Aplikasi Pcare BPJS Kesehatan Untuk Faskes Tingkat I

Pcare BPJS
Pcare BPJS

Pcare BPJS Kesehatan merupakan aplikasi yang bisa digunakan oleh faskes I untuk memasukkan data pasien dan melihat data pasien yang menjadi tanggung jawabnya.

Untuk memudahkan pelayanan kesehatan, BPJS Kesehatan mengeluarkan aplikasi untuk peserta maupun faskes I. Aplikasi khusus untuk faskes I yang wajib digunakan adalah Pcare BPJS.

Dengan menggunakan aplikasi ini faskes I bisa dengan mudah memasukkan data pasien dan data diagnosa penyakit.

Aplikasi new Pcare dari BPJS Kesehatan ini bisa digunakan oleh semua faskes tingkat I. Yang termasuk faskes I adalah para dokter umum yang buka praktek sendiri dan puskesmas atau balai pengobatan. Klinik yang sudah terdaftar di BPJS Kesehatan juga bisa menggunakan aplikasi ini.

Cara Mendaftar Pcare BPJS Kesehatan

Cara Mendaftar Pcare BPJS Kesehatan
Cara Mendaftar Pcare BPJS Kesehatan

Untuk mendapatkan akses new Pcare login setiap faskes I harus mendaftarkan diri ke kantor BPJS Kesehatan masing-masing wilayah. Pendaftaran ini dilakukan untuk mendapatkan username dan password yang nantinya digunakan pada aplikasi Pcare.

Jika username dan password sudah didapatkan, maka Anda bisa langsung login ke Pcare dari BPJS Kesehatan.

Anda bisa mengaksesnya melalui laptop ataupun gadget android Anda. Untuk lebih memudahkan Anda dalam memasukkan data sangat disarankan menggunakan laptop atau komputer.

Menu dan Layanan yang Ada Di Pcare BPJS Kesehatan

New Pcare BPJS versi terbaru mempunyai banyak menu dan layanan yang akan memudahkan Anda dalam memasukkan data pasien.

Berikut ini adalah menu-menu yang bisa Anda gunakan menggunakan Pcare :

1. Home Pcare BPJS

Menu home yang ada pada Pcare mempunyai fungsi untuk mengembalikan ke halaman awal.

Jika Anda sudah selesai memasukkan data atau melihat data pasien, selanjutnya dapat memilih menu home untuk kembali ke menu atau halaman utama. Pada awal selesai login layar utama Pcare berada di menu home.

2. Entry Data Pcare BPJS

Ini merupakan menu yang paling penting, hal ini dikarenakan melalui menu ini Anda bisa memasukan data pasien baru dan memperbaharui datanya. Ada dua sub menu dari menu entry data ini yaitu pendaftaran pasien dan pelayanan pasien.

Menu pendaftaran pasien ini digunakan ketika pasien pertama kali datang mendaftar pada saat akan berobat di faskes I. Untuk melakukan pendaftaran Anda perlu memasukkan nomor BPJS Kesehatan pasien.

Jika pasien sudah terdaftar maka otomatis data akan muncul. Sedangkan jika pasien masih baru pertama kali mendaftar maka Anda harus mengisikan semua datanya.

Data yang wajib diisi pada menu pendaftaran ini adalah jenis layanan yang dilakukan apakah rawat inap atau rawat jalan. Lalu data tekanan darah dan keadaan fisik pasien pada saat datang juga perlu diisi.

Jadi pada saat melakukan pendaftaran Anda harus mengecek keadaan fisik pasien dan melakukan tensi.

Sub menu yang kedua pada menu entry data adalah pelayanan pasien.

Sub menu ini diisi oleh dokter faskes I setelah melakukan pemeriksaan. Faskes I harus mengisikan diagnosa penyakit pasien dan melakukan tindakan apakah perlu dirujuk atau tidak.

Jika pasien perlu dirujuk maka faskes I harus memberikan surat rujukan. Surat rujukan ini dibuat melalui aplikasi Pcare ini.

3. Lihat Data Pcare BPJS

Untuk melihat pasien antrean faskes I bisa melihatnya di menu lihat data. Pada menu ini akan ditampilkan semua pasien yang sudah terdaftar. Semua data lengkap dari pasien bisa dilihat di sini.

Anda juga bisa melihat riwayat penyakit dan juga riwayat kunjungan setiap pasien yang termasuk pada faskes I Anda. Data ini bisa diubah oleh Anda jika pasien melakukan pemeriksaan kembali.

Pada menu ini Anda juga bisa melihat 10 jenis dari penyakit yang sering diderita oleh pasien. Dengan kata lain, menu lihat data ini sangat penting untuk Anda para dokter guna menelaah keadaan dari pasien.

BACA JUGA : BPJSTKU : Aplikasi Layanan BPJS-TK Untuk Pekerja Indonesia

4. Tools Pcare BPJS

Menu Tools ini merupakan menu yang bisa digunakan untuk mengganti password dari Pcare. Pada awal login Pcare password yang digunakan adalah password default yang terkadang sangat panjang dan sulit untuk diingat.

Anda bisa mengganti password ini sesuai dengan keinginan Anda. Pada menu ini Anda juga bisa melihat jumlah karyawan yang ada pada faskes I. Biasanya Pcare dioperasikan oleh tenaga admin faskes I. Jika Anda ingin mengetahui jumlah karyawan di tempat faskes I, Anda bisa cek di menu Tools.

5. Log Out Pcare BPJS

Menu Pcare ini digunakan jika Anda sudah selesai menggunakan Pcare dan ingin keluar dari aplikasi ini. Jika memang Anda bekerja setiap hari di faskes I dan mengakses Pcare setiap saat sebaiknya Pcare tidak perlu di log out. Hal ini akan memudahkan Anda dalam mengakses Pcare.

Namun, jika memang Anda membutuhkan untuk log out atau keluar tinggal pilih menu ini saja.

Setelah log out Anda akan kembali ke menu awal yang berisi username dan password.

Aplikasi Pcare BPJS ini sangat memudahkan para faskes I untuk memasukkan data pasien. Faskes I juga bisa menggunakan aplikasi ini untuk melakukan rujukan kepada pasien yang membutuhkan perawatan ke rumah sakit atau dokter spesialis.

Teknologi yang semakin canggih ini membuat semua hal menjadi lebih mudah termasuk pelayanan kesehatan.