8 Program Puspendik yang Sedang dan Sudah Berjalan

Puspendik
Puspendik

Puspendik merupakan pusat penilaian pendidikan yang bertugas untuk membangun sistem penilaian skala nasional. Tenaga pendidik bisa ikut berpartisipasi.

Para Bapak dan Ibu Guru tentu sudah tidak asing lagi bukan mengenai Puspendik atau lebih dikenal dengan Pusat Penilaian Pendidikan?

Puspendik adalah sebuah lembaga pemerintah yang bertugas melakukan penelitian yang berhubungan dengan proses penilaian siswa.

Keberadaan pusat penilaian ini sangat penting guna membuat kebijakan teknis yang berhubungan dengan penilaian.

Penelitian dan pengembangan mengenai penilaian siswa ini terus dikembangkan untuk mencapai tujuan pembelajaran nasional.

Untuk melaksanakan tugas dan fungsinya pusat penilaian mempunyai 8 program yang sudah dan masih berjalan. Kedelapan program tersebut adalah :

1. UNBK

Program penilaian tahunan yang dilakukan oleh pusat penilaian adalah ujian nasional berbasis komputer atau UNBK. Puspendikunbk 2020 untuk jenjang SMA dan sederajat dibatalkan karena adanya pandemi covid 19.

Namun, keberadaan UNBK ini mempunyai peran yang sangat penting dalam pendidikan Indonesia.

Pusat penilaian menyelenggarakan ujian nasional dengan komputer untuk jenjang SMP sederajat dan SMA sederajat. Program ini mempunyai dasar hukum yang jelas serta berkembang sesuai dengan kebutuhan masa kini.

Penilaian UNBK ini ditujukan untuk mengukur pencapaian siswa berdasarkan standar yang sudah ditentukan.

Ujian nasional juga dilakukan untuk memetakan hasil pencapaian siswa. UNBK dilakukan untuk menciptakan pendidikan yang berkualitas dengan sistem penilaian yang terpercaya.

2. AKSI

AKSI atau assessment kompetensi siswa Indonesia adalah program untuk memantau mutu dari pendidikan nasional atau daerah.

Bentuk dari AKSI ini adalah survei online yang menilai kemampuan siswa yang bersifat jangka panjang.

Hasil AKSI Puspendik nantinya digunakan guru sebagai alat untuk mendiagnosa atau mengidentifikasi kemampuan dari siswanya.

AKSI ini menjadi 2 jenis yaitu untuk sekolah dan survei. Pelaksanaannya dengan menggunakan tools yang sudah disediakan.

Jenis AKSI survei nantinya dijadikan sebagai alat untuk diagnosa kekuatan dan kelemahan sistem pendidikan pada daerah. AKSI survei ini juga sebagai alat untuk membandingkan keberhasilan program dalam prestasi pendidikan sekolah.

3. SIAP

Program dari pusat penilaian pendidikan yang lainnya adalah SIAP atau sistem inovatif aplikasi penilaian. SIAP ini merupakan sebuah alat yang digunakan untuk membuat tes yang disesuaikan dengan subjek yang diuji.

Aplikasi SIAP PUSPENDIK ini digunakan untuk mengembangkan bank soal dan kisi-kisi. Setiap tenaga pendidik mempunyai hak untuk ikut andil dalam pembuatan dan evaluasi SIAP.

Bagi guru yang ingin membantu program ini bisa mendaftarkan diri secara online untuk mendapatkan akses ke aplikasi.

4. NCEAP

Nceap adalah sebuah program dari pusat penilaian pendidikan untuk memajukan praktek dan teori penilaian dalam pendidikan.

Ini merupakan program konferensi untuk meningkatkan hubungan kerjasama antara peneliti profesional, pendidik, dan berbagai profesi lainnya.

Nceap adalah panggung ilmiah yang dibuat untuk menghilangkan kesenjangan antara teori dan praktek penilaian.

Program ini akan terus dilakukan dan dikembangkan. Pelaksanaan Nceap pertama kali di Hotel La Meriden pada 28 bulan Juni tahun 2018.

5. PISA

PISA merupakan bentuk dari kerjasama balitbang kemdikbud dengan OECD untuk melakukan survei mengenai prestasi literasi siswa usia 15 tahun.

Pelaksanaan program ini 3 tahun sekali dan Indonesia sendiri sudah berpartisipasi sejak tahun 2001 sampai dengan sekarang.

Program PISA ini dilakukan untuk menganalisis mengenai kekuatan dan kelemahan siswa. Tidak hanya itu, PIS juga akan memberikan penjelasan mengenai faktor pendukung yang mempengaruhi hal tersebut terjadi.

6. Tes Bakat

Pusat penilaian pendidikan juga memberikan layanan berupa tes bakat yang sering disebut dengan TBS atau tes bakat skolastik.

Puspendik TBS ini dilakukan untuk mengidentifikasi kemampuan dari seseorang untuk belajar di jenjang lebih tinggi.

Salah satu manfaat dari TBS ini adalah memberikan sebuah gambaran mengenai potensi belajar pada diri seseorang.

Bisa dikatakan bahwa TBS adalah tes untuk mengenali potensi atau bakat seseorang. Dalam TBS ada 3 aspek yang diukur yaitu aspek verbal, penalaran, dan kuantitatif.

7. ICeap

Iceap hampir sama dengan Nceap, hanya saja iceap berskala internasional. Tujuan dari iceap ni sama dengan nceap dengan cakupan yang lebih luas dan penelitian dilakukan bersama dengan pakar pendidikan internasional.

Iceap dilaksanakan untuk yang pertama kali pada tanggal 6 bulan november tahun 2019. Pelaksanaan iceap ini dilakukan di Jakarta tepatnya di Hotel SwissBel. Hasil dari iceap ini dipublikasikan secara online di puspendik.kemdukbud.go.id/iceap

8. Tes Kepribadian

Tidak hanya tes bakat saja, Puspendik juga mempunyai program tes kepribadian yang bisa digunakan untuk menggambarkan kepribadian orang.

Manfaat dari tes ini adalah untuk mengidentifikasikan karakter sehingga dapat menentukan jenis pekerjaan dan pendidikan yang tepat.

Hasil dari tes kepribadian ini adalah profil kepribadian berdasarkan tes yang dilakukan. Aspek yang digunakan untuk mengukur adalah aspek yang bisa digunakan untuk menilai karakteristik seseorang sesuai dengan kebutuhan kerja. Te sin ijuga mengukur kemampuan berpikir inovatif dan pengendalian emosi.

Puspendik selalu melakukan pembaharuan dan membuat program guna meningkatkan sistem penilaian yang ada di Indonesia.

Jika Anda seorang praktisi pendidikan bisa ikut serta dalam semua program yang sedang diadakan oleh pusat penilaian pendidikan.