BPJSTKU : Aplikasi Layanan BPJS-TK Untuk Pekerja Indonesia

BPJSTKU
BPJSTKU

BPJSTKU merupakan aplikasi dari BPJS-TK yang akan memudahkan para pekerja dalam mengklaim JHT dan melakukan registrasi. Ada banyak menu yang bisa digunakan.

Sudah tahukah Anda?

Saat ini BPJS Ketenagakerjaan atau BPJS-TK telah meluncurkan aplikasi BPJSTKU yang terbaru. Aplikasi ini merupakan salah satu wujud dari BPJS-TK untuk memberikan pelayanan terbaiknya untuk para peserta jaminan BPJS-TK.

Semua peserta jaminan BPJS-TK bisa menggunakan aplikasi ini cukup dari smartphone androidnya.

Dengan aplikasi ini, Anda bisa mengecek saldo JHT secara mandiri dan melakukan pelaporan jika terjadi kecelakaan kerja. Ada banyak layanan yang bisa Anda manfaatkan dengan menggunakan BPJSTKU apk.

Berikut ini adalah layanan yang bisa Anda gunakan dengan menggunakan aplikasi dari BPJS-TK ini:

1. Pendaftaran Peserta Baru BJSTKU

Pendaftaran Peserta Baru

Perusahaan yang belum mendaftarkan diri menjadi peserta BPJS-TK bisa melakukan registrasi melalui aplikasi ini. Anda tidak perlu lagi datang ke kantor hanya untuk mendaftarkan perusahaan Anda.

Cara untuk mendaftar menjadi peserta baru di BPJS-TK sangat mudah, Anda hanya perlu menyiapkan alamat email dan berkas perusahaan.

Berkas ini meliputi NPWP, surat izin usaha, dan berkas pendukung lainnya.

Untuk mendaftar Anda cukup memasukkan email yang masih aktif lalu lakukan verifikasi. Kemudian isi form dan ikuti langkah selanjutnya sampai perusahaan Anda terverifikasi oleh BPJS-TK.

Untuk karyawan yang sudah terdaftar menjadi peserta BPJS-TK harus melakukan registrasi terlebih dahulu sebelum menggunakan aplikasi ini.

Cara registrasinya sangat mudah, Anda hanya perlu menyiapkan email, nomor KPJ, dan NIK. Jika sudah mendapatkan email verifikasi, Anda sudah bisa menggunakan aplikasi ini.

BACA JUGA : Mengenal BPJS Kesehatan Mulai dari Syarat Hingga Cara Klaim

2. Cek Saldo JHT

Cek Saldo JHT

Setelah melakukan registrasi, Anda bisa menikmati layanan cek saldo JHT dan bisa melakukan klaim. Cara klaim BPJS Ketenagakerjaan untuk JHT atau jaminan hari tua melalui aplikasi ini sangat mudah. Anda hanya perlu memilih menu klaim dan masukkan data yang valid.

Dengan adanya aplikasi ini Anda tidak perlu lagi datang ke kantor BPJS-TK terdekat untuk melakukan pengecekan saldo. Untuk pencairan klaim setelah mendaftar melalui aplikasi, Anda tetap harus datang ke kantor guna mengambil uang dan penyerahan berkas.

3. Simulasi Iuran dan Pendapatan

Simulasi Iuran dan Pendapatan

Tidak hanya cek saldo saja, melalui aplikasi BPJSTKU Anda juga bisa melihat simulasi besarnya iuran dan pendapatan yang diterima setiap bulan.

Untuk melakukan simulasi, Anda hanya perlu pilih menu simulasi kemudian isikan jumlah pendapatan setiap bulan yang diterima.

Pendapatan ini diisi dengan upah tetap yang Anda terima, upah tetap ini tidak boleh kurang dari UMK. Anda juga perlu mengisi jumlah tahun atau lamanya masa kerja dan saldo awal. Jika tidak ada saldo awal bisa diisi 0.

Untuk melihat hasil hitungan simulasinya pilih hitung simulasi. Akan muncul jumlah JHT yang akan Anda terima lengkap dengan iuran yang dibayarkan setiap bulannya.

4. Daftar Antrian Online BJSTKU

Daftar Antrian Online

Layanan lainnya yang bisa Anda dapatkan dengan menggunakan aplikasi dari BPJS-TK ini adalah mendaftar antrian online. Antrian online ini diperlukan ketika Anda akan melakukan pencairan klaim JHT, JKK, dan JKM.

BPJSTKU antrian online ini bisa Anda akses dengan mudah dan cepat. Anda bisa langsung mengisi form dan langsung mendapatkan nomor antrian.

5. Cetak Kartu Digital dan Info Program

Cetak Kartu Digital dan Info Program BJSTKU

KPJ BPJS Ketenagakerjaan Anda hilang?

Tenang saja Anda bisa mendapatkan kartu peserta BPJS-TK melalui aplikasi ini. Dalam aplikasi ini disediakan kartu digital yang bisa Anda cetak dan sebagai bahan arsip Anda.

Kartu digital ini tidak memuat semua informasi data Anda yang berhubungan dengan BPJS-TK. Melalui kartu ini Anda bisa melihat jumlah upah terakhir yang Anda terima dan jumlah iuran yang sudah dibayarkan. Nama tempat Anda bekerja juga tertera dengan jelas pada kartu digital.

Berbeda dengan kartu konvensional yang dicetak, kartu digital ini lebih lengkap informasinya. Anda juga bisa melihat program apa saja yang akan Anda dapatkan. 4 Program yang sekarang ini ada adalah JHT, JP, JKM, dan JKK.

6. Mitra Layanan

Melalui aplikasi yang bisa diunduh di HP android ini Anda juga bisa cek mitra layanan BPJS-TK untuk penanganan JKK dan JKM. Mitra layanan pada menu ini dibagi sesuai dengan kota dan provinsi. Melalui menu ini Anda bisa melihat daftar rumah sakit yang menjadi mitra layanan BPJS-TK.

7. Pengaduan BJSTKU

Support BJSTKU

Layanan pengaduan ini bisa Anda manfaatkan untuk melaporkan perusahaan yang belum terdaftar. Jika jumlah upah dan status kepesertaan Anda salah juga bisa Anda laporkan melalui menu ini.

8. Informasi dan Berita

Aplikasi online dari BPJS-TK ini juga sudah menyediakan menu informasi dan berita. Anda bisa mendapatkan banyak informasi terbaru mengenai layanan dan peraturan terbaru melalui aplikasi ini. Melalui aplikasi ini Anda juga bisa melihat penawaran diskon yang diberikan khusus untuk peserta BPJS-TK.

Bagi Anda yang sudah terdaftar menjadi peserta BPJS-TK bisa langsung unduh aplikasi BJSTKU ini. Layanan online BPJS-TK ini akan sangat memudahkan Anda dalam melakukan klaim JHT dan JP. Banyak juga layanan lainnya yang bisa Anda manfaatkan.