasarkan Nama

Bagaimana bila belum tahu berapa NISN Anda?

Silahkan ikuti langkah cek NISN dengan nama berikut ini:

  • Kunjungi situs referensi.data.kemdikbud.go.id/nisn
  • Pada bagian kanan atas, klik Pencarian Nama
  • Anda akan melihat formulir terkait pencarian NISN berdasarkan nama.
  • Isikan nama siswa, tempat dan tanggal lahir, lalu masukkan nama ibu.
  • Masukkan kode captcha yang tertera.
  • Klik Cari Data, maka Anda akan menemukan NISN yang sesuai.

Cara ini juga dapat berfungsi untuk melakukan cetak NISN yang biasanya dijadikan syarat untuk pendaftaran ke jenjang sekolah yang selanjutnya.

BACA JUGA : Mengenal Verval PD, Fungsi, dan Menu Yang Tersedia

Permasalahan Terkait NISN Yang Mungkin Muncul dan Solusinya

Permasalahan Terkait NISN Yang Mungkin Muncul dan Solusinya

Tidak selamanya pemeriksaan data NISN ini berjalan dengan lancar. Ada kalanya berbagai masalah muncul dan butuh solusi dengan segera, tapi Anda tidak perlu panik. Berikut adalah beberapa masalah yang bisa terjadi dan cara mengatasinya.

●       NISN Tidak Ditemukan

Apabila saat cari nomor induk siswa dengan cara di atas ternyata nisn tidak ditemukan, maka ada beberapa penyebab yang bisa terjadi.

Misalnya karena data sedang diproses dan belum selesai, data siswa memang belum diajukan oleh sekolah, atau adanya ketidakcocokan karena kesalahan data input.

Untuk itu, lakukan beberapa langkah ini sebagai solusinya.

1. Kunjungi sekolah, lalu tanyakan sampai mana proses input data yang dilakukan.

Jika memang masih dalam proses, maka Anda hanya perlu menunggu.

2. Jika sekolah tidak tahu-menahu terkait tidak ditemukannya NISN, maka datanglah ke sekolah dasar tempat Anda menuntut ilmu dulu.

NISN bersifat tetap seumur hidup, maka lembaga yang pertama kali bertanggung jawab dalam pembuatannya adalah sekolah dasar.

Tanyakan apakah pihak administrasi masih memegang informasi NISN Anda.

3. Kalau kedua langkah tersebut belum bisa menyelesaikan masalah, langsung hubungi call center Kemdikbud agar bisa ada solusi.

●       NISN Ganda

Seorang peserta didik bisa punya dua NISN karena data yang diinput tidak sesuai. Padahal, seharusnya NISN adalah nomor unik yang jumlahnya cukup satu saja pada setiap orang. Maka, gunakanlah NISN yang paling kecil kodenya, lalu laporkan NISN yang tidak digunakan agar bisa segera dihapus.

●       Kartu Hilang

Kartu NISN sebenarnya tidak wajib dimiliki, karena yang penting Anda tahu nomornya. Namun beberapa sekolah memutuskan untuk menerbitkan kartu ini sekaligus sebagai tanda pengenal. Maka bila terjadi kehilangan, segera hubungi pihak sekolah yang menerbitkannya.

●       Data Ada Yang Salah

Jika ada data NISN yang keliru, maka ini perlu dikoreksi segera agar tidak terjadi masalah di masa depan. Caranya adalah dengan menghubungi pihak sekolah untuk meminta formulir perbaikan atau perubahan biodata.

Sekolah punya wewenang untuk mengirimkan data yang sudah benar ke kementerian untuk memastikan data yang tertera pada verifikasi memang benar.

Demikian berbagai informasi yang perlu Anda ketahui terkait cara cek NISN dan solusi atas berbagai masalah yang mungkin terjadi saat pemeriksaan nomor induk tersebut.

Biasanya sebelum Anda melakukan pengecekan secara pribadi, operator sekolah akan melakukan pengecekan terlebih dahulu sebelum ujian nasional maupun kelulusan. Anda akan dihubungi bila ada ketidaksesuaian data.

Sebagai warga negara yang baik, Anda dapat secara aktif melakukan cek NISN dan verifikasi secara berkala di website resmi di atas. Apalagi, sekarang ada banyak cara untuk melakukan update data dengan mudah dan terintegrasi ke dalam sistem informasi.

Selamat memanfaatkan NISN yang Anda miliki!