Alur Pendaftaran UTBK 2020 Lengkap Beserta Persyaratannya

UTBK 2020
UTBK 2020

Alur pendaftaran UTBK 2020 melalui website LTMPT lengkap mulai dari cara untuk registrasi akun, cetak kartu peserta ujian, hingga kapan tanggal pendaftarannya.

Pendaftaran UTBK dan SBMPTN berada pada waktu yang sama, sehingga tidak jarang banyak yang menganggap keduanya sama. Akan tetapi, sebenarnya antara UTBK dan SBMPTN memiliki perbedaan yang cukup jelas.

Perbedaan UTBK dan SBMPTN

UTBK baru diberlakukan semenjak 2019, sebelum itu namanya bukan UTBK melainkan UTBC. Ujian Tulis Berbasis Cetak kemudian diganti menjadi Ujian Tulis Berbasis Komputer dan segala prosesnya berada di bawah LTMPT.

Dalam UTBK yang dilakukan oleh Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi, ada 2 jenis tes yang dilakukan. Tes tersebut adalah Tes Kompetensi Akademik, dan Tes Potensi Skolastik.

Sedangkan SBMPTN sendiri atau Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri, seperti namanya merupakan seleksi. Sehingga setelah mengikuti UTBK, kemudian dilakukan pemeringkatan atau seleksi, yang dimana proses tersebut adalah SBMPTN.

Jadi kesimpulannya, UTBK adalah tahapan tes, sementara SBMPTN merupakan tahapan seleksi berdasarkan nilai tes. Anda wajib melakukan UTBK terlebih dahulu, setelah itu baru SBMPTN.

Jenis Pendaftaran UTBK berdasarkan Pembayaran

Jenis Pendaftaran UTBK berdasarkan Pembayaran
Jenis Pendaftaran UTBK berdasarkan Pembayaran

Jenis pendaftaran peserta UTBK dibedakan menjadi 2 berdasarkan pembayaran pendaftarannya.

Pertama, pendaftaran UTBK berbayar yang diperuntukan untuk pendaftar reguler yang memilih skema KIP.

Kedua, pendaftaran tidak berbayar bagi mereka yang memilih skema KIP dan ditetapkan oleh Kemendikbud sebagai pendaftar tidak berbayar.

Khusus untuk pendaftar tidak berbayar, maka tidak perlu melakukan tahapan pembayaran. Anda bisa langsung ke website LTMPT login kembali untuk melakukan cetak kartu peserta UTBK.

Alur  Pendaftaran UTBK

Alur  Pendaftaran UTBK
Alur  Pendaftaran UTBK

Alur  pendaftaran UTBK tidak mengalami banyak perubahan dari tahun ke tahun. Berikut alur pendaftaran UTBK dari tahapan awal registrasi pada laman LTMPT hingga mencetak kartu, silahkan disimak :

  1. Registrasi pada Laman LTMPT

Tahapan pertama adalah registrasi dengan membuat akun pada laman LTMPT. Anda bisa melakukan registrasi pada alamat www.portal.ltmpt.ac.id, menggunakan nama dan NISN.

Biasanya tahapan registrasi di mulai jauh-jauh hari sebelum UTBK dan jatuh tempo SBMPTN. Informasi mengenai hal ini bisa didapatkan pada laman LTMPT yang selalu diperbaharui.

  1. Login

Anda bisa melakukan login setelah melakukan registrasi akun UTBK dan memverifikasinya melalui email. Saat login, cukup masukan alamat email atau username dan password yang telah dibuat.

  1. Pengisian dan Validasi Data

Setelah melakukan login, selanjutnya pilih menu verifikasi dan validasi data. Menu ini berfungsi untuk mengisi data pribadi sekaligus mengunggah foto yang diperlukan.

  1. Mendaftar UTBK

Proses selanjutnya setelah memverifikasi data diri, adalah memilih menu pendaftaran UTBK. Pada menu ini Anda bisa memilih dimana lokasi UTBK dan PTN yang diinginkan.

  1. Pembayaran UTBK

Membayar biaya pendaftaran UTBK dilakukan setelah Anda mendapatkan slip pembayaran yang diperoleh setelah mendaftar. Pembayaran ini bisa dilakukan selama 1×24 jam, setelah itu maka Anda harus mengulang prosesnya.

Biaya pendaftaran SBMPTN 2020 untuk tahun ini adalah sebesar Rp. 200.000,00.

  1. Cetak Kartu Peserta

Mencetak kartu peserta bisa dilakukan setelah pembayaran anda terverifikasi oleh sistem. Untuk mencetaknya cukup login pada akun LTMPT seperti di awal, dan kemudian cetak kartu peserta. Dalam kartu ini terdapat semua informasi yang dibutuhkan seperti tanggal, dan tempat lokasi tes berlangsung.

Persyaratan UTBK

Persyaratan UTBK
Persyaratan UTBK

Untuk bisa mengikuti UTBK ada beberapa syarat yang harus dipenuhi, mulai dari usia hingga tahun lulus. Berikut persyaratan yang harus dipenuhi agar Anda bisa mengikuti UTBK dan masuk ke perguruan tinggi pilihan, silahkan disimak :

  • Lulus SMK/MA/SMA pada 2018 dan 2019, atau Kejar Paket C dengan batas usia 25 tahun.
  • Lulus SMK/MA/SMK pada tahun pelajaran 2020 atau Kejar Paket C dengan batas usia 25 tahun.
  • Wajib mengikuti UTBK satu kali
  • Membayar biaya pendaftaran

Waktu Pendaftaran UTBK 2020

Waktu pendaftaran UTBK sesuai dengan update UTBK 2020 terbaru, mengalami beberapa penyesuaian.

Pendaftaran UTBK dan SBMPTN setelah mengalami pengunduran jadwal kini ditetapkan pada 02-20 Juni 2020. Sedangkan untuk waktu tes akan dilaksanakan pada 05-12 Juli 2020. Lalu untuk pengumuman SBMPTN saat ini diubah menjadi tanggal 25 Juli 2020.

Kelompok Ujian UTBK 2020

Pada tahun ini ada 3 kelompok ujian UTBK, yaitu Saintek, Soshum, dan yang terakhir adalah campuran.

Untuk kelompok ujian Saintek ada 2 jenis tes yaitu TPS dan juga TKA Saintek. Sedangkan untuk kelompok ujian Soshum jenis tes yang harus diikuti adalah TPS dan TKA Soshum. Terakhir untuk kelompok campuran, harus mengikuti TPS, TKA Soshum sekaligus TKA Saintek.

Pastikan Anda memilih kelompok ujian yang tepat dan yang benar-benar Anda inginkan. Ini karena berdasarkan ketentuan terbaru yang tertulis pada website LTMPT, Anda hanya diperkenankan untuk mengikuti tes satu kali. Jadi, jangan sampai salah pilih supaya tidak menyesal nantinya.

Bagaimana? Apakah sudah jelas informasi seputar pendaftaran UTBK yang dijelaskan di atas? Jangan sampai terlambat saat mendaftar, dan pastikan Anda memilih tempat terdekat agar tidak ada kendala saat tes berlangsung. Tetap semangat, ingat bahwa hasil tidak akan pernah menghianati usaha keras.